Tips Menghilangkan Kebiasaan Buruk

18 Aug 2018 11:11 1345 Hits 0 Comments
Kebiasaan yang buruk akan berdampak besar bagi kehidupan kita. Oleh karena itu simak ulasan berikut untuk menghilangkan kebiasaan buruk.

Setiap orang pasti memiliki kebiasaan bisa saja itu kebiasaan baik maupun kebiasaan buruk. Jika hal tersebut adalah kebiasaan yang baik, maka tidak masalah. Tetapi jika sebaliknya, akan banyak sekali dampaknya. Tanpa kita sadari suatu kebiasaan tertanam di dalam alam bawah sadar kita bisa saja mengubah perilaku kita sendiri. Kalau kebiasaan buruk yang tertanam sangat dalam, itu sangat tidak baik bagi kehidupan kita.

Disini saya ada beberapa tips untuk mengurangi kebiasaan buruk yang dihadapi, yaitu :

  1. Mengidentifikasi pemicu terjadinya

melakukan research untuk mengidentifikasi apa saja yang menjadi sumber penyebabnya. Beberapa penelitian mengatakan bahwa salah satu cara paling efektif untuk mengontrol kebiasaan buruk adalah dengan menyadari pemicu atau segala sesuatu yang berpotensi menyebabkan kebiasaan tersebut terpicu. Secara garis besar, kita harus menghindari dan merespon setiap pemicu pada saat mereka muncul dan pastikan kamu mengambil keputusan tepat dan tegas.

  1. Menghindari situasi yang bisa memunculkan pemicu

Setelah kita mengetahui apa pemicu dari kebiasaan buruk, biasanya yang kita pun menyadari beberapa situasi yang kemungkinan besar akan memunculkan pemicu kebiasaan tersebut. Mungkin kedengarannya sedikit sulit. Namun tidak menempatkan diri dalam berbagai jenis situasi yang kemungkinan besar akan memunculkan pemicu kebiasaan buruk tersebut adalah pilihan tepat yang harus dilakukan. Namun tidak harus terlalu kaku, kamu juga masih bisa tetap keluaran dengan teman-teman atau kolega tetapi harus dengan tujuan yang jelas serta dengan komitmen yang pasti.

  1. Mulai melakukan perubahan kecil

Seorang psikolog di Stanford bernama BJ Fogg merekomendasikan kebiasaan kecil sebagai pendekatan untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan yang baik.  Oleh karena itu mulailah mengubah kebiasaan buruk itu menjadi kebiasaan yang baik walaupun sedikit demi sedikit. Sebab nantinya akan menjadi terbiasa.

  1. Membuat suatu komitmen

Cara menghilangkan kebiasaan buruk yang lain adalah dengan membuat komitmen. Komitmen sangat tergantung dari kepribadian kita. Ini adalah prinsip psikologi yang terbukti memiliki pengaruh sangat besar terhadap setiap orang yang ingin menghentikan kebiasaan buruk. Dalam bukunya, Dr. Robert Cialdini mengatakan bahwa orang-orang yang memiliki komitmen kuat biasanya lebih mudah untuk mencapai apa yang ia cita-citakan.

  1. Jangan sungkan meminta bantuan pada saat sedang membutuhkannya

Banyak orang yang mencoba dan berusaha untuk mengandalkan dirinya sendiri. Namun sebagai makhluk sosial, kita juga sangat membutuhkan orang lain. Apabila kita mendapatkan dukungan dari orang lain terutama orang-orang yang dicintai, maka mengubah kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik bukanlah sesuatu yang sulit. Jangan pernah takut untuk meminta bantuan. Ini merupakan cara menghilangkan kebiasaan buruk yang juga efektif karena sebagai manusia terkadang kita juga bisa tergelincir. Membuka diri untuk sering atau curhat kepada teman yang bisa dipercaya biasanya dapat membantu meningkatkan motivasi, membantu menemukan solusi dan membantu memberikan kekuatan serta semangat lebih.

 

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel