5 Cara menulis artikel yang baik dan berkualitas

17 May 2018 18:45 560 Hits 0 Comments

5 Cara menulis artikel yang baik dan berkualitas – Panduan Lengkap_Menulis artikel bisa dikatakan gampang-gampang susah. bagi seorang pemula, menulis artikel mungkin masih terasa rumit karena biasanya seorang yang baru belajar cara menulis artikel masih kurang dalam penguasaan kosakata, serta masih sulit menghubungkan konsep dalam artikel tersebut.

 

Bagi seorang yang sudah pengalaman dalam menulis artikel, kendala yang kadang didapatkan ketika hendak menulis sebuah artikel adalah “kurangnya inspirasi” atau tidak memiliki ide atau gagasan yang bisa ditulis menjadi artikel. Namun sebelum terlalu jauh membahas tentang cara menulis artikel yang baik dan berkualitas. 

 

 

 

Seorang pemula bahkan yang sudah pengalaman sebelum menulis artikel sebaiknya membaca beberapa sumber refrensi tentang cara menulis artikel yang baik, Seorang penulis harus memahami bagaimana susunan artikel yang baik dan benar menurut kaidah penulisan artikel. “Jadi muncul pertanyaan! Bagaimanakah susunan artikel yang baik dan benar itu? Berikut ulasan susunan artikel yang baik dan berkualitas adalah sebagai berikut”

 

 

5 Cara menulis artikel yang baik dan berkualitas

 

 

1. Pragraf yang tidak terlalu panjang

 

Artikel yang baik dan benar harus memiliki pragraf yang tidak terlalu panjang, mengapa pragraf tidak boleh terlalu panjang? Karena hal tersebut untuk menghidari kejenuhan pembaca. Biasanya pembaca akan cepat bosan jika suatu pragraf begitu panjang dan bukannya menyelesaikan untuk membaca artikel melainkan tidak melanjutkan membaca artikel tersebut. Usahkan dalam satu pragraf hanya terdapat 4-5 baris saja.

 

 

2. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti

 

Tidak jarang ketika kita membaca suatu artikel, kita menemukan kata yang tidak jelas, susah dimengerti dan tidak lazim digunakan untuk topik artikel yang ditulis. Terkadang juga terdapat kosakata yang ditempatkan bukan pada tempatnya, maksudnya adalah kadang penulis menggunakan kata yang tidak sesuai dengan tema artikel. Untuk menulis artikel yang baik dan berkualitas, mestinya hal yang seperti ini diminimalisir karena akan membuat artikel seolah tidak nyambung atau ngga klop ketika dibaca.

 

Dalam menulis artikel yang berkualitas maka hal subtansial lainnya yang mesti diperhatikan adalah pembaca artikel yang menjadi sasaran. Gunakan bahasa yang sesuai dengan latar belakang target penulisan artikel. Misalkan jika tergetnya anak remaja maka gunakan bahasa yang lugas dan santai.

 

 

3. Menggunakan tanda baca yang baik dan benar

 

Penggunaan tanda baca yang baik dan benar dalam artikel menjadi salah satu indikasi yang menunjukan kualitas artikel tersebut. Banyak artikel yang penggunaan tanda bacanya masih kurang bagus, sehingga menyulitkan pembaca dalam memilih waktu jedah dalam membaca artikel tersebut. Misalkan ada sebagian artikel yang jarak antara tanda titiknya dalam satu pragraf sangat berjauhan sehingga pembaca kesulitan dalam mengatur intonasi bacaan, ditambah lagi penggunaan tanda baca(,) yang kurang membuat artikel yang sebenarnya memiliki informasi yang sudah bagus dan berkualitas namun seolah kehilangan taste (rasa) ketika seseorang membacanya.

 

 

4. Artikel jangan terlalu panjang

 

Salah satu cara menulis artikel yang berkualitas adalah panjang suatu artikel harus proporsional. Karakteristik pembaca memang cukup berbeda dalam membaca suatu artikel, biasanya ada orang yang justru terlebih dahulu melihat seberapa panjang artikel tersebut, jika panjang artikel sesuai dengan mood membacanya biasanya dia akan melanjutkan membaca namun jika tidak sesuai biasanya pembaca justru membatalkan membaca artikel tersebut.

 

Jadi sebaiknya menulis artikel jangan terlalu panjang dan juga jangan terlalu pendek dan yang paling penting jangan bertele-tele dalam memaparkan sesuatu di dalam artikel. Artikel yang baik dan berkualitas adalah singkat padat dan jelas, jangan hanya karena artikel yang ditulis ingin terlihat kelihatan panjang kemudian menambahkan banyak kalimat yang sumbang (ada tidaknya kalimat tersebut tidak berpengaruh pada informasi yang ada dalam artikel tersebut).

 

Itulah 4 komposisi susunan secara teknis tentang cara menulis artikel. Selanjutnya kita akan membahas cara menulis artikel sehingga artikel tersebut seolah olah memiliki roh yang membuat orang merasa senang ketika membacanya, merasa hasratnya terpenuhi setelah mambaca artikel tersebut. Dan tidak akan berhenti membaca sampai akhir artikel.

 

Panduan selanjutnya tentang Cara menulis artikel yang baik dan berkualitas adalah tentang KONTEN yang disajikan dalam artikel tersebut biasanya berisi sudut pandang penulisan, informasi yang disajikan dalam artikel serta penggambaran alur dalam artikel sehingga membuat orang merasa nyaman membacanya atau seseorang yang membaca artikel tersebut seolah-olah dibawa dalam kondisi real/nyata.

 

 

1. Sudut pandang penulisan artikel

 

Sudut pandang penulisan artikel menjadi faktor penting dalam meningkatkan rating sebuah artikel, soerang penulis harus cerdas dalam memilih sudut pendang penulisan suatu artikel. Tidak hanya cerdas penulis juga mesti kreatif, jika suatu informasi atau berita telah ditulis orang lain bukan berarti anda tidak bisa menulis berita atau informasi yang sama terkait hal tersebut. Anda tetap bisa menulis informasi atau berita yang terkait akan tetapi yang mesti anda rubah/tonjolkan adalah sudut pandang dalam menyajikan informasi atau berita tersebut. 

 

Contoh misalkan jika kebanyakan orang menulis artikel tentang Hp samsung terbaru, maka anda bisa memilih sudut pandang lain dalam menulis tentang informasi hp samsung terbaru, misalkan perbandingan hp samsung terbaru dengan aple keluaran terbaru. dll

 

 

2. Artikel berisi data yang faktual dan tidak menyesatkan

 

Sebagai penulis yang baik maka anda dituntut untuk menyajikan berita yang faktual atau telah terbukti kebenarannya jangan sekali-kali menyajikan berita yang menyesatkan atau HOAAX karena hal tersebut akan membuat kepercayaan orang lain terhadap tulisan anda berkurang. Jika anda konsisten menyajikan informasi yang benar adanya maka hal itu membuat tulisan-tulisan anda banyak diminati oleh pembaca. Seorang penulis harus bijak dalam menyajikan informasi. Informasi dalam artikel harus objektif dan berimbang, jangan justru menyajikan berita yang provokatif dan bisa membuat orang lain dirugikan.

 

 

3. Artikel disajikan secara detail

 

Pernahkan anda membaca sebuah artikel yang dari judulnya kelihatan sangat informatif namun setelah isi artikel dibaca justru membuat anda kecewa? Mungkin hal tersebut bukan hanya anda yang pernah mengalaminya melainkan ada banyak orang yang pernah mengalaminya. Mereka terkeco karena melihat judul artikel yang sangat menarik namun setelah dibaca ternyata isinya sangat tidak sesuai yang diharapkan. Artikel yang baik dan berkualitas adalah menyajikan informasi yang lengkap dan detail sehingga informasi yang dicari oleh pembaca bisa terpenuhi setelah membaca artikel tersebut.

 

Panduan selanjutnya dalam menulis artikel yang baik dan berkualitas adalah pemilihan jenis atau kategori artikel. Dalam menulis artikel juga terdapat kategori artikel, artikel yang memiliki banyak pembaca dan peminat biasanya berupa artikel seperti berikut:

 

 

1. Trending topic

 

Trending topic adalah suatu informasi atau berita yang menjadi bahan perbicangan yang hangat di masyarakat dan menarik perhatian orang lain untuk mengetahuinya. Seorang penulis dituntut mencari isu-isu atau informasi yang terbaru untuk ditulis menjadi sebuah artikel.

 

 

2. Artikel yang menceritakan atau menjelasakan tentang cara menggunakan sesuatu

 

Artikel yang menyajikan tentang cara menggunakan sesuatu selalu ramai dengan pembaca oleh karena itu penulis bisa menjadikan topik tentang cara menggunakan sesuatu sebagai pilihan dalam menulis artikel asallkan penjelasannya jelas dan maksimal, jangan sekali-kali menyajikan informasi yang setengah-tengah saja. Contoh: cara memulai usaha dengan modal pas-pasan.

 

 

3. Artikel tentang dampak positif dan negatif

 

Artikel tentang dampak positif dan negatif juga selalu banyak yang membaca. Sebagai seorang penulis anda tinggal menentukan apakah akan fokus menulis artikel tentang dampak positif ataukah fokus menulis dampak negatif atau bisa saja disajikan kedua-duanya dalam satu artikel. Contoh dampak positif dan negatif naiknya harga BBM.

 

 

4. artikel tentang perbandingan

 

Artikel tentang perbandingan sesuatu hal memang tak banyak orang yang mencarinya namun artikel tersebut juga memiliki peminat tersendiri. Menulis artikel tentang perbandingan juga mesti hati-hati karena jika salah pemilihan sudut pandang atau tidak objektif justru bisa merugikan pihak tertentu. Contoh kelebihan BBM dan Whatssapp

 

 

5. artikel tentang manfaat.

 

artikel tentang manfaat juga ramai pembacanya, bisa dijadikan salah satu pilihan tema dalam penulisan artikel. Data yang disajikan dalam artikel yang bercerita tentang manfaat harus akurat dan benar-benar telah terbukti. Jika asal-asalan menulis artikel yang bercerita tentang manfaat juga bisa membuat orang lain dirugikan. Contoh : manfaat daun sarikaja dalam menurunkan tekanan darah.

 

Demikianlah artikel tentang 5 Cara menulis artikel yang baik dan berkualitas – Panduan Lengkap, semoga bisa menjadi informasi yang bermanfaat untuk para pembaca setia blog pustaka ilmu. Jangan lupa untuk di share dan berkomentar. Terimakasih

Tags

About The Author

sari mega 8
Kapur Tulis

sari mega

Sumber Ilmu Pengetahuan dan Pendidikan terlengkap dan juga informasi Peternakan, Perkebunan, Pertanian, Bisnis serta Kesehatan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From sari mega