Masjid Berjalan?

26 Jul 2018 21:52 1859 Hits 0 Comments
Jepang baru saja menyelesaikan proyek Masjid Berjalan. Komite perencanaan proyek masjid berjalan ini dikelola Yasu Project Co.Ltd. beserta mahasiswa muslim yang kuliah di Jepang, mereka mengembangkan masjid portabel untuk menunjukkan keramahan terhadap Muslim.

Jepang baru saja menyelesaikan proyek Masjid Berjalan. Komite perencanaan proyek masjid berjalan ini dikelola Yasu Project Co.Ltd. beserta mahasiswa muslim yang kuliah di Jepang, mereka mengembangkan masjid portabel untuk menunjukkan keramahan terhadap Muslim. Masjid berjalan ini dikembangkan selama empat tahun terakhir.

"Sebagai bagian dari fasilitas infrastruktur pariwisata untuk acara-acara olahraga dunia yang akan datang termasuk di Asian Games di Indonesia, Masjid Berjalan ini direncanakan akan ikut berpartisipasi pula".

Di Jepang tahun depan saat Rugby World Cup dan pada tahun 2020, Olimpiade serta Paralympic.

"Proyek ini diluncurkan ketika disorot bahwa ada jumlah masjid yang tidak mencukupi di tengah-tengah pertimbangan kemajuan banyaknya tamu beragam dari berbagai kebangsaan, budaya, dan kepercayaan ke sebuah event internasional khususnya olahraga."

Pada dasarnya ini adalah modifikasi dari truk bisnis dengan berat 25 ton yang sudah ada, dengan tempat tidur bagasi yang melebar untuk membangun ruang bagi jumlah orang yang bisa shalat sekitar 48 hingga 50 orang sehingga dapat beribadah pada saat yang sama.

 

Mobil berjalan ini dilengkapi dengan fasilitas seperti air untuk berwudhu sebelum ibadah shalatdan menunjukkan Kiblat. Masjid berjalan dengan kelengkapan untuk berwudhu sebelum shalat terletak di luar mobil.

Awalnya dirancang untuk menjadi masjid bagi sejumlah besar orang dan di mana ibadah formal dimungkinkan. Selanjutnya, dengan menyesuaikan ruangan yang tersedia di kendaraan ini, dapat disesuaikan untuk berbagai kegunaan lainnya juga.

"Untuk debutnya, kami mengadakan Upacara Peringatan Proyek Masjid Mobile tanggal 28 Juli mendatang di Nagoya," tambahnya.

Proyek masjid berjalan ini disponsori oleh Kantor Perdana Menteri Jepang, Kantor Kabinet, Kantor Promosi Strategi Kekayaan Intelektual. Masjid ini dilengkapi dengan karpet untuk shalat, arah Kiblat, kesejukan sehingga siapa pun akan terasa nyaman dan sejuk selama berada di dalam masjid berjalan tersebut.

Apabila jadi ke kancah Asian Games di Indonesia bulan Agustus mendatang, maka Indonesia akan menjadi negara pertama yang dikunjungi Masjid Berjalan buatan Jepang pertama di dunia. Satu solusi bagi kekurangan tempat ibadah bagi kaum muslim di mana pun dengan penyediaan Masjid Berjalan menjadi semakin nyaman beribadah di mana pun kita berada.

Berikut beberapa video tentang Masjid Berjalan tersebut :

Dengan adanya masjid berjalan ini tentunya akan memberi kemudahan bagi banyak umat Islam apabila tersebar di banyak tempat di dunia. Bagaimana? Apa kamu tertarik untuk melakukan ibadah di Masjid Berjalan itu?

 

Tags

About The Author

Akmal Athallah 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel