Jangan Mengisi Daya Perangkat Sampai Penuh! Ini Alasannya

10 Aug 2018 20:05 419 Hits 0 Comments
Belakangan Ini Banyak Rumor Mengenai Tentang Pengisian Baterai Perangkat . Apakah mungkin itu harus penuh 100 persen , harus dihabiskan dulu atau jangan sampai daya baterai itu kosong ,dan yang jadi pertanyaan , ada pengaruh apa jika mengisi daya penuh secara penuh ?


       Belakangan Ini Banyak Rumor Mengenai Tentang Pengisian Baterai Perangkat . Apakah mungkin itu harus penuh 100 persen , harus dihabiskan dulu atau jangan sampai daya baterai itu kosong ,dan yang jadi pertanyaan , ada pengaruh apa jika mengisi daya penuh secara penuh ?
     

      Menurut sumber dari Portal , bahwa perangkat yang diisi penuh 100 persen tidak akan ada manfaatnya , karena baterai perangkat akan bekerja optimal pada daya 30 – 80 persen . Jadi sia-sia saja jika anda ngecharge perangkat hingga 100 persen , karena tidak akan mempengaruhi umur baterai . Karena , memperpanjang umur baterai bukanlah patokan charge 100% tapi harus mengontrol temperatur / suhu baterai perangkat tersebut.

      Jadi , bagaimana cara anda untuk merawat baterai dengan benar ? . mungkin dari sumber ini anda bisa lihat cara-cara merawat baterai HP yang baik dan benar :

 

  1. Jangan biarkan daya baterai anda kosong. Mungkin anda pernah mengisi daya dari 0-100 persen semalaman dan terlelap di tinggal tidur? Jika memang itu kebiasaan anda , maka hindarilah !. Karena hal itu malah akan mengurangi umur baterai anda . Pertama, ketika diisi terlalu lama , baterai perangkat yang terisi 100% yang ditinggalkan semalaman , maka banyak konsumsi listrik yang terbuang dan membuat perangkat anda membuat panas berlebihan akibat hal tersebut. Kedua , Jika terisi terlalu lama maka akan menyebabkan pelapisan lithium metalik yang berdampak mengurarangi stabilitas baterai dan membuat perangkat anda melakukan reboot secara paksa
  2. Suhu yang tinggi berdampak pada umur baterai Sebaiknya jika anda mengunakan perangkat jangan sampai suhu perangkat melebihi 60 derajat celcius . Karena , itu akan memperpendek usia baterai anda . Jadi singkatnya , anda harus menyesuaikan keadaan baterai dengan suhu yang ada .Jangan pernah menyimpan perangkat anda di tempat yang terkena sinar    matahari atau jika malam disimpan didalam bantal karena perangkat akan menghasilkan suhu panas dan akan mengurangi umur baterai anda
  3. Jangan memakai perangkat ketika sedang di-charge Mungkin anda pernah memakai perangkat ketika sedang dicharge ? ternyata itu akan berdampak buruk terhadap perangkat milik anda .Ketika anda menggunakan perangkat ketika dicharge maka perangkat secara otomatis perangkat tersebut akan menguras daya baterai dan akan berpengaruh kepada umur baterai . hal ini akan menyebabkan perangkat akan lama terisi atau hal  ini juga disebut “parasitic load” . Hal ini biasanya terjadi ketika sedang memproses aplikasi , Bermain game dan memutar video. Untuk menghindarinya anda harus menonaktifkan /mematikan perangkat ketika sedang di-charge . 

Kesimpulannya , merawat baterai memang bukanlah hal yang sulit , hanya saja kebiasaan-kebiasaan buruklah yang menyebabkan anda menjadi sulit dalam melakukan perawatan baterai . Jadi , lakukanlah langkah demi langkah perawatan baterai , supaya baterai anda tetap awet dan tahan lama.
 

Tags

About The Author

Ikhsan Rasidin 19
Pensil

Ikhsan Rasidin

"Mencoba,Membuat Dan Mengamalkan"

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel