5 Konsep Dasar Dalam Membuat Novel

25 May 2018 09:24 1914 Hits 0 Comments

Beberapa tahun terakhir ini, saya memang memiliki rencana untuk membuat novel. Entah itu nantinya akan diterbitkan atau hanya untuk kepuasan batin saya sendiri, intinya saya berkeinginan menyelesaikan project novel saya. Sayangnya, membuat sebuah novel utuh itu sangat sulit. 

Beberapa tahun terakhir ini, saya memang memiliki rencana untuk membuat novel. Entah itu nantinya akan diterbitkan atau hanya untuk kepuasan batin saya sendiri, intinya saya berkeinginan menyelesaikan project novel saya. Sayangnya, membuat sebuah novel utuh itu sangat sulit.

Berbagai macam jenis novel sudah saya coba buat, mulai dari novel personal literature, novel drama percintaan, novel komedi romantis dan novel horror juga sudah pernah saya coba buat. Hasilnya? Tidak ada satupun dari jenis novel itu yang selesai hingga detik ini. Semuanya berhenti di tengah jalan, bahkan berhenti di awal-awal pembuatannya. Padahal saya sudah menggunakan teknik-teknik dasar menulis novel yang saya pelajari dari buku-buku dan juga artikel dari penulis-penulis besar tentang berbagai tips membuat novel bagi pemula.

Saya juga pernah beberapa kali menghadiri acara talkshow tentang dunia kepenulisan novel yang dibawakan penulis-penulis besar. Sayangnya semua itu hanya cukup untuk menaikkan motivasi saya tapi hampir tidak membantu menyelesaikan novel saya.

Lalu, apa yang seharusnya saya lakukan? Terus berusaha untuk tetap menulis? Saya sudah melakukannya tapi hasilnya sama saja, project membuat novel saya selalu berhenti di tengah jalan. Namun, ada satu konsep dasar tentang bagaimana caranya agar tetap konsisten dengan tujuan akhir saya dalam membuat novel sehingga tujuan itu tidak melenceng kemana-mana dan tetap terfokuskan. Dan hingga detik ini saya masih gunakan konsep dasar ini, baik itu untuk melanjutkan project novel saya ataupun sekedar menulis di blog ini. Konsep dasar ini saya dapatkan dari buku berjudul ”Dummy for Being Your Self” oleh Relanto. Mungkin di antara sahabat blogger ada yang belum pernah membaca buku ini. Oleh karena itu melalui tulisan ini saya ingin berbagi kepada sahabat Blogger yang mungkin ada di antara kalian juga ingin membuat novel atau digunakan untuk konsisten membuat tulisan di blog. Konsep dasarnya adalah: SMART

SMART dalam buku Dummy For Being Your Self sebenarnya digunakan penulis untuk memberikan motivasi untuk pencapaian goal secara umum, namun saya gunakan itu sebagai konsep dasar saya untuk tetap konsisten menulis hingga mencapai goal yang saya inginkan, menerbitkan novel. Apa sih sebenarnya SMART itu?

***

S - Spesific

Dalam membuat sebuah tulisan - terutama novel, pastinya kita harus memiliki suatu rancangan tentang isi novel itu. Jika ingin bisa membuat novel yang baik, isi rancangan yang ideal itu harus spesific atau significant. Isi rancangan ideal itu tidak keluar dari visi, misi, value dan passion yang sudah kita tetapkan sebelumnya ketika ingin membuat novel. Saya pun selalu berusaha membuat rancangan sebelum membuat suatu tulisan.

M - Measurable

Terukur secara kualitas dan kuantitas. Sebelum membuat novel, kita harus tau dimana letak kekuatan tulisan kita. Ukur terlebih dahulu kekuatan kita. Beban yang terlalu berat akan memperlambat perjalanan dalam menyelesaikan project novel kita. Sebaliknya, jika kita terlalu lama untuk menyelesaikannya maka akan membebani perjalanan kita dalam menyelesaikan project novel tersebut.

A - Attainable

Sebelum membuat novel, memang sebaiknya kita mengenal kepribadian tulisan kita terlebih dahulu. Apakah kita seorang penulis yang baik membuat novel personal literature, drama percintaan, komedi romantis atau bahkan horror. Bisa dikatakan buatlah novel sesuai dengan kemampuan kita dan mudah dikerjakan oleh kita.

R - Relevant

Yakinkan diri kita jika novel yang sedang kita buat ini memang novel yang layak untuk diterbitkan. Hal ini biasanya perlu dilakukan untuk mendapatkan kepuasan diri dari apa yang sudah dikerjakan, terlepas dari apakah setelah novel ini selesai dibuat dan dicoba untuk dimasukkan ke penerbit namun ternyata belum layak diterbitkan. Biasanya saya melakukannya sebagai self-motivating.

T - Time-Bound

Ini yang biasanya sangat sulit. Membuat jadwal dan jangka waktu yang terorganisir dengan baik. Semua ini berhubungan dengan membuat deadline yang harus dituntaskan. Saya termasuk orang yang sering menunda, akhirnya sulit menyelesaikan project novel saya. Tapi saya berusaha kedepannya untuk selalu menepati jadwal dan jangka waktu yang saya sudah buat sejak awal.

Seperti itulah konsep dasar yang dapat saya bagi kepada sahabat blogger untuk membantu konsistensi dan fokus dalam mencapai target, baik itu menyelesaikan project novel ataupun untuk konsistensi membuat tulisan di blog. Terimakasih sudah menyempatkan waktu mampir ke blog saya ini. Semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat untuk kita semua, khususnya untuk saya pribadi yang masih sangat sulit menyelesaikan novel saya sendiri.

About The Author

Silvi J. Tahir 17
Pensil

Silvi J. Tahir

Love writing!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel