Olahraga yang Bisa Dilakukan Pada Saat Puasa

30 May 2018 21:06 2289 Hits 0 Comments

Bulan ramadhan harusnya tidak menjadi alasan untuk malas bergerak. Justru, di bulan  ramadhan ini kamu mestinya makin rajin olahraga agar badan tetap fit dan bugar.

Bulan ramadhan harusnya tidak menjadi alasan untuk malas bergerak. Justru, di bulan  ramadhan ini kamu mestinya makin rajin olahraga agar badan tetap fit dan bugar.

Sebab asupan makanan sehari-hari akan berkurang karena tidak makan dan minum seharian. Jika ditambah tidak olahraga juga, badanmu akan semakin lemas dan tidak berenergi. Nanti ujung-ujungnya melaksanakan kegiatan sehari-hari pun akan jadi tidak fokus dan malas-malasan.

Oleh karena itu, kamu tetap harus melakukan olahraga meskipun sedang berpuasa. Tetapi, kamu juga harus memerhatikan jenis dan waktu olahraga saat puasa, karena akan memengaruhi ketahanan tubuh selama menjalani ibadah tersebut.

Jenis olahraga yang tepat dilakukan ketika menjalani puasa

Masih banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan ketika berpuasa, yang jelas hindari olahraga yang memiliki intensitas tinggi (high impact) sebab akan membuat tubuh kehilangan banyak energi dalam waktu yang cepat. Saat berpuasa, Anda bisa melakukan olahraga yang intensitasnya ringan hingga sedang, seperti:

  • Berenang
  • Berjalan santai
  • Yoga
  • Bersepeda

Sedangkan contoh olahraga yang sebaiknya kamu hindari ketika menjalani puasa adalah:

  • Senam aerobik
  • Sepak bola
  • Tenis

Sebenarnya, kamu masih bisa melakukan olahraga intensitas berat tersebut, namun lebih baik kegiatan itu dilakukan ketika kamu sudah berbuka puasa dan tubuh memiliki cukup bekal untuk menghasilkan energi.

Kapan waktu yang tepat untuk olahraga saat puasa?

Tak seperti hari-hari biasanya, waktu berolahraga di bulan puasa cukup terbatas. Tentu saja kamu tidak dianjurkan untuk melakukan olahraga di tengah hari bolong, sebab risiko untuk mengalami dehidrasi sangat tinggi.

Oleh karena itu, kamu harus mengatur dan mengetahui waktu yang tepat dalam melakukan olahraga saat puasa, agar tidak mengganggu fungsi tubuh. Beberapa waktu yang bisa Anda gunakan untuk berolahraga di bulan puasa yaitu:

  • Pagi hari. Di waktu ini kamu masih memiliki tenaga yang cukup banyak untuk beraktivitas, termasuk berolahraga. Walaupun memang kekurangannya jika kamu melakukan olahraga di pagi hari yaitu kamu akan merasa lelah ketika melakukan olahraga berikutnya.
  • Sore hari. Sekitar satu atau dua jam sebelum waktu berbuka merupakan waktu ‘krisis’ di mana tubuh biasanya merasa lemas akibat telah menahan lapar seharian. Namun untungnya adalah, kamu dapat langsung menggantikan energi yang terbuang ketika Anda berbuka puasa.

Hal ini kembali lagi pada kebutuhan dan jadwal kegiatan masing-masing orang. Jika kamu takut kelelahan, kamu bisa saja membagi waktu olahraga saat puasa di pagi dan sore hari, dengan durasi yang tidak terlalu lama.

Selain itu, sesuaikan juga jenis olahraga yang akan dilakukan dengan waktu olahraganya. Misalnya, kamu ingin berolahraga  di pagi hari, maka pilihlah olahraga yang tak begitu melelahkan seperti berjalan santai atau yoga. Sedangkan bila kamu ingin berolahraga di sore hari, kamu bisa melakukan olahraga yang intensitasnya lebih tinggi lagi, seperti berenang atau bersepeda. 

Tags

About The Author

Akmal Athallah 41
Ordinary

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel