Bila Tidak Belanja Penyerang Baru, Seperti Inilah Formasi Real Madrid Nantinya

6 Aug 2018 20:35 1219 Hits 0 Comments
Apabila tidak mendatangkan penyerang baru, akan seperti apa formasi Real Madrid nantinya?

Menjelang bergulirnya musim 2018-2019, Real Madrid sudah dipusingkan dengan hengkangnya bintang andalan mereka, yaitu Cristiano Ronaldo ke Juventus. Kepindahan ini terkesan mengagetkan banyak pihak, karena tidak ada yang menyangka kalau musim 2017-2018 lalu adalah musim terakhir CR7 berseragam Real Madrid.

Dengan hengkangnya CR7, membuat pelatih anyar Madrid, Julen Lopetegui harus memikirkan strategi terbaik, guna mempertajam lini depan Real Madrid yang musim lalu bertumpu pada penyerang 33 tahun tersebut. Beberapa nama pun dikaitkan dengan Real Madrid, seperti Kylian Mbappe dan Eden Hazard.

Mbappe yang tampil gemilang bersama timnas Perancis digadang-gadang bakal menjadi solusi terbaik untuk lini depan Real Madrid. Kecepatan dan ketajaman dirinya mampu membuat lawan pun ketar-ketir menghadapinya. Sayangnya, Mbappe menolak hal tersebut, karena dirinya sudah dipermanenkan oleh PSG musim depan.

Sementara itu, Eden Hazard yang tampil gemilang dengan membawa Belgia juara 3 Piala Dunia bisa menjadi solusi terbaik dibandingkan Mbappe. Harganya yang cenderung lebih murah membuat Real Madrid lebih memilih untuk merekrutnya sebagai pengganti CR7. Meski sudah diberi iming-iming nomor 7 oleh Real Madrid, namun Chelsea sendiri menolak untuk melepas Hazard, meski sang pemain telah menyatakan untuk hengkang dari Chelsea.

Meski telah mendapatkan wonderkid asal Brazil, Vinicius Junior, namun hal itu seakan belum cukup karena dirinya masih perlu banyak latihan khusus untuk memperkuat mental bertanding dirinya. Lalu, apabila tidak mendatangkan penyerang baru, akan seperti apa formasi Real Madrid nantinya?Berikut inilah pembahasannya.

  • Formasi 4-3-3 Dengan Benzema Sebagai Ujung Tombak

Sebenarnya, ini adalah formasi utama Madrid sejak bergabungnya Bale pada 2013 lalu, yang membuat terjadinya trio BBC di Real Madrid. Sayangnya, hengkangnya Ronaldo membuat trio BBC 'bubar'. Meski begitu, bukan berarti formasi ini tidak bisa digunakan kembali. Dengan keberadaan pemain seperti Vinicius, Asensio, maupun Isco, bisa saja membuat posisi CR7 di pos kiri sedikit tertutupi oleh mereka. Bila melihat kedalaman skuat Madrid, maka seperti inilah gambaran formasi Madrid nantinya:

Kiper : Navas; Bek : Carvajal, Ramos, Varane, Marcelo; Tengah : Casemiro, Kroos, Modric; Depan : Bale, Benzema, Isco/Asensio/Vinicius.

Berkaca pada data diatas, Isco memiliki kemungkinan bermain yang lebih tinggi dibandingkan Asensio maupun Vinicius. Kemampuan dribel dan kontrol bola Isco sangat cocok bila dirinya dimainkan di sayap kiri.

  • Formasi 4-3-1-2 Dengan Isco Sebagai Penyerang Lubang

Sejak era kepelatihan Zidane, formasi ini sering digunakan oleh Real Madrid. Hal itu dikarenakan performa Benzema yang semakin menurun, serta Bale yang sering dibekap cedera menjadi latar belakang Zidane memasang formasi ini. Selain itu, dengan formasi ini, diharapkan Real Madrid mampu menguasai lini tengah dengan optimal karena Isco yang dipasang sebagai penyerang lubang bisa mendukung dua lini sekaligus, yaitu lini tengah maupun lini depan. Sepertinya, formasi ini juga bakal diterapkan oleh Lopetegui nantinya.

  • Formasi 4-3-3 False Nine

Seiring menurunnya performa Benzema musim lalu, Real Madrid harus mencari opsi lain agar lini depan mereka kembali menakutkan musim depan. Musim lalu, Ronaldo sering dipasang sebagai penyerang tunggal ketika performa Benzema tidak sesuai harapan. Lalu, dengan hengkangnya Ronaldo, formasi seperti apa yang harus diterapkan?

Bila melihat kedalaman tim, dengan memasang false nine, atau penyerang yang sering menjemput bola ke belakang adalah strategi yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Selain karena false nine ini sulit untuk dikawal, dengan keberadaan pemain karakter seperti ini membuat pemain lainnya punya ruang yang cukup untuk mengancam lini pertahanan lawan.

Lalu, siapa yang cocok memainkan peran ini?Kemungkinan Isco dan Asensio adalah pilihan yang tepat. Kemampuan Isco yang mampu mengacak-acak pertahanan lawan dengan kontrol bola yang ia miliki, serta kecepatan dan akurasi tendangan Asensio yang sangat tinggi bisa membuat lini depan Madrid semakin tajam bila memasang formasi ini.

Itulah pembahasan saya mengenai gambaran formasi Real Madrid musim depan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Tags

About The Author

Aldi Saepurahman-4 39
Ordinary

Aldi Saepurahman-4

My Coding My Adventure

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel