5 Kebiasaan Sederhana Untuk Sembuhkan Maag

30 Jul 2018 17:35 439 Hits 0 Comments
Sakit maag dijamin dialami oleh banyak orang dan bisa jadi Anda pun mengalami penyakit satu ini, namun usahakan tidak meremehkannya

Sakit maag dijamin dialami oleh banyak orang dan bisa jadi Anda pun mengalami penyakit satu ini, namun usahakan tidak meremehkannya. Sebab dalam kondisi kronis penyakit maag bisa memicu rasa sakit yang luar biasa dan menyebabkan komplikasi. Anda akan kehilangan nafsu makan dan kenyamanan sewaktu makan akan terganggu karena muncul rasa sakit setiap kali makan. Pada akhirnya penyakit yang kerap disepelekan ini mampu memicu komplikasi serius pada tubuh dan menyebabkan kematian. 

Penyakit maag sendiri terjadi karena meningkatnya asam lambung di dalam organ lambung, dan perlahan organ ini akan mengalami luka. Luka ini akan terus melebar manakala penderita maag tidak melakukan pengobatan dan antisipasi agar penyakit ini tidak semakin parah. Supaya bisa sembuh dengan total tentunya memerlukan pengobatan berlanjut dan berkala, sehingga dibutuhkan banyak waktu, tenaga, dan juga biaya. Jadi pertimbangkan sejak sekarang untuk mencegah penyakit ini. 

Kebiasaan Sederhana untuk Sembuhkan Maag 

Kemudian apabila sudah positif mengalami penyakit maag ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa membantu menyembuhkannya. Dikutip dari portal kesehatan KlikDokter.com, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi datangnya penyakit maag, diantaranya adalah: 

1. Memperhatikan apa yang dimakan
Ada banyak penderita maag yang tanpa sadar selalu mengkonsumsi makanan yang memperparah penyakit tersebut. Maka untuk mempercepat pemulihan ataupun pencegahan hindari makanan yang memicu kenaikan asam lambung. Sebut saja seperti makanan mengandung kafein, ketan, makanan bersoda, makanan pedas, sampai makanan yang punya rasa asam. Asalkan memperhatikan apa yang dikonsumsi maka lambung perlahan akan sehat. 

2. Memperbaiki cara makan
Selain memperhatikan apa yang dimakan untuk menjauhi makanan yang berbahaya bagi kesehatan lambung. Anda pun disarankan untuk memperbaiki cara menikmati makanan apapun yang disantap. Sebab buktinya banyak penderita maag mengalami penyakit ini karena terbiasa makan tanpa dikunyah dengan benar. Kesibukan dan sering diburu waktu membuat kegiatan makan juga terburu-buru. Padahal mengunyah makanan dengan pelan dan maksimal bisa menurunkan resiko mengalami maag. Sekaligus bisa mengatasi maag sehingga bisa dicoba langsung. 

3. Mengatur jam makan
Selain mengatur apa yang dimakan dan bagaimana menikmati makanan tersebut agar bisa sembuh dari gangguan maag. Sepertinya Anda pun wajib mengatur jam makan karena seringnya maag terjadi lantaran sering terlambat makan. Cobalah membuat jadwal makan dan menaatinya dengan baik, misalnya sarapan dimulai jam tujuh pagi maka usahakan setiap hari seperti ini. Apabila ada kesibukan mendadak paling tidak ada sepotong kue yang masuk, hal serupa dilakukan saat makan siang dan malam maka maag perlahan akan sembuh. 

4. Menurunkan berat badan
Khusus untuk Anda yang memang bermasalah dengan berat badan berlebih kemudian diketahui punya maag. Disarankan untuk menjalankan diet sehat karena saat tubuh terlalu gemuk lemak di dalam perut akan menekan lambung. Kondisi ini bisa meningkatkan produksi asam lambung dan pada akhirnya mengalami maag akut. Asalkan berat badan turun dan berangsur-angsur ke angka normal gangguan maag tidak akan mudah terjadi lagi. 

5. Hindari pakaian terlalu ketat
Sedangkan untuk Anda yang kebetulan menderita maag dan selama ini mengaku sudah makan dengan benar dan juga langsing. Tentunya perlu dicek kembali apa yang dimakan, saat tidak menemukan kesalahan. Cobalah mengecek kebiasaan Anda dalam berpakaian? Pasalnya terbiasa memakai pakaian ketat terutama celana dalam dan bawahan ketat bisa menekan lambung di perut. Akhirnya maag pun tidak bisa dicegah, perbaiki gaya berpakaian Anda dengan yang lebih longgar sedikit untuk melindungi lambung. 

Tags

About The Author

Tri Haryadi 16
Pensil

Tri Haryadi

Online Content Writer

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel