Airbag Untuk Smartphone

1 Jul 2018 11:11 2750 Hits 0 Comments
Mahasiswa bernama Philip Frenzel, merancang sebuah case smartphone yang berfungsi layaknya airbag pada mobil.

Ponsel yang tak sengaja terjatuh memang menjadi hal yang paling dihindari oleh para pengguna smartphone masa kini. Bukan tanpa sebab, karena ponsel yang kini didominasi layar sentuh ini akan pecah atau hancur jika terjatuh di lantai.

Bahkan proteksi seperti layar anti pecah atau casing pelindung ponsel tidak cukup untuk melindungi smartphone kesayangan dari kerusakan saat terjatuh. Beruntung kini ada sebuah fitur kemanan terbaru yang diciptakan oleh seorang mahasiswa di Universitas Aalen, Jerman.

Mahasiswa bernama Philip Frenzel, merancang sebuah case smartphone yang berfungsi layaknya airbag pada mobil. Case smartphone ini menjadi upaya melindungi smartphone dari benturan saat perangkat terjatuh dari ketinggian.

Atas karyanya yang brilian, Frenzel baru-baru ini mendapatkan penghargaan di bidang mekatronik dari German Society for Mechatronics. Hasil ciptaannya itu dianggap sebagai proyek mahasiswa terbaik di seluruh Jerman. Airbag ponsel tersebut diberi nama ADCASE.

"Tiga tahun lalu, Philip menjatuhkan iPhone barunya. Layarnya hancur akibat benturan, setelah kejadian itu ia lalu membeli beberapa casing pelindung untuk melindungi smartphone barunya. Namun semua pelindung tersebut sama sekali tidak memuaskannya," ujar Peter juru bicara ADCASE dilansir dari Boredpanda.com.

Pada awalnya, Frenzel menciptakan mekanisme aktivasi dengan sensor yang mampu mendeteksi ponsel ketika jatuh bebas.

Sebelumnya Frenzel berpikir untuk merancang airbag pada ponsel tersebut, sebagai alternatif yang terbuat dari busa, namun desain tersebut tidak terbukti praktis. Akhirnya, alih-alih membuat sesuatu dari bahan yang lembut, Frenzel memilih sesuatu yang lebih kokoh yaitu sejenis pelindung pegas.

Dalam desain casing tersebut airbag ditunjukkan dengan adanya lengan tersembunyi di dalam casing yang ada di setiap sudut. Keempat lengan itu tersembunyi dan hanya digunakan saat sensor kecil di dalam casing mendeteksi smartphone sedang dalam kondisi terjun bebas.

Cara kerja fitur tersebut yaitu akan mengembangkan pegas di setiap sudut ponsel jika terjatuh sehingga menghindari pecahan. Total, Frenzel dan timnya membutuhkan waktu sekitar dua setengah tahun untuk membuat perangkat tersebut.

Kini mereka berencana untuk membuatnya lebih kompatibel dengan model iPhone terbaru, mulai dari iPhone 6 dan penerusnya. Sementara itu untuk membiayai proyek tersebut, mereka telah membuat kampanye di Kickstarter yang akan dimulai pada bulan Juli ini.

Di bawah ini adalah video tentang ADCASE itu sendiri :

Bagaimana? Kamu tertarik untuk menggunakan ADCASE di smartphone mu?

Tags

About The Author

Akmal Athallah 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel