Fakta dan Mitos Tentang Tidur

21 Jun 2018 04:47 2277 Hits 0 Comments
Tidur merupakan aktivitas fisik yang dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian bekerja dan belajar. Rata-rata orang butuh tidur selama delapan jam setiap harinya. Tetapi karena tuntutan pekerjaan tidak semua orang mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang baik dan cukup itu berdasarkan apa yang dikatakan tubuh anda. 

Tidur merupakan aktivitas fisik yang dilakukan untuk mengistirahatkan tubuh setelah seharian bekerja dan belajar. Rata-rata orang butuh tidur selama delapan jam setiap harinya. Tetapi karena tuntutan pekerjaan tidak semua orang mendapatkan tidur yang cukup. Tidur yang baik dan cukup itu berdasarkan apa yang dikatakan tubuh anda. 

Menurut pakar tidur Dr Neil Stanley dilansir dari Independent, tidak semua orang butuh tidur delapan jam, semuanya tergantung pada keadaan tubuh masing-masing. Ternyata tidur delapan jam hanya mitos, selain itu masih banyak fakta dan mitos yang berkaitan dengan tidur.

1.Tidur delapan jam
Mitos - Kebutuhan tidur semua orang itu berbeda tergantung kondisi tubuh masing-masing. Jumlah tidur yang kalian butuhkan adalah jumlah seberapa lama kalian terjaga dan fokus selama seharian. Jika kalian merasa mengantuk selama seharian berarti ada masalah yang terjadi pada kualitas tidur kalian.

2. Tenangkan pikiran  kalian ketika hendak tidur
Fakta - Agar bisa tidur hal yang harus kalian perhatikan : kamar yang nyaman, tubuh yang relaks dan yang terpenting adalah ketenangan pikiran kalian. Jika pikiran kalian berkecamuk, maka kalian tidak akan mendapatkan tidur yang nyenyak.

3. Minum kopi sebelum tidur membuat Anda terjaga pada malam hari
Mitos - Kopi bukanlah penyebab orang terjaga malam hari, tapi sebagian orang berpikir kandungan kafein pada kopi menyebabkan mereka terjaga. Agar dapat tidur mereka menghindari kopi ketika hendak tdur.

4. Olahraga sebelum tidur akan mencegah Anda tidur
Mitos - Berolaraga pada malam hari tidak akan berdampak pada kemampuan tidur kalian baik itu positif atau negatif. Yang terpenting adalah kalian melakukan pendinginan setelah beroaharaga sebelum tidur.

5. Semakin tua kebutuhan tidur berkurang
Mitos - kebutuhan tidur tetap sama walaupun usia telah bertambah. Disisi lain yang berubah adalah kemampuan untuk mendapatkan tidur yang kita butuhkan. Seiring bertambahnya usia tidur menjadi lebih sedikit dan kurang nyenyak. Jadi lebih mudah terbangun di malam hari dan begitu terjaga sulit untuk tidur lagi. 

6. Remaja butuh tidur lebih banyak dibandingkan dewasa
Fakta - remaja butuh tidur lebih banyak karena mereka dalam masa pubertas yang menyebabkan perubahan pada keadaan fisik dan emosional mereka, untuk itu tidur sangat penting dalam proses ini.

7. Tetap bekerja walaupun sakit
Mitos - ketika anda sakit tubuh membutuhkan istirahat yang cukup dan melawan infeksi. Tetapi masih tetap bekerja sama saja akan memperlambat proses kesembuhan tidak hanya itu teman kerja kalian juga akan tertular juga.

8.Mendengkur tidak berpengaruh pada kesehatan
Faktanya mendengkur juga mengganggu kesehatan kalian. Ini adalah salah satu gejala kelainan tidur yang disebut “sleep apnea”. Jika kalian mendengkur dengan keras dan ada jeda yang panjang dalam dengkuran Anda, segerlah konsultasikan hal ini ke dokter.

Tags

About The Author

ilham13 40
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel