5 Formasi Jitu Dalam Olahraga Futsal

15 Aug 2018 10:51 5698 Hits 0 Comments
Berikut ini formasi yang sering digunakan dalam bermain futsal!

Buat kalian yang suka bermain futsal ini akan menjadi informasi yang sangat berguna banget buat kalian dan coba lah terapkan bersama tim anda ketika bermain.

Why ? Karena kunci untuk menjadi tim yang hebat adalah dengan menjalankan taktik dan stategi bermain dengan baik. Jika hanya menagndalkan kepiawaian salah satu pemain saja itu akan menjadi sebuah mimpi buruk ketika kalian bermain.

Mungkin kalian sudah tidak asing lagi dengan formasi 4-4-2 atau 4-3-3 yang sering digunakan dalam olahraga sepakbola, akan tetapi mengingat bahwa permainan futsal itu hanya dilakukan oleh 5 orang saja ini memilki ramuan formasi sendiri baik untuk menyerang ataupun bertahan.

Formasi seperti apa saja? Cek pembahasanya berikut ini!

2-0-2

Ini merupakan formasi klasik yang sudah lazim diterapkan dalam permainan futsal. Kalian juga mungkin sudah tidak asing lagi dengan pola yang menempatkan 2 pemain penyerang dan 2 pemain bertahan ini. Biarpun sudah menjadi stategi yang umum digunakan , stategi ini dianggapa yang paling sulit dan kokoh untuk ditembus lawan.

Dalam pelaksaan takti ini biasanya 2 pemain penyerang akan membantu pertahanan dan 2 pemain bertahan nya pun akan terlibat dalam penyerangan . kunci dari taktik ini adalah kita tidak boleh bermain dengan tempo yang cepat diawal dan kendor diakhir pertandingan kita harus bisa bermain secara konstan dan usahakan untuk dominan dalam penguasaan bola (Ball Possesion).

3-0-1

Formasi ini digunakan untuk membuat pertahanan kita menjadi lebih kokoh. Biasanya diterapkan di akhir pertandingan untuk menjaga kemenangan . tapi, stategi ini juga ampuh bila diterapkan diawal dengan membuat lawan terus menyerang dan ketika mereka lengah atau sudah kecapean kita bisa memanfaatkna moment tersebut dengan melakukan serangan balik yang cepat.

Perlu diingat formasi ini membutuhkan tim dengan pemain yang memilki kemampuan fisik dan penguasaan bola yang prima secara merata, jika tidak maka formasi ini malah akan menjadi bencana dan lawan akan terus menyerang dan mencuri banyak gol.

2-1-1

Formasi ini biasanya digunakan tim yang berencana mengendalikan serangan melalui counter attack , bisa dibilang formasi ini hamper sama dengan yang 3-0-1 hanya saja disini kita menempatkan satu pemain di lini dengah untuk mengatur ritme permaianan. Dan harus memilki naruli menyerang yang tajam. Karena kunci dari formasi ini adalah pemain tengah atau istilahnya playmaker yang harus cepat dalam mengambil keputusan untuk bisa menciptakan peluang dari serangan balik.

1-1-2

Formasi ini biasanya sangat cocok untuk kalian yang suka beramain dengan melakukan serangan penuh (full attack). Coba saja anda menempatkan 2 pemain penyerang dan satu playmaker  itu sudah akan menjelaskan agresitivitas tim anda dalam menyerang.

Formasi ini juga merupakan stategi yang pas untuk diterapkan di dalam futsal modern . yang biasa kita kenal dengan temponya yang cepat dan membuat ruang permainan menjadi lebih sempit. Namun dengan formasi ini tentu kita akan lemah dalam hal bertahan apalagi ketika ada serangan balik kita harus cepat cepat kembali mundur untuk memperkuat pertahanan.

4-0-0

Formasi yang terakhir ini bisa dibilang mengadaptasi dari permaianan total football khas pemain belanda yang dikenal dengan gaya bertahan dan penyerangannya yang dilakukan secara bersama sama. Jika kamu memilki pemain yang kuat bertahan dan bagus dalam menyerang serta meiliki skill yang merata , formasi ini akan menjadi bencana bagi lawan anda dan tentunya bisa membawa nada untuk meraih kemenangan.

Itulah 5 formasi yang bagus dalam olahraga futsal menurut penulis , jika ada yang mau menambahkan bisa kalian tulis dikomentar yaa !!

About The Author

Dodi wahyono 33
Ordinary

Dodi wahyono

Saya adalah seorang pelajar di SMK YPC TASIKMALAYA mengambil keahlian di bidang IT khusus nya di REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel