8 Tips Menggunakan Kartu Kredit Dengan Cerdas

10 Aug 2018 21:52 195 Hits 0 Comments
Sebelum menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran sehari-hari, sebaiknya anda harus mengetahui beberapa fakta penting. Ini akan mempengaruhi anda untuk memaksimalkan fungsi dari kartu kredit yang sebenarnya.

Saat ini, kartu kredit sudah menjadi bagian dari gaya hidup. Apalagi dengan adanya kartu kredit transaksi di banyak merchant juga sangat mudah. Anda hanya perlu memberikan kartu kredit di kasir dan menekan tombol pin yang terdaftar. Kartu kredit juga dianggap akan memudahkan anda untuk melakukan transaksi tanpa harus membawa banyak uang tunai. Belum lagi beberapa produk di merchant besar juga menawarkan cicilan 0 persen.

Namun, anda juga harus memperhitungkan penggunaan kartu kredit dalam waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan sistem pembayaran yang diterapkan pada kartu kredit sangat berbeda dengan kartu debit. Bila anda menggunakan kartu debit biasanya akan mengalami pengurangan saldo secara otomatis di tabungan. Berbeda dengan kartu kredit, bank akan memberikan pinjaman terlebih dahulu kepada anda yang selanjutnya harus dilunasi sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Ini yang membuat anda harus mempertimbangkan tips menggunakan kartu kredit.

Fakta penting tentang kartu kredit yang harus diketahui

Sebelum menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran sehari-hari, sebaiknya anda harus mengetahui beberapa fakta penting. Ini akan mempengaruhi anda untuk memaksimalkan fungsi dari kartu kredit yang sebenarnya. Berikut ini ada beberapa fakta penting tentang kartu kredit seperti:

1. Kartu kredit adalah utang

Anda harus ingat bahwa kartu kredit adalah hutang yang diberikan oleh bank. Tentu saja hutang atau pinjaman itu harus segera dilunasi. Masing-masing penerbit kartu kredit menawarkan ketentuan dan kebijakan yang berbeda terkait dengan pelunasan tagihan kartu kredit. Biasanya tagihan kartu kredit akan diberikan setiap bulannya kepada pemegang kartu kredit.

2. Suku bunga kartu kredit sangat tinggi

Penerbit kartu kredit juga menerapkan tingkat suku bunga yang cukup tinggi. Hal ini sangat berbeda dibandingkan dengan kartu debit yang tidak dikenakan biaya bunga tinggi. Pemegang kartu kredit akan dibebankan suku bunga sekitar 2,5 – 3 persen setiap bulannya. Anda diwajibkan untuk melunasi tagihan setiap bulannya untuk menghindari denda yang sangat besar.

3. Kartu kredit membuat anda menjadi konsumtif

Sebagai alat pembayaran, kartu kredit sebenarnya memberikan banyak keuntungan. Sayangnya, kemudahan ini membuat anda akan semakin konsumtif. Biasanya beberapa merchant besar akan menawarkan harga yang berbeda untuk pengguna kartu kredit. Belum lagi penawaran cicilan 0 persen yang dianggap akan meringankan tagihan para pengguna.

Tips menggunakan kartu kredit dengan bijak

Kartu kredit sebenarnya memberikan banyak kemudahan transaksi bagi anda. Namun, penggunaan kartu kredit seperti itu sebaiknya tidak berlebihan. Apalagi ini juga dilakukan untuk kebaikan anda sendiri dan terhindar dari tagihan yang sangat besar. Ada beberapa tips menggunakan kartu kredit yang bisa anda pertimbangkan dan membuat metode pembayaran itu sangat bermanfaat, seperti:

1. Jangan pernah menggunakan kartu kredit untuk tarik tunai

Ini adalah salah satu tips menggunakan kartu kredit yang sangat penting. Hal ini dikarenakan biaya tarikan tunai yang dibebankan kartu kredit biasanya mencapai 2,5 persen. Namun, beberapa pengguna kadang-kadang mengakali dengan menerapkan gesek tunai atau gestun di beberapa merchant. Cara ini dianggap illegal oleh Bank Indonesia. Memang beban biaya yang diberikan untuk gesek tunai lebih rendah namun akan ada sanksi yang diberikan bagi merchant dan pemilik kartu kredit. Sebaiknya hindari penggunaan kartu kredit untuk tarikan tunai.

2. Gunakan kartu kredit untuk kebutuhan mendesak

Saran seperti ini sering diberikan bagi para pengguna kartu kredit. Sebaiknya anda menghindari penggunaan kartu kredit bila tidak dalam keadaan mendesak. Misalnya saja berbelanja di merchant tertentu untuk kebutuhan sehari-hari. Selain itu, penggunaan kartu kredit hanya pada saat anda tidak memiliki saldo yang cukup di kartu debit anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari kebiasaan menggunakan kartu kredit dalam berbagai keadaan. Secara tidak sadar, kartu kredit akan menjadi bagian dari gaya hidup anda. Bila tidak dibatasi tentu saja tagihan bulanan anda akan membengkak. Ini juga diterapkan untuk menghindari gagal bayar setiap bulan.

3. Lakukan perencanaan penggunaan kartu kredit

Tips menggunakan kartu kredit lainnya adalah dengan menerapkan perencanaan yang matang terhadap penggunaan kartu kredit. Bila anda memiliki kartu kredit dengan limit yang cukup besar hal ini akan menjadi keuntungan yang cukup baik. Anda bisa melakukan perencanaan penggunaan dalam waktu satu bulan. Biasanya rekomendasi ini juga disesuaikan dengan kemampuan anda membayar dalam waktu satu bulan penuh. Gunakan kartu kredit untuk penggunaan kebutuhan sehari-hari dengan limit setengah dari yang diberikan oleh pihak bank. Hindari penggunaan kartu kredit untuk memenuhi gaya hidup anda.

4. Cermati tagihan yang diberikan setiap bulan

Anda bisa memaksimalkan fungsi dari kartu kredit dengan memeriksa kembali tagihan setiap bulan yang dikirim kepada anda. Cara seperti ini biasanya akan menjadi pertimbangan bagi anda untuk menggunakan kartu kredit pada bulan berikutnya. Bahkan, anda juga bisa mengevaluasi penggunaan kartu kredit untuk beberapa produk atau barang yang kurang mendesak. Biasanya cara seperti ini untuk menghindari tawaran dari banyak merchant dengan produk yang sangat mahal dan memberikan metode cicilan.

5. Jangan terlambat membayar tagihan

Ini adalah saran yang paling penting untuk anda lakukan. Masing-masing bank penerbit kartu kredit mengeluarkan kebijakan tentang pembayaran tagihan setiap bulannya. Hal ini harus menjadi pertimbangan bagi anda untuk tidak melewati batas waktu pembayaran. Bila anda memiliki tingkat disiplin yang sangat tinggi untuk pembayaran kartu kredit ini tentu saja akan menjadi evaluasi bagi bank untuk terus memberikan pelayanan maksimal. Selain itu, metode ini juga akan mengurangi beban anda setiap bulan.

Baca juga: Tips Membayar Cicilan Setiap Bulan untuk membantu anda menuntaskan hutang kredit yang sudah menumpuk oleh Debby Anggraini

6. Bayar tagihan kartu kredit secara penuh

Biasanya beberapa bank penerbit akan memberikan penawaran untuk metode pembayaran tagihan. Anda bisa membayar secara penuh atau dengan skema cicilan. Namun, disarankan bagi anda untuk membayar penuh untuk setiap tagihan yang diberikan kepada anda. Biasanya ini juga akan memudahkan anda untuk melakukan transaksi berikutnya. Semakin disiplin anda membayar secara penuh biasanya pihak bank akan mempertimbangkan untuk menaikkan nilai limit kartu kredit.

7. Manfaatkan diskon besar untuk kebutuhan utama

Ada banyak merchant yang menawarkan diskon atau potongan harga bagi pengguna kartu kredit. Benefit lainnya juga biasanya berkaitan dengan jumlah item yang anda beli. Manfaatkan penawaran ini untuk mendapatkan keuntungan maksimal dari penggunaan kartu kredit. Apalagi penggunaan kartu kredit seperti itu juga memberikan pengaruh terhadap kebiasaan dan gaya hidup anda. Hal ini dilakukan untuk menghindari tagihan yang sangat besar setiap bulannya.

8. Jangan terlalu banyak memiliki kartu kredit

Sebaiknya anda hanya memiliki maksimal 2 kartu kredit. Ini dilakukan agar anda tidak terjerat beban tagihan yang terlalu besar. Apalagi metode ini memang sudah diatur oleh pihak Bank Indonesia. Sehingga anda hanya akan menggunakan kartu kredit sebagai metode pembayaran untuk keperluan mendesak saja. Bila perlu anda hanya menggunakan 1 kartu kredit utama saja.

Tags

About The Author

Azlan Shah 9
Kapur Tulis

Azlan Shah

IG: azlanshah_id

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel