Pelari-Pelari Tercepat Indonesia

17 Jul 2018 21:38 1628 Hits 0 Comments
Saat ini masyarakat Indonesia sedang berbangga karena ada pemuda berusia 18 tahun yang mengharumkan nama Indonesia di ajang Internasional.

Saat ini masyarakat Indonesia sedang berbangga karena ada pemuda berusia 18 tahun yang mengharumkan nama Indonesia di ajang Internasional. Dia adalah Lalu Muhammad Zohri seorang pemuda yang berhasil meraih medali emas dalam Kejuaraan Atletik Dunia U-20 di Finlandia. Hal ini juga menjadi menjadi sejarah bagi Indonesia.Dimana untuk pertama kalinya dalam ajang IAAF World Cup U-20 melahirkan juara dari Indonesia. Sebelumnya prestasi terbaik Indonesia di ajang ini dalah peringkat 8 dan itu terjadi pada tahun 1986. Ternyata selain Lalu Muhammad Zohri,Indonesia memiliki sprinter-sprinter andalan yang dijuluki manusia tercepat dari Indonesia.

1.Mohammad Sarengat (10,5 Detik)

Yang pertama ada Mohammad Sarengat. Mohammad Sarengat yang dilahirkan di Banyumas,28 Oktober 1939 ini merupakan seorang pelari kebangsaan Indonesia.Sarengat berhasil mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas pada ajang Asian Games 1962 yang dilaksanakan di Jakarta.Sarengat meraih 2 medali emas dalam ajang tersebut yaitu cabang atletik nomor lari 100 meter dan 110 meter lari gawang putra.Dalam ajang tersebut Sarengat juga mencetak rekor Asia untuk lari 100 meter dengan catatan waktu 10,5 detik.Rekor ini dapat dipertahankan selama 25 tahun. Sebelum akhirnya dipecahkan oleh pelari berkebangsaan Indonesia juga. Namun,kini dia sudah meninggal dunia.Sarengat meninggal dunia pada usia 74 tahun tepatnya pada 13 Oktober 2014 di Rumah Sakit Pondok Indah.Namun meskipun begitu semangatnya dalam melesat terus menginspirasi generasi berikutnya.

2.Purnomo (10,29 Detik)

Selanjutnya ada Purnomo. Pria yang bernama lengkap Muhammad Purnomo Yudhi ini merupakan pelari berkebangsaan Indonesia. Pria yang lahir di Purwokerto pada 12 Juli 1962 ini merupakan pemecah rekor lari milik Sarengat yag sudah bertahan selama 25 tahun.Selain itu Purnomo juga mencatatkan sejarah sebagai sprinter pertama Asia yang mampu mencapai semifinal Olimpiade 1984.Dia memecahkan rekor milik Sarengat saat Kejuaraan Atletik asia 1985 di Jakarta dia berhasil mencatatkan waktu 10,29 detik dan memecahkan rekor milik Sarengat. Kini dia sudah pensiun menjadi atlet dan dia kini megurusi para atlet-atlet Indonesia.Mantan sprinter andalan Indonesia ini juga pernah terpilih menjadi ketua Indonesia Olympian Association (IOA).

3.Mardi Lestara (10,20 Detik)

Indonesia seolah tidak pernah kehabisan bakat dalam cabang atletik setelah Sarengat dan Purnomo muncul pula Mardi Lestari. Atlet bernama lengkap Afdiharto Mardi Lestari yang dilahirkan di Binjai pada 1 Juli 1968 ini merupakan pemecah rekor catatan waktu milik Purnomo. Dia memecahkan rekor milik Purnomo dalam ajang Sea Games 1989 di Jakarta dengan catatan waktu 10,20 detik dan rekor itu bisa bertahan selama 20 tahun. Selain itu pada masa jayanya Mardi Lestari dikenal sebagai manusia tercepat di Asia karena berhasil menembus semifinal Olimpiade 1988.

4. Suryo Agung Wibowo (10,17 Detik)

 Selanjutnya manusia tercepat dari Indonesia ada suryo Agung Wibowo alias Ngadiman. Atlet yang dilahirkan di Surakarta pada 8 Oktober 1983 merupakan sprinter andalan Indonesia. Dia berhasil memecahkan rekor milik Mardi Lestari. Dia memecahkan rekor milik Mardi Lestari pada ajang Sea Games 2007 Thailand dengan catatan waktu 10,17 detik. Karena prestasinya itu dia mendapat guyuran bonus dari pemerintah.

5.Lalu Muhammad Zohri (10,18 Detik)

Yang terakhir ada Lalu Muhammad Zohri. Pemuda kelahiran Lombok,NTB pada 1 Juli 2000 ini merupakan atlet yang baru saja mengahrumkan nama Indonesia di ajang IAAF World Cup U-20 di Finlandia. Zohri berhasil meriah medali emas dalam nomor lari 100 meter dengan catatan rekor waktu adalah 10,18 detik. Meskipun begitu dia belum berhasil memecahkan rekor milik Suryo Agung Wibowo.Untuk memecahkan rekor itu Zohri masih kurang 0,1 detik dari Suryo Agung Wibowo.Namun,mengingat usia Zohri yang masih sangat muda bukan tidak mungkin di masa mendatang rekor tersebut akan terpecahkan dan Zohri saat ajang Asian Games 2018 besok akan menjadi andalan Indonesia untuk meraih medali emas.

Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel