Pilihan Terbaik Untuk Perjalanan Dari Dan Ke Batam

22 May 2018 19:49 3007 Hits 0 Comments
Batam Center Point, yang telah menjadi salah satu pusat bisnis terpadu di Batam. Berawal dari konsorsium antara PT. Synergy International (sekarang PT. Synergindo Niagatama) dengan PT Moratama Tharada untuk mengembangkan dan mengelola sistem BOT (Build, Operation and Transfer) Pelabuhan Ferry Penumpang Batu Ampar, Pulau Batam, yang kemudian dialihkan fungsinya menjadi Container Port, dengan Otorita Batam, namun pada tahun 1998 PT Moratama Tharada mengundurkan diri sehingga PT Synergy Tharada sepenuhnya memiliki mayoritas saham sebesar 70% dimiliki oleh PT Synergindo Niagatama.

Batam dapat dicapai melalui udara dari kota-kota besar di Indonesia dan internasional. Maskapai penerbangan domestik saat ini yang melakukan penerbangan ke Batam adalah: Garuda Indonesia Airways, Merpati Nusantara, dan Bouraq Airline. Secara geografis, pulau Batam terletak di Lintang Utara dan Bujur Timur, 161 meter di atas permukaan laut.  

Berawal dari konsorsium antara PT. Synergy International (sekarang PT. Synergindo Niagatama) dengan PT Moratama Tharada untuk mengembangkan dan mengelola sistem BOT (Build, Operation and Transfer) Pelabuhan Ferry Penumpang Batu Ampar, Pulau Batam, yang kemudian dialihkan fungsinya menjadi Container Port, dengan Otorita Batam, namun pada tahun 1998 PT Moratama Tharada mengundurkan diri sehingga PT Synergy Tharada sepenuhnya memiliki mayoritas saham sebesar 70% dimiliki oleh PT Synergindo Niagatama.

Pada tahun 2002 PT. Synergy Tharada bekerja sama lagi dengan Otoritas Batam untuk mengelola Terminal Feri Internasional Batam Center. Dalam perjanjian ini PT. Synergy Tharada adalah sebagai eksekutor yang mengelola dan melakukan pembangunan fisik Terminal Batam Center. Terminal ini dibuka secara resmi pada 23 April 2004. Saat ini Terminal Feri Batam Center beroperasi dengan rata-rata jumlah penumpang + 6.250 orang setiap harinya, dengan tujuan Singapura, Malaysia dan sebaliknya. Selain itu, hampir 75% tempat tersebut bukan hanya berfungsi sebagai pelabuhan saja, tetapi telah menjadi salah satu pusat bisnis terpadu di Pulau Batam. Keren ya.

Sedikit sejarah mengenai Batam, daerah ini pertama kali dihuni oleh orang melayu dengan sebutan orang selat sejak tahun 231 Masehi. Pulau yang pernah menjadi medan perjuangan Laksamana Hang Nadim dalam melawan penjajah ini digunakan oleh pemerintah pada dekade 1960-an sebagai basis logistik minyak bumi di Pulau Sambu.

Pada dekade 1970-an, dengan tujuan awal menjadikan Batam sebagai Singapura-nya Indonesia, maka sesuai Keputusan Presiden nomor 41 tahun 1973, Pulau Batam ditetapkan sebagai lingkungan kerja daerah industri dengan didukung oleh Otorita Pengembangan Daerah Industri Pulau Batam atau lebih dikenal dengan Badan Otorita Batam (BOB) sebagai penggerak pembangunan Batam. Kini menjadi Badan Pengusahaan (BP Batam).Seiring pesatnya perkembangan Pulau Batam, pada dekade 1980-an, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 34 tahun 1983, wilayah Kecamatan Batam yang merupakan bagian dari Kabupaten, ditingkatkan statusnya menjadi Kotamadya Batam yang memiliki tugas dalam menjalankan administrasi pemerintahan dan kemasyarakatan serta mendudukung pembangunan yang dilakukan Otorita Batam (BP Batam).

Di era reformasi pada akhir dekade tahun 1990-an, dengan Undang-Undang nomor 53 tahun 1999, maka Kotamadya administratif Batam berubah statusnya menjadi daerah otonomi, yaitu Pemerintah Kota Batam untuk menjalankan fungsi pemerintahan dan pembangunan dengan mengikutsertakan Badan Otorita Batam (BP Batam).

Kota yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau ini, memiliki luas wilayah daratan seluas 715 km², sedangkan luas wilayah keseluruhan mencapai 1.575 km². Kota Batam beriklim tropis dengan suhu rata-rata 26 sampai 34 derajat celsius. Kota ini memiliki dataran yang berbukit dan berlembah. Tanahnya berupa tanah merah yang kurang subur dan cuaca yang sering berubah sehingga untuk dijadikan lahan pertanian hanya tanaman yang dapat tumbuh tanpa mengikuti musim.

 

Tags

About The Author

muhammad soleh 24
Novice

muhammad soleh

wartawan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel