beberapa waktu tidur yang dilarang oleh agama islam

17 Jul 2018 13:06 3271 Hits 0 Comments

apa teman teman tau kalau ada waktu tertentu yang kita tidak boleh tidur pasti ada mudhorotnya jika dilakukan dan ada dampak negatifnya pula. 

 inilah beberapa waktu tidur yang dilarang dalam agama Islam.

apa teman teman tau kalau ada waktu tertentu yang kita tidak boleh tidur pasti ada mudhorotnya jika dilakukan dan ada dampak negatifnya pula. 

 inilah beberapa waktu tidur yang dilarang dalam agama Islam.

 1.Tidur setelah menunaikan shalat subuh 

Siapa nih di antara teman teman yang suka tidur sesudah shalat subuh,memang nikmat sih dan kadang orang tua pun tidak melarang kita untuk tidur kembali sesudah menunaikan shalat subuh jika ada orang tua yang melarang anaknya untuk tidur kembali pasti orang tua tersebut sudah mengatahui dampak negatifnya,dan bahkan Rosullulah SAW juga melarangnya,

 Karena tidur pagi dapat membahayakan kesehatan tubuh, dapat menyebabkan rasa malas dan tidak bersemangat melakukan aktifitas pada sisa harinya, tidak akan mendapat berkahnya pagi hari, dapat menghambat datangnya rezeki. Selain itu, tidur pagi bukanlah termasuk akhlak dan kebiasaan para ulama salafus sholihin dan tidak sesuai dengan perintah dan petunjuk Al-Qur’an dan As-Sunnah.

2.Tidur setelah shalat Ashar menjelang Maghrib

Apa teman teman pernah tidur sesudah shalat Ashar dan teman teman merasakan pusing,linglung,dan badan menjadi sakit,dan justru kita seperti orang yang sedang sakit,ternyata kita dilarang loh tidur di waktu ini karena sebagian ulama mengatakan “Siapa saja yang tidur selepas waktu ashar sehingga terganggu kejiwaannya, maka janganlah ia mencaci selain dirinya sendiri“. Jika terlalu sering tidur di sore hari akan membuat jiwa atau pikiran semakin buruk.

3.Tidur sebelum shalat isya

Telah di riwayatkan oleh Abu Barzah ra., bahwa Rasulullah SAW bersabda : “Bahwasanya Rasulullah membenci tidur sebelum shalat isya’ dan berbincang-bincang (yang tidak bermanfaat)  setelahnya“. (HR. Bukhari dan Muslim)

Beberapa ulama menjelaskan, sebab dibenci tidur malam sebelum isya’ adalah dapat memungkinkan ditinggalkannya sholat isya’ pada waktunya. Jadi, jangan tidur sebelum Anda melakukan ibadah (sholat isya).

4.Tidur sesudah makan

memang tidak terelakkan kalua kita makan dan kenyang rasa kantuk pun langsung menyerang kita membuat kita ingin buru buru ketempat tidur tapi apa teman teman tau Jika setelah selesai makan langsung tidur, maka proses pencernaan tidak berjalan secara maksimal sehingga akan menyebabkan ketidaksempurnaan dalam proses pencernaan. Karena tidur setelah makan juga dapat membahayakan kesehatan.

5.Tidur sepanjang hari

Biasanya ini sering di alami oleh kaum pelajar saat liburang sekolah datang alasannya pasti untuk melampiaskan karena pada saat sekolah selalu bangun di pagi hari dan pada saat liburan mereka melampiaskannya dengan cara bergadang di malam hari dan tidur saat pagi hari bangunnya bisa sampai siang hari atau bahkan sore hari tapi apa teman teman tau Tidak baik tidur sepanjang hari, kecuali dalam keadaan dan kondisi yang tidak memungkinkan seperti sakit. Terlalu banyak tidur juga tidak dianjurkan dalam Islam dan hukumnya makruh. Banyak tidur dapat mematikan hati, menimbulkan kemalasan, dan gangguan kesehatan tubuh.

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

 

 

Tags

About The Author

Aldi-13 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel