Menerapkan rasa tanggung jawab dalam diri

12 Aug 2018 20:11 569 Hits 0 Comments
Hal ini penting untuk diketahui, karena setiap pribadi yang baik adalah yang senantiasa bertanggung jawab !! 

Seiring dengan bertambahnya usia , tentunya rasa tanggung jawab dalam diri akan senantiasa bertambah dan semakin besar. Tetapi untuk sebagian diantara kita ada yang mengabaikan rasa tanggung jawab tersebut , karena menurut mereka hidup bertanggung jawab tidaklah penting. Tetapi , kita adalah manusia yang diciptakan untuk senantiasa berbuat baik , dengan menjadi pribadi yang baik pula. Untuk menjadi seseorang yang berkepribadian baik maka haruslah orang tersebut bertanggung jawab atas apa yang sudah diperbuat , baik itu hal positif maupun negatif.

Mengapa kita dianjurkan untuk senantiasa bertanggung jawab ?? yap , karena bertanggung jawab adalah hal yang sangat penting , karena dengan kita bertanggung jawab kita akan menjadi pribadi yang baik , pribadi yang selalu dipercayakan oleh orang lain dan digemari juga didekati oleh orang – orang disekitar. Lebih dari itu , rasa tanggung jawab akan menurunkan permasalahan yang ada jika kita melakukan kesalahan dan mengakui setelah melakukan hal tersebut.

Lalu , bagaimana menjadi seseorang yang senantiasa bertanggung jawab ??? tentunya hal tersebut tidaklah mudah. Tetapi beberapa tips ini bisa membuat kita semua senantiasa bertanggung jawab. Berikut penjabarannya :

  • Perlu adanya komitmen dalam diri kita.

Yap , bertanggung jawab merupakan hal yang wajib harus kita lakukan. Maka dari itu mulailah untuk memikirkan diri kita dan senantiasa berintropeksi diri lalu merubahnya menjadi seseorang yang berkepribadian yang baik dari sebelumnya. Kita harus menanamkan rasa komitmen dalam diri kita, bahwa kita sudah bukan anak kecil lagi yang tanggung jawabnya di tanggung oleh kedua  orang tuanya.

  • Jangan menyerah dan hadapilah kenyataan yang ada

Jangan lupa untuk mempelajari beberapa tantangan dalam melaksanankan tanggung jawab dalam diri kita. Yap , untuk menjadi seseorang yang bertanggung jawab pastinya terdapat tantangan yang akan menggugurkan rasa tanggung jawab kita. Maka dari itu janganlah mencoba untuk mengeluh ketika kita menghadapi situasi yang buruk. Ketika mendapatkan hal tersebut perbaikilah situasi tersebut dengan penuh rasa tanggung jawab. Pasti semua ada jalannya , dan cobalah untuk memperbaiki kesalahan.

  • Tumbuhkan semangat bertanggung jawab untuk mencapai kesuksesan dalam hidup.

Sudah pasti orang yang sukses adalah orang yang penuh dengan rasa tanggung jawab. Kita harus bersemangat untuk mencapai proses kesuksesan kita dengan selalu bertanggung jawab terhadap waktu , aktivitas dan segala kegiatan yang kita lakukan saat ini. Maka ketika rasa tanggung jawab berkobar dalam diri kita maka setiap pekerjaan dan aktivitas yang sulit akan segera selesai , karena kita tidak menyia-nyiakan waktu dan segala aktivitas kita.

Semoga bermanfaat !! terima kasih ! ! !

Tags

About The Author

Muhammad Adi Wahyudi-4 24
Pensil

Muhammad Adi Wahyudi-4

Hello Plimber ! Kita Sharing bareng yuk.. saya dari SMKN 4 BANDUNG =)

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel