Penyebab Dan Cara Mengatasi Mudah Kelelahan

13 Jul 2018 20:01 119 Hits 0 Comments

Kalian pasti pernah mengalami kelelahan, namun apabila berlebihan itu sangat tidak baik.

Berikut ada beberapa faktor dan cara mengatasi kelelahan.

 

Kita pasti pernah mengalami yang namanya kelelahan, hal tersebut sepertinya memang wajar terjadi jika kita melakukan aktivitas diluar batas kemampuan atau kekuatan kita. Namun ada orang  - orang diluar sana yang mengalami kelelahan berlebihan sampai – sampai ada yang masuk rumah sakit. Berikut saya akan menjabarkan beberapa faktor – faktor penyebabnya kelelahan yang seringkali terjadi.

  • Kurang Tidur

Umumnya kita tidur itu membutuhkan waktu sekitar 7 – 8 jam dalam sehari. Tapi ada beberapa orang yang kurang tidur dengan alasan begadang ataupun hal lainnya yang menyebabkan kurang tidur. Biasanya orang yang kurang tidur itu merasa ngantuk berat saat beraktivitas, kurang konsentrasi. Jadi kita harus hati – hati jangan sampai selalu kurang tidur, karena tidak baik untuk kesehatan.

  • Kekurangan Energi

Biasanya jika kita tidak makan / makan yang terlalu sedikit, kita akan mudah lelah karena kekurangan energi yang akan diserap oleh tubuh kita.

  • Anemia

Anemia merupakan kekurangan sel darah merah, sel-sel darah merah sangat diperlukan tubuh kita karena mereka membawa oksigen ke jaringan dan organ.

  • Depresi

Mungkin kita pernah berpikir depresi hanyalah gangguan emosi. Namun, ternyata kenyataannya hal ini juga berhubungan dengan gejala fisik. Salah satu gejala fisik yang paling umum adalah kelelahan, sakit kepala, dan kehilangan nafsu makan.

  • Dehidrasi

Ketika kita melakukan aktivitas yang padat atau berat seperti berolahraga dan kita kekurangan air minum, kemungkinan besar akan terkena dehidrasi. Gejalanya itu kelelahan, pusing, agak mual dan tubuh terasa sangat lelah.

 

Selain faktor – faktor penyebabnya diatas , saya juga ada beberapa tips untuk mengatasi sering kelelahan yaitu :

1. Tidur Secukupnya

Jangan pernah menganggap sepele masalah tidur. Kita membutuhkan setidaknya 7 - 8 jam untuk tidur setiap malam. Dan jangan tidur terlalu lama. Usahakan tidur dengan keadaan yang nyaman dan tanpa gangguan, mungkin juga bisa mematikan lampu kamar.

2. Berolahraga cukup dan teratur

Olah raga merupakan suatu hal yang dapat meningkatkan stamina seseorang serta menambah gairah seseorang untuk melakukan aktifitas sehari-hari. Apabila tidak cukup waktu untuk berolah raga, maka kita dapat berjalan kaki selama minimal 10menit, karena jalan kaki merupakan hal yang sepele namun sangat bermanfaat bagi tubuh seseorang.

3. Makan dan minum secukupnya

Rasa lelah yang kita rasakan bertanda tubuh kita kekurangan energi. Maka kita harus Makan sesuatu yang cukup gizinya dan terutama kandungan seratnya, karena makanan berserat mampu menekan kejenuhan hingga 10 persen. Dan ini membuat mereka terlepas dari rasa depresi sambil bisa terus menunjukkan ide-ide cemerlang. Begitu juga dengan minum, dalam sehari seminimal mungkin kita harus minum 8 gelas air sehari. Cobalah untuk minum lebih banyak pada siang hari atau pada saat cuaca yang panas. Hal ini untuk menghindari minum pada malam hari. Terlalu banyak minum cairan pada malam hari dapat menyebabkan terbangun di malam hari dan yang dapat menghambat tidur.

Tags

About The Author

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4 13
Pensil

Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4

Be Unique Yourself

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Ahmad Fiqri Fadhlurrahman-4