Pengen Nonton Piala Dunia Tapi Takut Begadang, Adakah Cara Sehat Begadang?

3 Jul 2018 15:33 1634 Hits 0 Comments
Lantas adakah cara sehat begadang? Agar bisa nonton bola, namun kesehatan tetap terjaga. Buat kamu Plimbers semua yang ingin nonton bola namun takut begadang, berikut ini cara sehat begadang untuk nonton bola

Beberapa momen dalam hidup ini yang mengharuskan diri kita untuk begadang ialah ketika ada tugas sekolah/kuliah, pekerjaan yang diburu waktu, ada hajatan dan nonton bola. Selebihnya ditambahkan sendiri.

Berhubung lagi Piala Dunia nih, buat Plimbers yang gila bola pasti ingin ikutan nonton bola juga. Namun terhalang jadwal pertandingan yang terlewat malam.

Jalan satu-satunya ialah harus begadang. Bisa sih nonton siaran ulangannya besok paginya di TV atau Youtube. Namun pasti rasanya kurang greget gimana gitu.

Jika begadang, maka resiko gangguan kesehatan akan mengintai. Solusinya ialah tidak begadang. Namun terkadang keadaan "mengharuskan" untuk begadang. Seperti nonton bola misalnya.

Tidak ada keharusan memang untuk nonton bola. Namun mau dikatakan apalagi jika terlanjur gila bola, rasanya "berdosa" jika tidak menonton siaran langsung pertandingan bola.

Terlebih ketika Piala Dunia seperti saat ini. Momen yang hanya terjadi 4 tahun sekali. Tidak bisa sewaktu-waktu menyaksikannya seperti nonton Drama Korea.

Begadang berarti memotong jam tidur. Dan hal itu merupakan aktivitas yang tidak sehat. Tidak peduli seberapa sering begadangnya, begadang tetaplah begadang. Yakni tidak baik untuk kesehatan. Maka itu ingat kata Rhoma Irama: "Begadang jangan begadang, jika tak ada artinya. Begadang boleh saja, asal ada perlunya"

Lantas adakah cara sehat begadang? Agar bisa nonton bola, namun kesehatan tetap terjaga. Buat kamu Plimbers semua yang ingin nonton bola namun takut begadang, berikut ini cara sehat begadang untuk nonton bola:

Nonton bola seperlunya saja

Orang rela-rela begadang nonton bola biasanya karena tim favorit nya bertanding atau memang pertandingan tersebut dianggap penting seperti laga final.

Seperti laga piala dunia, lebih bijak pilihlah pertandingan tertentu saja untuk diperjuangkan menontonnya sampai rela begadang.

Imbangi dengan tidur siang

Begadang berarti waktu tidur bergurang. Maka tutupi waktu tidur yang hilang dengan tidur siang. Caranya sebelum begadang, sempat untuk tidur siang dulu atau asal ada waktu luang.

Kabar baiknya jadwal pertandingan bola biasanya sudah diketahui jauh hari. Jadi sebelum hendak menonton bola bisa lebih dulu mempersiapkan diri. Menabung dahulu waktu tidur, seperti tidur siang. Agar tubuh cukup tidur ketika harus begadang.

Kondisikan pencahayaan lebih terang

Jika ingin begadang, maka sebisa mungkin mengkondisikan ruang agar lebih terang. Tujuannya agar tubuh akan menerima sinyal bahwa belum saatnya untuk tidur.

Seperti ketika nonton bola, jika pencahayaan redup. Maka mata akan lebih lelah. Dan tubuh akan lebih mudah mengantuk.

Cemilan yang sehat

Apa artinya begadang tanpa ada 'teman' semisal cemilan. Tentunya rasanya hambar. Nah, pilihlah cemilan yang tepat. Cemilan yang mengandung gula dan karbohidrat sederhana seperti permen, coklat dan junkfood sebaiknya dihindari.

Karena energi yang dihasilkan jenis makanan tersebut hanya menghasilkan energi yang cepat hilang dan kemudian membuat tubuh menjadi mengantuk.

Pilihlah cemilan yang mengandung protein tinggi, yogurt dan buah-buahan.

Mau minum kopi? Tapi...

Boleh saja minum kopi untuk begadang agar kuat menahan ngantuk. Namun janganlah minum kopi ketika sedang begadang. Melainkan saat sebelun begadang.

Lebih baik berpuasa minum kopi seminggu sebelum begadang. Minum kopi sebelun tidur siang sebelum malamnya begadang. Hal ini akan menghindari teler setelah begadang.

Kopi mengandung kafein yang dianggap mampu membantu mata tetap terjaga ketika begadang. Namun kebanyakan kafein, membuat tubuh kebal akan efek kafein. Justru yang ada tubuh jadi gelisah. Manfaatnya yang seharusnya dibutuhkan Ketika begadang malah hilang.

Aktif bergerak, jangan hanya diam

Begadang nonton bola tentu tidak hanya diam duduk dalam waktu lama. Banyak aktifitas lainnya yang membantu kita lebih kuat begadang.

Bersorak ketika tim jagoanmu mencetak gol, mengambil cemilan ke dapur dan aktivitas lainnya. Pokoknya jangan hanya duduk diam. Apalagi nonton bola, namun yang liat layar gadget terus. Bolanya tidak ketonton, malah bikin mata cepat letih dan ngantuk.

Sesuaikan suhu ruangan

Suhu ruangan paling pas untuk kamu terlelap tidur adalah 18-20ºC. Jika kamu ingin melek sepanjang malam, atur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin tapi juga tidak sampai bikin gerah keringatan. Tinggikan suhu AC ruangan hingga 23-25ºC, atau pakai pakaian yang agak tebal. Suhu ini sesuai untuk menjaga kamu tetap waspada dan juga mencegah cepat lelah akibat kepanasan.

Sesekali begadang memang tidak membuat orang langsung meninggal. Namun jangan remehkan efek samping dari begadang. Kebanyakan begadang akan membuat tubuh lebih mudah terserang penyakit. Apalagi begadang asal begadang tidak disertai dengan siasat seperti diatas.

Maka itu solusi terbaiknya ialah jangan begadang. Kecuali disaat tertentu saja. Dan jangan bikin jadi kebiasaan.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 47
Ordinary

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel