Dalam Sejarah Sepak Bola, Belum Ada Yang Berhasil Memecahkan 5 Rekor Ini

3 Aug 2018 20:05 1081 Hits 0 Comments
Rekor tersebut belum ada apa-apanya dengan rekor-rekor yang akan saya jelaskan berikut ini. Rekor apa saja itu?Berikut inilah ulasannya.

Sepak bola seakan tidak lepas dari namanya rekor. Mulai dari top skor, jumlah gol terbanyak dalam satu pertandingan, pemain tercepat, bahkan rekor yang dicatatkan oleh pemain ke-12 sebuah tim pun menunjukkan kalau yang namanya rekor juga ada dalam sepakbola di dunia ini. Namun, rekor tersebut belum ada apa-apanya dengan rekor-rekor yang akan saya jelaskan berikut ini. Rekor apa saja itu?Berikut inilah ulasannya.

  • Kiper Tersubur Sepanjang Masa

Berbicara mengenai urusan mencetak gol, jelas striker-lah yang paling didorong oleh sebuah tim untuk memecahkan kebuntuan tim. Selain itu, jumlah gol yang dicetak oleh striker haruslah lebih banyak dibanding pemain yang bermain dibelakang dirinya, sebab dirinya adalah ujung tombak sebuah tim untuk menciptakan peluang ke gawang lawan, serta untuk menobatkan dirinya menjadi top skor, minimal top skor didalam tim.

Lalu, apa jadinya bila kiper mencetak gol?Ya, mungkin itu sudah biasa. Banyak sekali kiper yang bisa menciptakan gol untuk membantu timnya yang kesulitan di depan gawang, seperti Manuel Neuer yang selalu ikut maju untuk mencetak gol. Tapi, apakah kalian tahu siapakah kiper yang berhasil menciptakan banyak gol seperti seorang striker?.

Nah, kiper legendaris Brazil yang telah pensiun, yaitu Rogerio Ceni bisa melakukannya. Dalam urusan mencetak gol, Ceni sendiri lebih hebat dibandingkan dengan kiper sehebat Neuer sekalipun. Selain sering ikut maju untuk menciptakan gol di menit akhir, Ceni juga piawai dalam mengeksekusi bola mati di timnya, Sao Paulo, baik itu tendangan bebas maupun tendangan penalti.

Sepanjang karirnya, total dirinya telah menciptakan 128 gol. Wow.., jumlah gol ini bisa dibilang sangat fantastis untuk ukuran seorang kiper. Bila diibaratkan, Ceni ini seperti seorang CR7-nya kiper, karena dia punya naluri mencetak gol yang tinggi bagi seorang kiper. Meski Ceni sudah pensiun di musim 2015 lalu, namun rekor ini sepertinya akan sulit dipecahkan oleh kiper lain.

  • Pemain Yang Selalu Mencetak Gol Dalam Satu Putaran Piala Dunia

Soal pemain yang banyak mencetak gol di Piala Dunia, sampai saat ini rekor tersebut masih dipegang oleh Miroslav Klose dari Jerman dengan 16 golnya. Namun, Klose harus menciptakan torehan gol tersebut dalam 4 Piala Dunia berbeda, yaitu 2002, 2006, 2010, dan 2014. Lalu, siapakah pemain yang selalu menciptakan gol dalam satu putaran Piala Dunia?

Ternyata, rekor ini bukan dipegang oleh pemain-pemain hebat seperti Cristiano Ronaldo, Lionel Messi, Diego Maradona, Pele, dan pemain hebat lainnya. Justru rekor ini dipegang oleh Alcide Ghiggia dan Jairzinho. Ghiggia yang memperkuat Uruguay pada Piala Dunia 1950 berhasil menciptakan gol di 4 pertandingan beruntun Piala Dunia edisi tersebut. Sementara itu, Jairzinho yang memperkuat Brazil di 1970 berhasil menciptakan gol di 6 pertandingan Brazil di Piala Dunia 1970. Uniknya, kedua pemain ini, baik Ghiggia maupun Jairzinho berhasil membawa negara mereka berjaya di Piala Dunia tersebut.

  • Kartu Merah Terbanyak Dalam Satu Pertandingan

Dalam sebuah pertandingan, terkadang wasit harus mengeluarkan kartu, baik itu kartu kuning ataupun kartu merah, tergantung jenis pelanggarannya. Dalam catatan, pertandingan resmi yang menghasilkan kartu kuning terbanyak adalah pertandingan final Piala Dunia 2010, yang mempertemukan Belanda dan Spanyol.

Saat itu, wasit harus mengeluarkan 14 kartu kuning dengan rincian 5 kartu kuning untuk Spanyol, dan sisanya untuk Belanda, serta 1 kartu merah untuk Belanda. Jelas, pertandingan ini merupakan pertandingan terkeras dalam sejarah sepakbola hingga saat ini. Kalau begitu, berapa kartu merah terbanyak yang pernah keluar dari saku wasit dalam sebuah pertandingan?

Biasanya, jumlah kartu merah yang biasa dikeluarkan oleh wasit yaitu 2 atau paling banyak 5 kartu merah dalam satu pertandingan. Tapi ternyata, itu bukanlah rekor kartu merah terbanyak. Sebuah pertandingan yang mempertemukan Claypole dengan Arenas bisa menghasilkan 36 kartu merah. Eittss...tunggu dulu, bukannya jumlah pemain yang bertanding ada 22 pemain?

Nah, di pertandingan tersebut ternyata 36 kartu merah yang dikeluarkan wasit yaitu untuk seluruh pemain yang bertanding, ditambah seluruh pemain cadangan beserta staf pelatih kedua tim. Sehingga, jumlah kartu merah pun mencapai 36 kartu merah. Penyebab wasit mengeluarkan kartu sebanyak itu yaitu akibat ulah seorang penonton yang masuk lapangan dan memukul seorang pemain yang bertanding.

Lah, padahal bisa disuruh buat masuk locker room pemain sama stafnya. Ini malah dikasih kartu merah semua. Saya rasa rekor ini sungguh mencengangkan.

  • Hattrick Beruntun

Berbicara mengenai hattrick, CR7 dan Messi adalah jagonya. Bila dijumlahkan, total keduanya telah menciptakan 96 hattrick sepanjang karir mereka. Sampai sekarang, rekor hattrick keduanya belum ada yang mampu mengejarnya. Namun, apakah CR7 dan Messi ini pernah menciptakan hattrick di beberapa pertandingan secara beruntun?

Nah, ternyata ada pemain yang bisa menciptakan rekor ini nih. Tapi bukan oleh dua pemain yang saya sebutkan diatas barusan. Legenda Jepang, yaitu Masashi Nakayama, adalah pemain yang berhasil menciptakan hattrick dalam 4 pertandingan secara beruntun. Seorang Messi, dan bahkan Cristiano Ronaldo pun belum bisa melakukan hal yang demikian. Nakayama melakukan ini pada tahun 1998 lalu. Selain itu, Nakayama pulalah yang berhasil menciptakan sejarah negaranya mencetak gol di Piala Dunia untuk pertama kalinya pada 1998 lalu.

Nah, itulah beberapa rekor unik yang pernah tercipta di dunia sepakbola. Apakah akan muncul rekor unik lainnya?Atau rekor diatas akan segera terpecahkan?

Tags

About The Author

Aldi Saepurahman-4 39
Ordinary

Aldi Saepurahman-4

My Coding My Adventure
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel