Cara Membuat Ramadhan Kamu Lebih Bermakna

25 May 2018 21:12 2562 Hits 0 Comments
Mau membuat Ramadhan-mu kali ini lebih bermakna?

"Ya Allah, berkati kami pada bulan Rajab dan bulan Sya'ban dan antarkan kami sampai bulan Ramadhan." (HR al-Bazzar, Ibnu Sunny, al-Baihaqi, dan lainnya.)

Bulan Ramadhan adalah bulan yang istimewa. Mengapa demikian? 

Pertama, Ramadhan istimewa karena di dalamnya ada ibadah puasa yang secara khusus diapresiasi langsung oleh Allah SWT. “Setiap amalan anak cucu Adam dilipatgandakan. Satu kebajikan dilipatgandakan 10 kali sampai 700 kali lipat, kecuali puasa. Puasa adalah milik-Ku dan Akulah yang akan langsung membalasnya. (HR Muslim).

Kedua, pada bulan ini diturunkan Al-Qur'an, " Bulan Ramadhan yang di dalamnya diturunkan Alqran , pedoman bagi umat manusia , dan bukti yang jelas tentang bimbingan dan pembeda ( antara yang benar dan salah.” (Q.S. Al-Baqarah : 185)

Ketiga, pada bulan Ramadhan terdapat malam Al-Qadar atau malam seribu bulan. Bagi yang beribadah di malam itu keutamaannya lebih baik dari berjuang di jalan Allah selama 1000 bulan. Semalam setara seribu bulan karena pada malam itu turun para malaikat dan ruh dari terbenamnya matahari sampai terbitnya fajar.

Nah, sekarang saya akan memberikan tips agar Ramadhan-mu kali ini dapat lebih bermakna.

1. Kurangi Obrolan dan Sosialisasi Tidak Penting

Bulan Ramadhan juga biasanya dimanfaatkan untuk acara kumpul-kumpul seperti buka bersama yang umumnya menghabiskan waktu mulai dari sore hingga malam. Di Ramadhan kali ini, tidak ada salahnya kita sedikit mengurangi acara kumpul-kumpul tidak penting. Lebih baik difokuskan pada pengajian atau perkumpulan yang membuat kita lebih memahami tentang agama Islam. Kita harus bisa membedakan kumpul-kumpul untuk bersilaturahmi atau kumpul-kumpul untuk kesenangan yang semu.

2. Memahami Isi Al-Qur’an Lebih Dalam

Betapa indahnya jika di bulan yang penuh berkah ini, kita menyentuh Al-Qur’an dan memahaminya seperti orang yang baru mengenal Al-Qur’an, kemudian kita mempelajarinya lagi dan menikmati lagi jatuh cinta pada Al-Qur’an dan Islam yang begitu indah.

3. Menjaga Kesehatan Tubuh

Olah raga adalah alternatif paling murah. Istirahat yang cukup, jangan berlebihan. Hanya karena pada bulan ramadhan kita tidak makan dan minum, bukan berarti kita boleh bermalas-malasan dan akhirnya kondisi tubuh menurun.

4. Sholat dan Berdoa dengan Lebih Sungguh-Sungguh

Bulan Ramadhan merupakan bulan training bagi umat muslim untuk beribadah dengan lebih sering dan lebih intim kepada Allah. Maka sebaiknya kita latih ketaqwaan dan keimanan kita di bulan Ramadhan ini agar kita mendapatkan ketaqwaan dan keimanan yang indah di bulan-bulan berikutnya. Karena sesungguhnya puasa itu sendiri dilakukan agar umat Muslim bertaqwa.

5. Hindari Aktivitas yang Miskin Manfaat 

Contohnya hindari bermain game seharian. Meski kegiatan itu tergolong mubah (boleh-boleh saja dilakukan) tetapi tidak baik bila berlebihan bermain game. Puasa bukan berarti menghambat aktivitas kita yang lain. Sehingga ingin beraktivitas di dalam rumah saja. Lebih baik waktu luang kita diisi dengan kegiatan yang lebih bermanfaat.

6. Membuat Target Amalan Harian

Tujuannya adalah agar kita dapat terbiasa dengan amalan-amalan tersebut di kehidupan kita sehari-hari walaupun bulan Ramadhan sudah berakhir. Contohnya seperti membaca Al-Qur'an One Day One Juz, menambah hafalan, dan sebagainya.

Sekian saja. Semoga membantu dan semoga Ramadhan kita tahun ini dapat lebih bermanfaat dan bermakna.

 

Tags

About The Author

Akmal Athallah 41
Ordinary
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel