5 Fakta Menarik Tentang Bersin

5 Aug 2018 22:34 1257 Hits 0 Comments
Siapa yang tidak pernah bersin? pasti semua pernah mengalaminya. Namun, apakah kalian tahu fakta lebih jauh mengenai bersin?

Siapa yang tidak pernah bersin? pasti semua pernah mengalaminya. Namun, apakah kalian tahu fakta lebih jauh mengenai bersin? Dari mulai kecepatan bersin sampai jumlah partikel yang dikeluarkan saat bersin. Langsung saja, berikut adalah 5 fakta menarik mengenai bersin yang mungkin tidak kalian ketahui.

1.  Bersin Adalah Reaksi Refleks

 Bersin adalah reaksi refleks. Maksud dari reaksi refleks adalah suatu reaksi yang kita tidak direncanakan sebelumnya untuk melakukannya, dalam artian terjadi secara cepat dan tiba-tiba. sekilas tentang bersin, bersin adalah suatu reaksi untuk menanggapi sesuatu yang mengganggu tubuh kita, seperti debu, serbuk tanaman, dan animal dander atau kotoran yang menempel pada kulit hewan (pada manusia seperti ketombe). Ketika benda-benda asing tersebut masuk ke dalam hidung, otak kita menerima sinyal untuk mengatasi atau mengusir benda tersebut. Maka terjadilah bersin sebagai hasil reaksi dari tubuh kita. Selain itu, bersin juga bisa diakibatkan oleh udara dan suhu yang dingin. Ini terjadi bagi orang-orang yang tidak kuat akan suhu yang dingin atau biasa disebut dengan alergi dingin.

2. Partikel Semburan Saat Bersin Bisa Menyembur Sejauh 1 Menter Lebih

Inilah sebabnya kita wajib menutup mulut dengan sikut saat bersin, dan jangan tutup menggunakan telapak tangan, karena bisa jadi setelah menutup mulut saat bersin kalian langsung berjabat tangan dengan orang di sebelah kalian. Dan mengapa wajib menutup mulut saat bersin? Ya, karena semburan saat bersin bisa menjelajah sampai 1 meter jauhnya, maka hal itu bisa menebar penyakit ke beberapa orang di sekitar. Marjorie L. Slankard, MD, seorang dokter dan direktur dari Allergy Clinic di Columbia-New York Presbyterian Medical Center, mengatakan bahwa alasan bersin bisa menyembur sangat jauh dikarenakan saat kita bersin pasti disertai banyak kekuatan, dan juga partikel dari lendir kita memiliki ukuran yang sangat kecil. 

3. Kecepatan Bersin Bisa Mencapai 100Mil/Jam

Ternyata kecepatan bersin kita sangat cepat, mencapai 100 mil/jam. Karena udara yang keluar dari hidung kita sangat cepat, maka ketika bersin kita menimbulkan suara. Semakin cepat udara yang keluar, semakin kencang pula suara bersin kita. Bayangkan, jika kita tidak menutup mulut saat bersin, orang di sekitar akan kena akibatnya.

4. Satu Kali Bersin Dapat Memproduksi Sampai 40 Ribu

Selain semburan saat bersin dapat nyembur sampai lebih dari satu meter jauhnya, ternyata rintik-rintik hujan dari semburan bersin pun bisa sampai 40 ribu banyaknya

5. Jantung Tidak Berhenti Berdetak Ketika Bersin

 Sebagian orang berpendapat bahwa ketika bersin, jantung kita berhenti berdetak atau seolah kita meninggal dalam beberapa saat. Faktanya, itu hanyalah mitos belaka. Jantung kita masih tetap berdetak ketika bersin, hanya saja ritme detak jantung kita yang berubah. Ini terjadi karena tekanan di dalam dada berubah dan kecepatan aliran darah juga ikut berubah.

Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel