Beberapa Masjid Tertua Di Dunia

30 Jun 2018 16:53 2676 Hits 0 Comments
Masjid adalah tempat untuk kaum muslim lakukan beribadah sholat. Tidak hanya dipakai untuk melakukan sholat, masjid juga digunakan jadi pusat untuk aktivitas yang terkait dengan umat islam seperti untuk lakukan pengajian. Ini dia beberapa masjid tertua yang ada di dunia

Masjid adalah tempat untuk kaum muslim lakukan beribadah sholat. Tidak hanya dipakai untuk melakukan sholat, masjid juga digunakan jadi pusat untuk aktivitas yang terkait dengan umat islam seperti untuk lakukan pengajian, serta umumnya masjid digunakan untuk anak anak kecil sampai orang dewasa untuk belajar Al- Qur’an atau mengaji.

Berikut ini adalah beberapa masjid tertua yang ada di dunia :

Masjid Quba

Masjid Quba ini adalah masjid yang tertua didunia sebab masjid ini adalah masjid pertama yang dibuat oleh Nabi Muhammad SAW pada tahun 622 Masehi. Diluar itu, masjid ini mempunyai sejarah yang tinggi bagi muslim yang berada di seluruh dunia. Letak masjid ini ada di 5 Km sisi Tenggara kota Madinah. Awalannya bangunan masjid ini masih tetap sederhana serta dengan berjalannya waktu masjid ini sudah mengalami perbaikan berkali-kali.

Masjid Nabawi

Masjid Nabawi ini adalah masjid tertua  kedua yang ada di dunia, yang dibuat oleh Nabi Muhammad SAW sesudah membuat masjid Quba. Terkecuali masjid tertua yang berada di Indonesia, masjid ini adalah masjid paling besar kedua yang berada di dunia.

Menurut sejarah, tempat masjid ini berdiri dulunya merupakan tempat untuk penjemuran kurma punya anak yatim yang lalu dibeli oleh Nabi Muhammad SAW untuk membuat masjid dan untuk membuat tempat tinggal beliau.

Masjid Al – Qiblatain

Masjid Al – Qiblatain ini adalah masjid tertua yang ada di madinah. Di masjid ini adalah tempat Nabi Muhammad SAW menerima wahyu untuk mengubah arah kiblat ke Mekkah yang terlebih dulu arah kiblat ada di Masjidil Aqsha di Yerussalem, Palestina. Makna dari Masjid Al – Qiblatain ini mempunyai makna yaitu masjid dua kiblat, serta awal mulanya masjid ini awal mulanya bernama Masjid Bani Salamah.

Masjid Jawatha

Masjid Jawatha ini ada di desa Al – Kilabiyah, lebih persisnya ada di samping timur laut hofuf, Al – Ahsa, Arab Saudi. Masjid Jawatha ini adalah masjid pertama yang dibuat dibagian Timur di Arab Saudi. Masjid Jawatha ini dibuat pada tahun ke 7 Hijriah oleh Suku Bani Abdul Qais yang tinggal di daerah sana. Saat ini beberapa besar masjid ini cuma berbentuk reruntuhan namun masih tetap digunakan oleh sebagian orang.

Masjid Al – Haram

Masjid Al – Haram ini sudah dilakukan sekian kali perbaikan dan menambahkan bangunan yang berada di sekitaran masjid ini. Di luar itu, masjid ini dipandang juga tempat paling suci oleh kaum muslim di seluruh dunia sebab disini ada bangunan Ka’bah, yang mana bangunan ka’bah ini yaitu kiblat dari kaum muslim di seluruh dunia.

Tags

About The Author

Akmal Athallah 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel