Beberapa Fakta Unik Sepakbola Yang Belum Kalian Ketahui

28 Jul 2018 21:21 147 Hits 0 Comments
Berikut ini adalah beberapa fakta unik yang belum kalian ketahui seputar sepakbola. Mau tau apa saja?

Sepakbola tidak hanya merupakan permainan antara 11 pemain dengan 11 pemain lainnya di atas lapangan hijau. Banyak sekali hal-hal unik didalamnya. Setiap pesepakbola, baik di luar lapangan maupun di dalam lapangan pasti memiliki beberapa fakta unik yang menjadi ciri khas mereka. Fakta-fakta itulah yang membuat dunia sepakbola menjadi terasa menarik untuk semua kalangan. Berikut ini adalah beberapa fakta unik yang belum kalian ketahui seputar sepakbola. Mau tau apa saja?Berikut ini ulasannya.

  • Nama Klub Sepakbola Terpanjang

Sebuah tim sepakbola pastinya memiliki nama tim mereka sendiri. Mulai dari Chelsea, Real Madrid, Manchester United, dan lain sebagainya. Namun, apa kalian tahu siapakah tim yang memegang gelar sebagai tim dengan nama terpanjang di dunia?Jawabannya adalah NAC Breda. Klub yang bermain di Liga 2 Belanda atau Erestedivisie ini memiliki nama asli Nooit opgeven altijd doorgan, Aangenaam door vermaak en nuttig door ontspanning, Combinatie Breda. Sepertinya, jika ini merupakan nama orang, nama panggilannya apa ya?hehehe...

  • Tim Yang Belum Pernah Ditaklukan Barcelona

Sebagai tim elite, Barcelona telah berhasil meraih berbagai kesuksesan di berbagai kompetisi. Baik itu kompetisi domestik, maupun kompetisi Eropa. Mereka juga berhasil menaklukan lawan-lawan yang sangat tangguh seperti rival abadi mereka, Real Madrid, Manchester United, Arsenal, AC Milan, Juventus, dan Bayern Munchen.

Namun, dibalik semua itu, ternyata ada satu tim sepakbola yang belum pernah mereka taklukan sepanjang sejarah mereka. Siapakah mereka?Mereka adalah Dundee United, tim yang saat ini bermain di kasta 2 Liga Skotlandia. Dundee United berhasil mengalahkan Barcelona dalam 4 pertemuan mereka sepanjang sejarah, yaitu pada kompetisi 2 leg di ajang Inter Cities Fair Cup 1967 dan Piala UEFA 1987. Mengejutkan sekali bagi tim sehebat Barcelona bila mereka belum pernah menang dengan tim yang sedang bersaing di kasta kedua Liga Skotlandia ini.

  • Awal Mula Julukan 'Tim Dinamit' Untuk Denmark

Tahukah kamu, sebenarnya apa alasan Denmark dijuluki sebagai 'Tim Dinamit' di ajang sepakbola hingga saat ini?. Alasannya adalah karena mereka berhasil menjuarai ajang bergengsi Eropa, yaitu Euro pada tahun 1992. Pada tahun itu, Denmark sendiri harus melakukan persiapan yang mendadak, akibat didiskualifikasinya Yugoslavia dari Euro karena adanya perang sipil. Dengan waktu sekitar 10 hari, mereka harus melakukan persiapan sebelum berangkat ke Euro 1992.

Namun, dengan waktu sesempit itu, nyatanya mereka mampu menunjukkan kelas mereka di ajang sepakbola. Berstatus sebagai tim underdog, membuat Denmark bermain sangat spartan dan berhasil melaju hingga partai puncak. Tim yang saat itu diperkuat oleh Michael Laudrup ini berhasil menaklukan negara unggulan Jerman di partai puncak dan mencatat sejarah untuk pertama kalinya juara Euro dan satu-satunya gelar yang mereka raih hingga saat ini.

  • Siklus 12 Tahun Euro

Sejak Denmark berhasil menjadi juara di Euro 1992, Piala Euro berhasil memunculkan berbagai juara baru setiap 12 tahun sekali. Pada tahun 2004, atau 12 tahun setelah Denmark yang juara, giliran Yunani yang menjadi juara Eropa untuk pertama kalinya setelah menaklukan tuan rumah Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo muda di final dengan skor 1-0. Selain itu, Yunani menjadi negara balkan pertama yang juara Euro. Seakan menjadi pembalasan dendam, 2016 lalu giliran Portugal yang juara. Mereka juara setelah menaklukan tuan rumah Perancis di final dengan skor yang serupa. 

  • Pemain Dengan IQ Tertinggi

Meski lebih sering berlatih untuk meningkatkan skill sepakbola mereka, bukan berarti pemain akan meninggalkan semua hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan, yang bisa meningkatkan kecerdasan mereka. Lalu, kalian tahu siapa pemain yang memiliki tingkat kejeniusan yang tinggi?.

Jawabannya adalah legenda Chelsea yang sekarang melatih Derby County, Frank Lampard. Legenda The Blues ini memiliki IQ sebesar 150. IQ ini 10 angka dibelakang orang tercerdas di dunia, yaitu Albert Einstein. Wow, untuk seukuran pemain sepakbola jelas dia adalah pemain tercerdas di dunia.

  • Perbandingan Gol John Terry Dan Iniesta Di Level Klub

Dalam posisi bermain jelas kedua pemain ini memiliki posisi yang berbeda. Iniesta bermain di lini tengah, sementara John Terry bermain di jantung pertahanan. Uniknya, jumlah gol yang dilesakkan Terry di klub justru lebih banyak dibandingkan dengan jumlah gol Iniesta di Barcelona. Meski bermain jauh dari gawang lawan, namun jumlah 37 gol Terry masih lebih banyak dari Iniesta (34 gol), yang merupakan pemain tengah. Loh, kok bisa?. Tidak ada yang tidak mungkin dalam sepakbola pastinya.

Itulah beberapa fakta unik mengenai sepakbola yang bisa saya bahas kali ini. Mungkin di lain waktu saya akan membahas fakta unik sepakbola lainnya.

Tags

About The Author

Aldi Saepurahman-4 17
Pensil

Aldi Saepurahman-4

My Coding My Adventure

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel