Fakta Unik Lagu Bohemian Rhapsody

12 Jun 2018 16:14 699 Hits 0 Comments
Rilis tahun 1975 , Bohemian Rhapsody yang termasuk ke dalam album A Night at The Opera berhasil mempengaruhi budaya pop dunia dengan musikalitas aneh namun eklektik yang tidak pernah didengar siapapun sebelumnya. Diciptakan oleh Freddie Mercury, track rock opera dan rumit itu pun berhasil menjadi salah satu karya musik terindah dan terpopuler di dunia.

Rilis tahun 1975 , Bohemian Rhapsody yang termasuk ke dalam album A Night at The Opera berhasil mempengaruhi budaya pop dunia dengan musikalitas aneh namun eklektik yang tidak pernah didengar siapapun sebelumnya. Diciptakan oleh Freddie Mercury, track rock opera dan rumit itu pun berhasil menjadi salah satu karya musik terindah dan terpopuler di dunia.

Berikut ini beberapa fakta menarik tentang lagu Bohemian Rhapsody

1. Referensi lirik yang luas dan unik

Dalam menulis lirik, Freddie Mercury memiliki referensi sastra yang luas. Banyak kata-kata bahasa asing dari berbagai budaya yang digunakan pria keturunan Parsi tersebut. Kata "scaramouche" di dalam lirik Bohemian Rhapsody bukan sekedar gumaman kata tak berarti, melainkan berasal dari "scaramuccia" -- nama sebuah karakter dalam pertunjukan komedi Italia abad ke-17, Commedia dell’arte. Sedangkan "Bismillah" seperti kita tahu berarti "Dengan menyebut nama Allah," merupakan ucapan yang dipakai seorang Muslim dalam memulai segala sesuatu.

2. Hampir tidak diputar di radio

Bohemian Rhapsody pada awalnya dianggap terlalu panjang oleh label rekaman. Bohemian Rhapsody memiliki durasi yang panjang, yaitu 5 menit 55 detik. Pada awalnya, EMI -- label rekaman tempat Queen bernaung menganggapnya terlalu panjang dan berniat memotongnya. Banyak juga yag menganggap kalau lagu tersebut tak akan pernah diputar di radio. Namun sebelum itu terjadi, penyiar Kenny Everett dari Capitol radio London sempat memainkannya. Setelah diputar, toko-toko musik langsung dibanjiri permintaan terhadap single tersebut.

3. Ditulis di lembaran kertas kecil

Lagu ini diciptakan sepenuhnya di secarik kertas kecil. Menurut gitaris Queen, Bryan May dalam sebuah wawancara dengan BBC: "Semuanya di dalam kepala Freddie dan banyak kertas kecil yang biasa ia gunakan untuk mencatat.

4. Bohemian Rhapsody bukan judul asli

Bohemian Rhapsody bukan judul aslinya. Sebelum kita kenal dengan judul Bohemian Rhapsody, lagu ini pada awalnya berjudul The Cowboy Song.

5. Piano yang digunakan sama dengan Paul McCartney

Mengisi rekaman bagian piano, Freddie Mercury menggunakan piano yang sama dengan yang digunakan legenda hidup The Beatles, Paul McCartney saat menciptakan Hey Jude.

6. Dirilis ulang, kembali jadi hits

Pada 1992, Bohemian Rhapsody dirilis ulang di Amerika Serikat setelah digunakan sebagai soundtrack Wayne's World. Alhasil lagu ini kembali menjadi hits setelah lebih dari dua dekade berselang.

7. Tak pernah juara di Amerika Serikat

Bohemian Rhapsody menjadi juara tangga lagu di banyak belahan dunia. Bohemian Rhapsody adalah hits 10 besar pertama Queen di Amerika. Sayangnya, lagu tersebut tak pernah menjadi juara di negeri Paman Sam tersebut.

8. Didepak dari posisi juara oleh lagu Mamma Mia - ABBA

Anda pasti pernah mendengar bagian "Oh mamma mia, mamma mia, mamma mia let me go," dalam lirik lagu Bohemian Rhapsody. Ironisnya, di Inggris lagu ini akhirnya didepak dari posisi nomor satu oleh lagu berjudul Mamma Mia milik ABBA.

Tags

About The Author

ilham13 20
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel