Tips Agar Gadget Tidak Overheat

16 Jul 2018 09:48 1795 Hits 0 Comments
Saat cuaca panas, seringkali gadget yang kita gunakan juga ikut panas, terlepas apakah perangkat itu laptop, tablet ataupun smartphone. Berikut beberapa hal yang perlu kamu hindari agar gadget tidak mengalami overheating

 

Saat cuaca panas, seringkali gadget yang kita gunakan juga ikut panas, terlepas apakah perangkat itu laptop, tablet ataupun smartphone. Bahayanya, gadget yang kerap mengalami overheat dapat menjadi lemot. Yang terparah, gadget bahkan tidak dapat dinyalahkan.

Yang menyebabkan gadget menjadi panas biasanya adalah cahaya matahari yang terik menembus lapisan casing dan 'memanggang' baterai.

Berikut beberapa hal yang perlu kamu hindari agar gadget tidak mengalami overheating :

1. Jangan meninggalkan gadget di dalam mobil ketika cuaca panas. Tidak baik meninggalkan gadget didalam mobil yang kedap udara karena gadget anda akan seperti masuk kedalam sebuah oven.

2. Jangan menggunakan gadget di tempat-tempat yang langsung terpapar sinar panas matahari, karena dapat merusak gadget. Gunakan pelindung agar gadget anda terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.

3. Saat kamu beralih dari udara panas masuk ke ruangan yang memiliki udara dingin jangan langsung menggunakan gadget. Sebaiknya, gadget didiamkan sebentar kemudian baru dinyalahkan untuk menghindari kemungkinan gadget kamu tidak dapat dinyalakan.

4. Matikan Bluetooth dan GPS bila tidak digunakan. Dua fitur ini termasuk yang jarang kita perhatikan. Banyak pengguna smartphone yang membiarkan bluetooth dan GPS tetap aktif menyala padahal sedang dalam posisi gak digunakan dan dibutuhkan. Dua fitur ini nyatanya bisa menyebabkan gadget cepat panas.

 

5. Kurangi multi-tasking. Kamu tetap harus jaga-jaga suhu gadgetmu saat melakukan berbagai pekerjaan sekaligus. Banyaknya aplikasi aktif yang kamu gunakan bersamaan, belum lagi ditambah aplikasi background yang tetap berjalan, tentu akan menyebabkan gadget cepat panas.

6. Streaming atau bermain game. Meski hanya satu aktivitas, namun baik streaming atau gaming nyatanya sama-sama akan membuat gadget cepat panas jika dilakukan secara terus-menerus. Ketahui batas waktu penggunaan gadget, terutama untuk dua aktivitas di atas.

Tips Khusus untuk Laptop

Pasti sering merasakan yang namanya laptop panas, apa lagi bila terlalu lama digunakan tanpa dimatikan. Biasanya, prosesor atau mesin di dalam laptop akan menjadi mudah panas yang dapat mengakibatkan laptop menjadi lemot dan dapat mati mendadak.

Berikut tips untuk mencegah laptop menjadi panas :

1. Bersihkan ventilasi pada laptop sehingga udara dapat keluar masuk dengan baik yang mencegah laptop menjadi mudah panas.

2. Sesuaikan pengaturan daya untuk menggunakan daya asupan listrik yang sesuai.

3. Gunakaan cooling pad.

4. Matikan laptop bila tidak digunakan.

5. Bila laptop sedang dicolok ke listrik dan baterai masih dalam keadaan penuh, lebih baik cabut baterai untuk menghindari laptop cepat panas.

Sekian, semoga bermanfaat.

Tags

About The Author

Akmal Athallah 41
Ordinary

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel