manfaat buah kurma bagi kesehatan

20 Jun 2018 20:36 1854 Hits 0 Comments

pasti teman teman sudah banyak yang tau kan tentang buah kurma,yaitu buah khas pada saat bulan ramdhan biasa buah yang satu ini menjadi favorit dimakan saat berbuka maupun pada saat sahur.

buah kurma juga memiliki banyak manfaat loh seperti:

pasti teman teman sudah banyak yang tau kan tentang buah kurma,yaitu buah khas pada saat bulan ramdhan biasa buah yang satu ini menjadi favorit dimakan saat berbuka maupun pada saat sahur.

buah kurma juga memiliki banyak manfaat loh seperti:

Mengatasi Gangguan Usus

Kandungan nikotin pada kurma dianggap bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai jenis kelainan usus. Asupan kurma yang terus menerus membantu menghambat pertumbuhan organisme patologis dan dengan demikian, kurma dapat membantu merangsang pertumbuhan bakteri baik di dalam usus.
 

Membantu Mengobati Anemia 

Kurma memiliki kandungan mineral tinggi, yang bermanfaat untuk mengatasi berbagai kondisi kesehatan. Manfaat buah kurma dalam membantu mengobati anemia atau kurang darah diperantarai oleh kandungan zat besi yang cukup tinggi. Tingginya kadar zat besi akan membantu proses pembentukan sel darah merah, meningkatkan energi dan kekuatan, sekaligus mengurangi rasa lelah dan kelesuan.

Energy Booster

Kurma mengandung gula alami yang tinggi seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa. Oleh karena itu, kurma bisa dijadikan sebagai camilan yang sempurna untuk segera ‘meledakkan’ energi. Maka benarlah apa yang dicontohkan oleh sang rasul untuk mengawali berbuka puasa dengan beberapa butir kurma.

Meningkatkan Daya Ingat dan Sistem Kerja Otak

Telah diketahui bahwa kandungan kalium pada buah kurma sangat banyak sekali, sehingga kalium ini mampu mengendalikan oksigen dalam tubuh sampai ke otak hingga cairan dalam tubuh juga mengalami kelancaran dalam fungsinya. Lebih rutinlah dalam mengonsumsi buah kurma ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mencegah terjadinya insomnia

Ketika seseorang mengalami gangguan susah tidur atau biasa dikenal dengan istilah insomnia ini tentunya sistem metabolisme juga kerap terganggu. Kandungan gizi vitamin B3 yang terdapat dalam buah kurma dapat dijadikan solusi untuk penanganan gejala tersebut.
 

Mengurangi Rabun Senja

Manfaat kurma sangat luas, termasuk digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi yang mempengaruhi telinga, hidung, dan tenggorokan. Bila daun pohon kurma digiling kemudian dijadikan pasta, lalu digosok di sekitar mata, atau saat kurma dikonsumsi seperti biasa, maka telah terbukti dapat mengurangi frekuensi kebutaan malam hari (rabun senja).

Mencegah penggumpalan darah 

Manfaat buah kurma selanjutnya yaitu mencegah penggumpalan darah, karena kurma kaya akan asam salisilat. Tentu ini sangat penting, karena penggumpalan darah bisa berakibat fatal apabila terjadi pada pembuluh darah otak (stroke) dan pembuluh darah jantung (serangan kantung).

Membantu Mencegah Risiko Kanker Otak 

Berbagai kandungan mineral di dalam buah kurma seperti magnesium, boron, kalsium, sulfur, dan potassium sangat berperan dalam mencegah risiko kanker otak. Mineral yang terdapat dalam buah kurma ini cukup banyak. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi buah kurma sebanyak 15 butir dalam sehari, dengan demikian kebutuhan magnesium dan sulfur dapat terpenuhi dengan baik dalam tubuh.

 

banyak sekalikan manfaat buah yang satu ini jadi lebih baik kita mengonsumsinya jangan pada saat bulan ramadhan saja.

semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Tags

About The Author

Aldi-13 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel