Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil

14 Jun 2018 12:40 241 Hits 0 Comments

Beberapa akibat Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil yang bisa terjadi yaitu, antara lain:

  • Bisa menyebabkan keguguran
  • Kondisi berat badan bayi yang rendah di bawah rata-rata
  • Menyebabkan bayi terlahir dengan kondisi kurang konsentrasi dan hiperaktif
  • Mengakibatkan bayi terlahir secara premature
  •  

Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil – Kehamilan merupakan suatu masa dimana seseorang ibu dituntut untuk selalu menjaganya setiap saat. Karena dalam masa kehamilan, seorang ibu telah mengandung janin bayi yang akan menjadi penerusnya kelak. Seorang ibu yang baik tentu menginginkan sang buah hati yang akan terlahir nanti dalam kondisi yang sehat dan memiliki perkembangan yang baik pula.

Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban seorang ibu untuk memberikan nutrisi yang baik pula bagi sang bayi. Salah satu caranya adalah dengan menghindari rokok.

Kita sudah tahu bahwa merokok merupakan kebiasaan buruk yang tidak memberikan manfaat apa pun. Justru sebaliknya merokok malah bisa memberikan efek negatif merugikan tubuh bahkan bisa menyebabkan kematian. Ahli kesehatan telah memberikan peringatan keras bagi para pecandu rokok. Terlebih lagi bagi wanita yang sedang hamil. Larangan keras bagi wanita hamil untuk merokok. Karena selain merugikan untuk diri sang wanita itu sendiri, juga akan merugikan dan membawa sisi buruk bagi sang bayi yang masih dikandungnya.

Beberapa akibat Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil yang bisa terjadi yaitu, antara lain:

  • Bisa menyebabkan keguguran

Keguguran adalah suatu kondisi yang tidak diinginkan siapa pun juga bagi ibu yang sedang hamil. Zat yang terkandung dalam rokok bisa membahayakan janin yang berada dalam perut.

  • Kondisi berat badan bayi yang rendah di bawah rata-rata

Zat nikotin yang ada dalam rokok yang terhisap ke dalam tubuh ibu yang sedang hamil bisa mempengaruhi masuknya jumlah oksigen dan juga kualitasnya untuk yang sang bayi. Nikotin yang masuk memberikan efek mempersempit pembuluh darah dalam plasenta yang bisa membuat sang bayi kekurangan oksigen dan juga dapat membatasi jumlah nutrisi bagi sang janin.

Baca juga 6 Tanda Ibu Hamil yang Menjadi Sinyal Berbahaya (Wajib BACA!)

  • Menyebabkan bayi terlahir dengan kondisi kurang konsentrasi dan hiperaktif

Penyempitan pembuluh darah plasenta yang disebabkan oleh asap rokok bisa berpengaruh pada bayi saat dilahirkan. Akibatnya sang bayi akan tumbuh dalam perilaku yang hiperaktif dan juga kurang konsentrasi.

  • Mengakibatkan bayi terlahir secara premature

Asap rokok yang beracun bisa membuat sang bayi terlahir dalam kondisi premature.

Demikianlah tadi beberapa Bahaya Merokok Bagi Ibu Hamil yang patut anda waspadai. Hentikan kebiasan merokok anda, sayangilah diri dan calon bayi yang ada dalam kandungan anda. Selain berhenti merokok, seorang ibu hamil juga wajib mengetahui pantangan-pantangan lainnya demi sang buah hati.

Tags

About The Author

morgan azhari 11
Pensil

morgan azhari

penulis biasa saja

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From morgan azhari