Implementasi Nilai-nilai Pancasila Berdasarkan Kelima Silanya

4 Jun 2018 22:24 4325 Hits 0 Comments

Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Seperti yang kalian tahu, Pancasila merupakan pedoman dalam sendi-sendi kehidupan—baik dalam bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara menerapkan nilai-nilai dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Supaya kalian bisa mengimplementasikannya secara maksimal, berikut pemaparan seputar praktek Pancasila berdasarkan sila-silanya.

1.     Ketuhanan yang Mahaesa

2.     Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

3.     Persatuan Indonesia

4.     Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

5.     Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Mengenal Pancasila bukan sekadar menghapalkan kelima silanya. Pada hakikatnya, ada nilai-nilai yang patut kalian pahami dan terapkan yang patut dikembangkan warga negara Indonesia. Dengan begitu, makna Pancasila akan tertanam dan membantu membangun karakter bangsa di tengah era globalisasi seperti sekarang.

Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari

Seperti yang kalian tahu, Pancasila merupakan pedoman dalam sendi-sendi kehidupan—baik dalam bermasyarakat, berbangsa, maupun bernegara. Sayangnya, tidak semua orang tahu cara menerapkan nilai-nilai dalam Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Supaya kalian bisa mengimplementasikannya secara maksimal, berikut pemaparan seputar praktek Pancasila berdasarkan sila-silanya.

1.     Ketuhanan yang Mahaesa

Dalam sila kesatu, Pancasila memaknai akan keyakinan setiap warga negara terhadap Tuhan yang Maha Esa dan bernegara sesuai ketuhanan. Dengan kata lain, negara—melalui sila satu Pancasila—telah menjamin kewajiban maupun hak masyarakat yang ingin melaksanakan keyakinan berdasarkan agama yang mereka peluk. Selain itu, sila satu juga mendorong pertumbuhan sikap toleransi umat beragama, sehingga dapat mewujudkan kehidupan harmonis dan mencegah konflik sosial.

Makna-makna sila satu Pancasila tersebut dapat kalian realisasikan dengan:

    •    Percaya akan adanya Tuhan yang Maha Esa sesuai keyakinan dan kepercayaan yang tulus timbul dari hati;

    •    Menghormati para pemeluk agama lain dan melaksanakan keyakinan masing-masing tanpa harus saling mengganggu untuk menjaga kerukunan bergama dan keutuhan NKRI;

    •    Saling membantu dalam kehidupan dalam kehidupan beragama;

    •    Implementasi akhlak dari agama yang dapat membantu pembentukan karakter bangsa, karena adanya keyakinan beragama yang dilindungi negara.

2.     Kemanusiaan yang Adil dan Beradab

Dalam sila kedua Pancasila, terdapat prinsip persamaan di antara kedudukan warga dalam negara dan martabat manusia yang menyimpan potensi dalam kebudayaan. Setiap warga yang tinggal di Indonesia adalah bagian dari masyarakat dunia yang mengakui manusia mempunyai kedudukan setara. Contohnya pengakuan dalam kebebasan berpendapat hingga berorganisasi yang tepat memegang teguh adab selaku bangsa dengan budaya luhur sejak dahulu kala.

Kemudian, untuk menanamkan makna-makna dalam sila kedua Pancasila, kalian dapat melakukan hal-hal berikut ini:

    •    Mengakui adanya persamaan hak dan kewajiban serta derajat warga negara;

    •    Mengukuhkan sikap saling mengasihi terhadap sesama warga negara demi membangun kehidupan harmonis nan rukun;

    •    Memupuk sikap tenggang rasa dan mencegah sikap tercela seperti perilaku sewenang-wenang hingga pelanggaran hak terhadap hak warga negara;

    •    Menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan dan menghargai di antara perbedaan.

3.     Persatuan Indonesia

Selanjutnya, kata persatuan yang terdapat dalam sila ketiga Pancasila mengandung makna persatuan bangsa dalam berbagai sendi kehidupan. Hal tersebut mencakup sosial, budaya, politik, ekonomi hingga pertahanan dan keamanan. Selain itu, sila ini juga mempunyai tujuan menumbuhkan kesadaran persatuan di antara warga negara Indonesia yang majemuk dalam sektor budaya. Dengan begitu, akan tercipta pula kebanggaan, solidaritas, kebersamaan, hingga nasionalisme tinggi.

Memaknai nilai-nilai persatuan dalam sila ketiga Pancasila akan membuat kalian lebih menghormati aspek kemajemukan. Sementara untuk mempraktekan nilai-nilai tadi, kalian dapat menyikapinya dengan:

    •    Memprioritaskan persatuan, kesatuan, dan kehidupan berbangsa di atas kepentingan golongan;

    •    Menghindari sikap maupun tindakan egois, sehingga mampu rela berkorban untuk bangsa dan negara secara optimal;

    •    Menjaga keberagaman bangsa dengan mencegah keributan maupun konflik yang dirasa kurang berfaedah;

    •    Senantiasa menjunjung tinggi semboyan Bhinneka Tunggal Ika saat menjalankan kehidupan sehari-hari, misalnya dengan tidak mengotak-ngotakkan suku maupun agama demi kepentingan tertentu;

    •    Sanggup mencintai bangsa dan negara dengan menekan penyebab luruhnya Bhinneka Tinggal Ika dalam kehidupan sehari-hari.

4.     Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan

Makna yang terkandung dalam sila keempat Pancasila berkaitan dengan prinsip-prinsip demokrasi yang bersumber dari nilai-nilai pendidikan karakter dan tata cara kehidupan bangsa. Demokrasi mempunyai pemahaman yang menjunjung kekuasaan berada di tangan rakyat atau kedaulatan rakyat. Hal tersebut tercermin dari pengambilan setiap keputusan yang selalu memiliki dampak terhadap masyarakat luas dan diambil melalui musyawarah hingga mencapai kemufakatan atau kesepakatan.

Untuk menciptakan makna sila keempat, kalian dapat mempraktekan:

    •    Pengukuhan sistem mayoritas tanpa memaksakan kehendak pribadi;

    •    Memprioritaskan keputusan yang berkaitan dengan kehidupan masyarakat luas;

    •    Melaksanakan setiap keputusan yang ditentukan dari hasil musyawarah;

    •    Bertanggung jawab atas setiap keputusan secara moral kepada Tuhan yang Maha Esa.

5.     Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia

Dalam sila kelima, terdapat makna yang membahas seputar keadilan yang merupakan hak asasi setiap warga. Selain itu, negara menjamin hal tersebut dan sudah mencakup seluruh aspek kehidupan—baik secara material maupun spiritual tanpa terkecuali. Keadilan dalam aspek sosial sangat berdampak pada kehidupan bermasyarakat yang akan membantu terbentuknya kesetaraan. Misalnya, berlaku adil tanpa pilih kasih sesuai status sosial dan mempunyai kepribadian arif nan bijaksana.

Kalian dapat menerapkan makna dan nilai sila kelima Pancasila melalui hal-hal berikut ini:

    •    Menanamkan rasa kekeluargaan dan gotong-royong di tengah kehidupan bermasyarakat;

    •    Menjaga stabilitas di antara hak dan kewajiban dalam kehidupan sosial. Misalnya dengan melakukan kewajiban kalian sebagai bagian masyarakat untuk memastikan keamanan di lingkungan sekitar;

    •    Tidak memaksakan opini atau opini terhadap sebuah peristiwa. Menekan egosime pun sangat diperlukan saat berhadapan dengan kepentingan kelompok;

    •    Mengawasi dan membantu orang lain yang sedang kesusahan;

    •    Menjauhi sikap-sikap tercela seperti tidak merampas hak orang lain yang selama ini menjadi penyebab konflik sosial di Indonesia;

    •    Mendalami konsep berbagi untuk menciptakan keadilan.

Semoga pemaparan seputar nilai dan makna sila-sila Pancasila ini dapat mendorong kalian menjadi warga negara Indonesia yang teladan!

 

 

 

Tags

About The Author

RaihanRafif99 14
Pensil

RaihanRafif99

Fakultas Kedokteran Universities Brawijaya

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From RaihanRafif99