Apa Pentingnya Mesin Filter Aquarium Untuk Ikan Hias?

12 Jun 2018 20:35 465 Hits 0 Comments
Mesin filter aquarium ini bisa dibilang perangkat wajib disediakan ketika hendak memelihara ikan hias di aquarium. Terlebih aquarium tersebut akan diletakkan di dalam rumah. Ini sangat penting agar sirkulasi udara di dalam aquarium tetap terjaga dengan baik. Dan ikan kesayangan tetap bahagia dan Insyaallah panjang umur di habitat barunya yakni sebuah kotak bernama aquarium. Namun sayangnya, masih saja ada pemilik ikan hias masih kekeuh bahwa memelihara ikan di aquarium bisa dilakukan tanpa mesin filter.

Menempatkan Aquarium dengan ikan hias di dalamnya ke salah satu sudut rumah merupakan cara brilian untuk menghias rumah. Dengan adanya aquarium ikan hias, berarti menambah objek yang menarik perhatian. Dan mengerjakan tersebut juga tidak repot.

Memelihara ikan hias kedalam aquarium tergolong cara yang peraktis. Tidak memakan tempat seperti layaknya menggunakan kolam cor di luar rumah. Selama penempatan aquarium ikan hias yang tepat pada ruangan, dijamin ruangan akan tampak lebih menarik.

Berhubung ketika saat menyambut hari raya Idul Fitri seperti sekarang. Keberadaan aquarium Ikan hias akan menambah semarak hari kemenangan di rumah kamu. Namun perlu diperhatikan perawatan aquarium ikan hias ini tentunya perlu dijaga.

Sebenarnya tidak perlu khawatir berlebihan juga soal perawatan aquarium ikan hias ini. Terutama dijaga kebersihan di dalam aquariumnya. Disamping mesti adanya aquarium dan ikan hiasnya, calon pemelihara ikan hias di dalam aquarium juga perlu mempersiapkan mesin filter aquarium.

Mesin filter aquarium ini bisa dibilang perangkat wajib disediakan ketika hendak memelihara ikan hias di aquarium. Terlebih aquarium tersebut akan diletakkan di dalam rumah.

Ini sangat penting agar sirkulasi udara di dalam aquarium tetap terjaga dengan baik. Dan ikan kesayangan tetap bahagia dan Insyaallah panjang umur di habitat barunya yakni sebuah kotak bernama aquarium.

Namun sayangnya, masih saja ada pemilik ikan hias masih kekeuh bahwa memelihara ikan di aquarium bisa dilakukan tanpa mesin filter.

Filter Liquid Aquarium, begitulah nama sebetulnya dari mesin aquarium ini. Fungsinya jelas untuk menyaring air di dalam aquarium, mengurangi endapan amonia dan sirkulasi udara di dalam air. Sekaligus membuat air di dalam aquarium bergerak.

Tentu hal ini meniru kondisi ikan di alam liar yang terbiasa dengan air dan udara terbuka. Jadi mesin filter ini berguna mengkondisikan air agar bisa didiami oleh ikan hias. Rasanya terlalu jahat bila menempatkan ikan kedalam aquarium yang notabene tempat kaca tertutup tanpa dilengkapi adanya mesin filter.

Jangan-jangan ini akal-akal agar penjualan mesin filter meningkat?

Sebaiknya jangan keburu berpikiran suudzon. Justru penjual ikan hias yang nakal akan mengatakan "tidak apa-apa pelihara ikan hias di aquarium tanpa mesin". Agar dagangan ikan hiasnya laku.

Namun penjual ikan hias yang baik biasanya akan berkata jujur apa adanya jika memang ikan hias tidak cocok di aquarium yang tanpa dilengkapi oleh mesin filter. Karena itu merupakan tindakan benar yang mengedukasi kepada pelanggan pecinta ikan hias. Maka itu hati-hati menentukan pilihan.

Buktinya Ikan hias punya teman saya masih bertahan hidup tanpa mesin, jadi boleh dong pelihara ikan hias tanpa mesin?

Beberapa kasus memang ada ikan hias yang mampu bertahan hidup tanpa adanya mesin filter aquarium. Namun itu hanya beberapa dan tidak dalam kondisi lama ikan bisa bernasib sama. Juga tidak ada penggolongan khusus jenis ikan hias yang mampu bertahan hidup di dalam aquarium tanpa mesin filter aquarium. Karena pada dasarnya nyaris tidak ada ikan hias yang tahan hidup di aquarium tanpa bantuan mesin filter.

Maka itu beruntunglah bagi kamu yang bertemu dengan penjual ikan hias yang terus terang mengatakan bahwa ikan hias tidak bisa hidup di dalam aquarium tanpa mesin filter aquarium.

Jika benar salah satu ikan hias kamu bisa bertahan hidup di aquarium tanpa mesin filter aquarium, itu bisa jadi hanya kebetulan. Dan biasanya tidak berlangsung dalam waktu lama. Serta akan mengurangi estetika pemandangan aquarium kamu. Karena ikan akan cenderung diam jika di aquarium tidak ada mesin filter aquarium yang selalu membuat air bergerak.

Faktanya memelihara ikan hias di aquarium ini bukanlah sesuatu yang sulit.

Juga tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam. Karena dengan aquarium seukuran dus mi instan dan mesin aquarium sederhana saja, kamu sudah bisa pelihara ikan hias kesayanganmu ke dalam aquarium. Pada akhirnya sejumlah uang yang dikeluarkan tidak akan sia-sia dengan manfaat memelihara ikan dalam aquarium sebagai hiasan dan rekreasi mini di dalam rumah.

Pelihara ikan hias kamu dengan sebaik-baiknya.

Jika memang seseorang sudah niat untuk memelihara ikan hias ke dalam aquarium. Tentu niat tersebut haruslah jangan setengah-setengah. Pelihara ikan hias di aquarium, mesti dilengkapi mesin filter aquariumnya juga.

Ada sih solusi agar ikan tahan hidup di aquarium tanpa bantuan mesin filter. Yakni meski rajin mengganti air, namun resikonya juga sama saja. Ikan hias di aquarium juga akan mengalami stress jika terlalu sering mengganti air.

Maka itu, Jika tidak mau melengkapinya dengan mesin filter aquarium, lebih baik diurungkan saja memelihara Ikan hias di dalam aquarium. Karena hal itu sama saja menyakini hewan.

Tags

About The Author

Rianda Prayoga 28
Pena

Rianda Prayoga

Gak banyak bicara, sedikit cuek tapi lumayan ramah

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel