Paybill: Sangat Memudahkan Pembayaran SPP

23 May 2018 16:26 2369 Hits 0 Comments
Guna membantu sekolah untuk menjaga cash-flow, Paybill Indonesia mengeluarkan sebuah layanan baru yang disebut Paybill Invoicing untuk para biller seperti sekolah.

 

Dana dari siswa seperti iuran SPP, uang sumbangan, biaya kegiatan sekolah, uang wisuda, uang buku, dan tagihan sekolah lainnya adalah beberapa jenis pemasukan sekolah (non-negeri) untuk menunjang segala macam kegiatan belajar-mengajar. Untuk itu, dana yang diperoleh dari siswa tersebut harus benar-benar bisa dikelola dengan baik setiap bulannya agar cash-flow sekolah bisa lancar sehingga kegiatan belajar-mengajar pun dapat berjalan dengan baik.

Maka dari itu, guna membantu sekolah untuk menjaga cash-flow, Paybill Indonesia mengeluarkan sebuah layanan baru yang disebut Paybill Invoicing untuk para biller seperti sekolah. Layanan Paybill Invoicing adalah solusi dari segala macam kendala saat penarikan biaya seperti rumitnya pengelolaan data siswa yang sudah dan belum membayar dengan sistem penagihan konvensional, lamanya proses pembuatan surat tagihan hingga penarikan pembayaran tagihan dari wali murid, besarnya biaya untuk menerbitkan tagihan sekolah, hingga tingginya kemungkinan keterlambatan pembayaran.

Hal ini karena Paybill Invoicing memiliki banyak keunggulan seperti berikut ini:

 

Mudah Digunakan

Siapa pun dapat dengan mudah mengoperasikan layanan ini karena hanya dalam satu layar, semua menu yang diperlukan untuk melakukan penarikan tagihan sekolah sudah tersedia, antara lain:

Menu Pelanggan
Menu yang satu ini berguna untuk memasukan data siswa yang perlu ditagih secara bersamaan sekaligus. Anda hanya perlu mengunduh template yang sudah disediakan, mengisi template tersebut berdasarkan data siswa, lalu mengunggahnya kembali ke dalam aplikasi. Melalui menu Pelanggan ini, Anda juga bisa membagi data siswa ke dalam beberapa kategori atau grup. Contohnya kategori siswa kelas XI IPA 1.

Menu Produk
Menu Produk merupakan bagian untuk mengategorikan jenis tagihan seperti tagihan SPP, uang buku, dan sebagainya. Di dalam setiap kategori produk atau tagihan, Anda bisa memasukan berbagai informasi penting seperti, keterangan tagihan, kurs mata uang yang digunakan, hingga pajak jika ada

Menu Tagihan
Di dalam menu tagihan inilah Anda bisa membuat serta mengirim tagihan langsung ke seluruh wali murid yang terdata secara serentak. Anda akan disediakan template tagihan yang menarik serta pilihan sender tagihan yang beragam. Mulai dari email, SMS, dan notifikasi di aplikasi Paybill Payment yang bisa diunduh gratis oleh wali murid. Berbagai hal penting seperti term pembayaran serta tanggal jatuh tempo pun bisa diatur di sini. Dengan begitu, detil tagihan bisa langsung dikirim ke handphone wali murid.

Menu Reminder
Dengan adanya menu Reminder ini, Anda bisa mengingatkan para wali murid agar tidak telat membayar tagihan sekolah. Reminder bisa dikirim beberapa kali sejak sebelum hingga setelah jatuh tempo. Reminder tersebut pun dapat Anda kirim melalui Email, SMS, atau notifikasi aplikasi Paybill Payment. Jadi, reminder sudah pasti akan diterima langsung oleh wali murid seperti halnya detil tagihan.

Menu Rekonsiliasi
Menu yang satu ini benar-benar dapat membantu Anda untuk memonitor status pembayaran. Di dalam menu Rekonsiliasi, Anda bisa melihat siapa saja yang sudah dan belum membayar secara realtime. Anda pun dapat melihat riwat transaksi serta melakukan settlement sehari setelah tagihan dibayar oleh wali murid.

 

 

 

                        

Tags

About The Author

muhammad soleh 15
Pensil

muhammad soleh

wartawan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel