Enaknya Pakai Jaringan Fiber Optic

8 Aug 2018 18:35 261 Hits 0 Comments
Layanan internet dengan menggunakan Fiber Optik di Indonesia sebetulnya telah berkembang sejak awal tahun 2000-an, hanya saja layanannya masih sangat terbatas.

Layanan internet dengan menggunakan Fiber Optik di Indonesia sebetulnya telah berkembang sejak awal tahun 2000-an, hanya saja layanannya masih sangat terbatas.

Fiber optik mampu mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain. Sumber cahaya yang digunakan biasanya laser atau LED. Karena laser mempunyai spektrum yang sangat sempit, maka cahaya yang ada di dalam serat optik tidak bisa keluar. Kecepatan transmisi serat optik sangat tinggi sehingga optimal digunakan sebagai saluran komunikasi, termasuk internet. Berikut adalah keuntungan kita bila internet rumah atau kantor menggunakan media Fiber Optik.

Apa aja enaknya pake Internet Fiber Optic?

1. Lebih Cepat

Fiber optik dapat membawa informasi lebih banyak dan jarak yang jauh dibanding sinyal listrik yang dibawa oleh media tembaga atau koaksial, sehingga mampu mentransfer data hingga 1.000 Mbps (1 Gbps). Kemurnian serat kaca digabung dengan sistem elektronik yang maju memungkinkan serat terlebih mengirimkan sinyal cahaya digital melampaui jarak 100 km tanpa alat penguat. Fiber optik sendiri merupakan media transmisi yang ideal dengan sedikit transmisi loss, gangguan rendah dan potensi bandwith yang tinggi.

2. Lebih Handal

Struktur fiber optik terdiri dari beberapa susunan yaitu cladding, core, dan buffer coating. Core atau inti merupakan serat kaca tipis yang menjadi media cahaya berjalan, sehingga pengiriman cahaya dapat dilakukan. Cladding merupakan lapisan luar sebagai pelindung inti. Sedangkan buffer coating adalah selubung plastik yang bertujuan melindungi serat dari kerusakan yang diakibatkan dari lengkungan kabel dan dari gangguan luar. Fiber optik ini lebih tahan dalam kondisi cuaca apapun seperti serangan petir dan gangguan elektromagnet dibanding kabel coax atau copper. Sehingga komputer atau perangkat pun menjadi lebih aman.

3. Lebih Stabil

Kecepatan fiber optik jauh lebih stabil pada saat dilakukan sharing. Sinyal degradasi lebih kecil, tidak terpengaruh pada gelombang elektromagnetik dan frekuensi radio karena terbuat dari kaca dan plastik murni. Selain itu untuk seorang gamer online, jaringan fiber relatif memiliki latensi yang jauh lebih rendah sehingga menghasilkan lebih sedikit lag saat gaming.

4. Lebih Canggih

Fiber optik merupakan teknologi penghantaran data tercanggih dan terbaru yang digunakan dalam layanan fixed broadband. Transmisi yang diberikan oleh kabel fiber optik bisa mencapai kecepatan cahaya. Sedangkan kabel lainnya masih belum ada yang dapat menyamai kecepatan cahaya dari fiber optik. Pada dasarnya, untuk kepentingan telekomunikasi dan juga jaringan secara luas, kabel dengan serat optic merupakan pilihan terbaik untuk digunakan, karena memiliki daya hantar data dan sinyal yang lebih baik.

Tags

About The Author

ilham13 26
Pena

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel