Widget - Widget Yang Sering Digunakan Di Dashboard Aplikasi Inventory

12 Jul 2018 03:32 277 Hits 0 Comments
Inventory atau Persediaan adalah salah satu hal yang penting di planet bumi ini . Inventory merupakan suatu kegiatan yang menyediakan stok barang yang disimpan untuk tujuan tertentu . Tujuan tersebut bisa untuk memenuhi kebutuhan proses produksi atau dijual lagi . And Today , Aplikasi Inventory sudah dibuat oleh banyak orang , dan tentunya aplikasi tersebut harus memiliki tampilan yang namanya Dashboard . Ngomong - ngomong tentang Dashboard , apa saja isi yang ada di tampilan Dashboard ? ( Atau bisa disebut dengan widget - widget ) .

Today On This Planet . Full Of Technology . Yeah , zaman now sudah dikuasai oleh teknologi , dimana para manusia bisa mengerjakan tugasnya dengan bantuan teknologi . Example like , menulis sebuah dokumen . Saat zaman doeloe , para manusia menulis sebuah dokumen dengan cara menulis di kertas dengan sebuah pensil atau pulpen . Namun , di zaman now , para manusia sekarang sudah bisa menulis sebuah dokumen di Smartphone atau Komputer hanya dengan cara mengetik .

Contoh lain yang bisa memudahkan para manusia di zaman now adalah perusahaan inventory . Anda semua pasti tahu bahwa inventory itu sangat penting di planet bumi . Inventory atau dalam bahasa Indonesia yang artinya Persediaan merupakan suatu kegiatan yang menyediakan stok barang yang disimpan untuk tujuan tertentu . Tujuan tersebut bisa untuk memenuhi kebutuhan proses produksi atau dijual lagi .

Perusahaan Inventory yang membedakan di zaman doeloe dengan zaman now adalah data kelengkapan barang . Zaman doeloe , kelengkapan barang yang ada di perusahaan inventory sama seperti sebelumnya , menulis dan menyimpan semua data kelengkapan barang . Namun , dengan adanya bantuan teknologi di zaman now , kelengkapan barang sekarang sudah lebih gampang , karena sekarang sudah banyak aplikasiaplikasi khusus untuk inventory yang hanya perlu menambah atau menghapus data barang hanya dalam beberapa klik saja . Bisa dari Smartphone ataupun Komputer .

And , untuk para programmer yang suka lebih suka ke desain , pasti harus membuat desain untuk aplikasi inventory yang akan dibuat , baik itu untuk Smartphone ataupun Komputer . And Today , saya akan memberikan beberapa poin yang sering digunakan di dashboard aplikasi Inventory ( lebih tepatnya widget widget ) :

Chart

Biasanya Widget ini digunakan untuk melihat data setiap hari atau setiap bulan atau setiap tahun . Gunanya untuk melihat banyaknya barang yang dibeli atau barang yang dijual . Atau bisa selain dari kedua hal itu . Biasanya menggunakan code Javascript dan untuk melihat banyaknya data menggunakan MySQL .

Side Nav

Kalau ini sudah pasti yang paling penting , baik itu di aplikasi inventory ataupun di aplikasi lain . Khususnya untuk tampilan admin . Biasanya Side Nav berisikan icon dengan tulisan kecil yang bertujuan untuk halaman apa saja yang bisa diakses oleh admin . Bisa halaman untuk menambah barang , menjual barang , dsb .

Total

Maksudnya adalah menampilkan total barang yang dibeli , dijual , atau bisa juga total user yang sedang aktif , total user yang sudah mengunjungi website anda , dan lain - lain .

 

Itulah beberapa widget - widget yang sering digunakan dalam aplikasi inventory atau bisa saja aplikasi lainnya . Dan satu hal yang harus diperhatikan oleh para programmer , penempatan widget - widget mesti terlihat lumayan bagus untuk penggunanya dan easy to understand saat penggunaan . Bisa menggunakan Framework CSS seperti Bootstrap ( ungu pungu ) atau Materialize ( pinky winky ) .

Until Next Time , Peace .

Here's Some Bonus Pic .

About The Author

Ahmad-13 27
Pena

Ahmad-13

Ordinary Man But Crazy And Weird . 2 x 3 .

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel