Apa Kelebihan Dari Bahasa Pemrograman Java?

31 Jul 2018 21:16 90 Hits 0 Comments
Apa sih yang menjadi nilai plus dari Java ini?

Seperti yang kita ketahui, Java merupakan bahasa pemrograman yang masih banyak digunakan hingga saat ini. Dalam dunia modern saat ini, Java masih banyak digunakan untuk membuat berbagai aplikasi di segala platform, termasuk Android. Berdasarkan beberapa riset mengenai bahasa pemrograman yang sering digunakan, Java berhasil menjadi bahasa pemrograman yang sering digunakan oleh para programmer. Java berhasil mengalahkan berbagai bahasa pemrograman lain seperti C, C++, Python, dan PHP. Lalu, apa sih yang menjadi nilai plus dari Java ini?Berikut saya ulas dalam artikel ini.

  • Multiplatform

Kenapa Java ini Multiplatform?Karena Java sendiri mampu digunakan di berbagai perangkat maupun sistem aplikasi, seperti Desktop Windows, Linux, Mac OS, dan OS lainnya. Pada dasarnya, pemrograman Java sendiri hanya perlu memasukan kode script Java yang dibuat, lalu langsung diubah menjadi bahasa mesin dari bahasa manusia.

  • Sudah Berbasis OOP (Object-Oriented Programming)

Yang menjadi kelebihan Java adalah, dimana bahasa pemrograman ini sudah berbasis OOP, atau berbasis objek. Jadi, bagi kalian yang ingin mencari bahasa pemrograman sekaligus belajar mendesain sebuah aplikasi, maka Java adalah pilihan yang tepat. Karena, Java sangat mudah dipelajari dan didalamnya terdapat fitur yang bernamakan Java Frame (JFrame), yang merupakan fitur untuk membuat aplikasi beserta desain aplikasinya sekaligus.

  • Library Yang Lengkap

Dikenal sebagai pembuat library yang up-to-date, membuat Java sangat mudah untuk diintegrasikan dengan berbagai aplikasi. Misalnya, jika kalian ingin mengkoneksikan Java dengan MySQL, maka kalian akan membutuhkan library bernama MySQL JDBC Driver. Dan, library tersebut sudah tersedia ekslusif di Java. Hal itulah yang membuat Java semakin banyak pengguna hingga sekarang.

  • Pengembangan Dari C++

Bila kalian pernah atau sering menggunakan C++, maka ketika kalian mencoba untuk mempelajari Java, kalian tidak perlu repot lagi untuk mempelajarinya. Kenapa?Karena Java sendiri merupakan hasil pengembangan dari C++. Dari segi sintaks, ada banyak sintaks yang identik dengan C++. Namun, perbedaannya adalah, C++ tidak bisa membuat aplikasi berdasarkan desain yang sudah dibuat, karena tidak ada fitur yang dapat melakukan hal tersebut.

Sementara, Java sudah menyediakannya. Selain itu, bila kalian pernah mencoba bahasa C#, maka kalian juga akan menemukan berbagai kesamaan dengan Java melalui sintaks yang digunakan. Perbedaan antara C# dan Java adalah, C# hanya bisa membuat aplikasi untuk Desktop, sementara Java bisa membuat aplikasi Desktop sekaligus Android.

  • Menjadi Dasar Pembuatan Aplikasi Android

Di zaman sekarang ini, Android banyak sekali digunakan oleh berbagai kalangan. Oleh karena itu, pasar Android menjadi sangat tinggi akibat banyak pengguna yang mengaksesnya. Dengan hal tersebut, banyak orang yang bersaing untuk mendapatkan penghasilan melalui pembuatan aplikasi Android yang mereka buat dan akses melalui Google Play Store.

Namun, apakah kalian tahu apa yang menjadi dasar pembuatan aplikasi Android ini?Ya, jawabannya sudah jelas yaitu Java sendiri. Selain Java, belum ada bahasa pemrograman manapun yang mampu menggeser tahta Java sebagai bahasa pembuat aplikasi Mobile. Sejak zaman Android rilis, mulai dari ApplePie hingga Android P yang sekarang, Java selalu menjadi bahasa nomor satu yang digunakan disisi XML yang menjadi pengatur desainnya. Karena itulah, banyak programmer yang mencari pasar Android untuk mendapatkan penghasilan.

Itulah ulasan saya mengenai kelebihan pemrograman Java. Apakah kalian tertarik untuk menggunakan Java?

Tags

About The Author

Aldi Saepurahman-4 17
Pensil

Aldi Saepurahman-4

My Coding My Adventure

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel