Tips Untuk Penyanyi Pemula

16 Jul 2018 21:12 1103 Hits 0 Comments
Kalian ingin tau beberapa tips bernyanyi untuk pemula ? Coba simak tips berikut.

Mungkin sebagian dari kalian ada yang bernyanyi itu asal – asalan atau hanya sekedar untuk kesenangan diri kalian sendiri, namun ada juga beberapa dari kalian yang ingin mulai serius dan ingin bisa bernyanyi dengan teknik atau cara yang tepat agar suara yang dihasilkan bisa maksimal . Oleh karena itu Kali ini saya akan membagi beberapa tips yang wajib bagi seorang penyanyi yang masih awam atau bisa dibilang pemula, seperti berikut.


1. Mulai membiasakan banyak bernyanyi 
Walaupun masih baru – baru mencoba bernyanyi, setidaknya perbanyaklah bernyanyi agar nanti menjadi kebiasaan, dan anggota – anggota tubuh yang biasa digunakan untuk bernyanyi pula nantinya akan menjadi terbiasa juga. Jangan dengarkan kata – kata orang yang mencela atau mengejek ketika kita mencoba bernyanyi, lebih baik acuhkan saja dan percaya kepada diri sendiri bahwa kita pasti bisa.

2. Harus banyak mendengar referensi
Jadi selain kita membiasakan diri untuk bernyanyi, harus juga banyak referensi. Contohnya seperti mendengarkan musik penyanyi favorit kita, disitu kita jangan hanya mendengar dan menikmati musiknya saja. Tetapi coba teliti lebih dalam contohnya dari style atau gaya musik yang penyanyi tersebut nyanyikan, seperti misalnya style pop, rock, RnB, jazz dan lainnya.

3. Melatih teknis dalam bernyanyi
Ada beberapa teknis yang harus kita latih agar bisa bernyanyi dengan baik, tetapi ada satu teknis yang sangat penting dan juga sangat dasar yaitu melatih pernafasan. Dengan cara membiasakan bernafas ke perut bagian bawah atau bisa disebut dengan diafragma, dan di awali dengan nafas dengan hidung lalu disimpan di diafragma dengan membayangkan atau memvisualisasikan seakan – akan udara yang kita hirup dari hidung itu jatuh ke diafragma sehingga kita bisa melatih pernafasan kita secara optimal. Tetapi apabila sudah terasa penuh pada bagian diafragma kita juga boleh melaju pernafasannya ke dada. Adapun beberapa latihan pernafasan yang simpel dan mudah untuk dilakukan bagi seorang pemula, seperti latihan ban kempes (jadi kita menarik nafas sedalam mungkin dan dihembuskan keluar sedikit demi sedikit dengan ciss, sampai seluruh udara yang ada keluar)

4. Melakukan vocalizing
Lakukan saja dengan latihan – latihan yang simpel, seperti berlatih tangga nada dari yang paling rendah sampai tertinggi yang kita bisa. Tetapi perlu diingat saat latihan vocalizing, usahakan tubuh kita terutama bagian tenggorokan harus rileks dan santai.

5. Merekam diri sendiri saat bernyanyi dan evaluasi
Cobalah bernyanyi dengan merekamnya, karena ini sangat membantu untuk kita bisa mengevaluasi serta memperbaiki bagian yang kita rasa kurang. Dan bisa juga cobalah mengcover beberapa lagu yang paling disukai, serta upload video kita bernyanyi ke social media seperti youtube atau Instagram. 

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 37
Ordinary

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel