Beberapa Fakta Unik Dari Pekan Pertama Premier League

13 Aug 2018 19:36 999 Hits 0 Comments
Dibalik semua itu, ternyata ada beberapa fakta unik yang dicatatkan oleh seorang pemain, pelatih, maupun sebuah tim dalam pekan pertama tersebut. Penasaran apa saja fakta unik tersebut?Berikut inilah pembahasannya.

Sabtu kemarin, Liga Inggris telah membuka musim baru mereka. Beberapa pertandingan pun menyajikan persaingan yang sangat sengit untuk membuka jalur mereka menuju tangga juara. Dibalik semua itu, ternyata ada beberapa fakta unik yang dicatatkan oleh seorang pemain, pelatih, maupun sebuah tim dalam pekan pertama tersebut. Penasaran apa saja fakta unik tersebut?Berikut inilah pembahasannya.

  • Jose Mourinho Tak Terkalahkan Sepanjang Laga Pembuka Liga Domestik

Pertandingan pembuka Liga Inggris sendiri bermula di Old Trafford. Dimana, sang runner-up musim lalu, yaitu Manchester United menghadapi juara Liga Inggris musim 2015/2016, yaitu Leicester City. Pertandingan tersebut berjalan ketat. Namun, United yang bertanding dihadapan puluhan ribu suporternya berhasil mencuri gol cepat. Melalui titik penalti, Paul Pogba berhasil membobol gawang dari Kasper Schmeichel dan membuat United unggul 1-0 di menit ke-3.

Setelah gol tersebut, pertandingan lebih dikuasai Leicester City. Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang The Foxes bobol kembali melalui Luke Shaw dimenit ke-83. Dan baru di penghujung laga, Jamie Vardy berhasil memperkecil kekalahan Leicester menjadi 2-1. Dengan hasil tersebut, bukan hanya United mampu mencatatan start bagus di awal musim ini, namun sang pelatih Jose Mourinho juga mencatatkan rekor bagus dirinya.

Ya, sejak dirinya memulai karir kepelatihan pada tahun 2000, atau ketika dirinya menjadi asisten pelatih dari Louis Van Gaal, tim yang ia besut tidak terkalahkan ketika melakoni laga pembuka Liga domestik. Dengan kemenangan tersebut, membuat Mourinho kini mencatatkan rekor 11 kali menang dan 7 hasil seri dari 18 pertandingan yang ia lakoni. Ini merupakan sebuah pencapaian yang sangat hebat bagi pelatih sekelas Mourinho.

  • Pemain Asia Tenggara Pertama Yang Bermain Di Liga Inggris

Sejak Premier League bergulir pada tahun 1992, belum ada pemain asal Asia Tenggara yang punya kesempatan bertanding di ajang Liga Inggris ini. Beberapa tahun lalu, pemain asal Thailand, Chanatip Songkrasin pernah dilirik oleh Leicester City untuk bermain di Liga Inggris. Sayangnya, sang pemain menolak tawaran tersebut.

Namun, kesempatan pemain Asia Tenggara untuk bermain di kasta tertinggi Inggris ini akhirnya terwujud. Nama Neil Etheridge yang menjadi warga negara Filipina berhasil menjadi pemain Asia Tenggara pertama yang bermain di Liga Inggris. Catatan tersebut tercipta kala dirinya diturunkan sebagai kiper utama Cardiff City ketika bertandang ke markas Bournemouth. Dengan pencapaian Etheridge tersebut, diharapkan agar pemain Asia Tenggara lainnya, termasuk Indonesia bisa merumput di kompetisi elit Inggris ini.

  • Pecahnya Tradisi Buruk Juara Bertahan Dalam 2 Musim Terakhir

Dalam 2 musim terakhir, juara bertahan Liga Inggris selalu gagal meraih kemenangan di laga pembuka Liga Inggris. Bukan tanpa alasan, Leicester City yang berstatus juara pada musim 2015/2016, gagal memenangkan pertandingan pembuka Liga Inggris setelah takluk dari Hull City 2-1. Sementara itu, juara bertahan 2016/2017, Chelsea juga gagal memenangkan laga pembuka mereka. Chelsea diluar dugaan takluk dari Burnley dengan skor 3-2, meski The Blues bermain di hadapan suporter mereka di Stamford Bridge.

Namun, sepertinya kutukan tersebut tidak berlaku bagi juara bertahan musim lalu, Manchester City. Pertandingan pembuka mereka yaitu menghadapi tim Meriam London, Arsenal, di Emirates Stadium. Jelas, pertandingan tersebut tak akan berjalan mudah bagi anak asuh Pep Guardiola. Namun, dengan kejeniusan Pep ini membuat City memenangkan pertandingan penting menghadapi Arsenal dengan skor 2-0. Kemenangan itu sekaligus memecahkan kutukan juara bertahan dalam 2 musim terakhir.

Itulah pembahasan saya mengenai fakta unik pekan pertama Liga Inggris. Dengan fakta unik tersebut, mampukah mereka mempertahankan rekor yang mereka pecahkan tersebut?Patut ditunggu kembali seperti apa perjuangan seluruh kontestan Premier League untuk mendapatkan titel bergengsi sepakbola Inggris ini.

Tags

About The Author

Aldi Saepurahman-4 39
Ordinary

Aldi Saepurahman-4

My Coding My Adventure
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel