Taman Safari Indonesia - Bersafari Hewan di Bumi Parahyangan

18 May 2018 12:43 345 Hits 0 Comments
Selama tiga dekade, Taman Safari Indonesia (TSI) di Cisarua, Jawa Barat, telah menyediakan tempat perlindungan bagi keluarga perkotaan yang ingin mendapatkan pandangan sekilas tentang alam. Pada akhir pekan dan hari libur, taman safari selalu sibuk dengan pengunjung yang mengendarai kendaraan mereka sendiri di sekitar fasilitas, menggulingkan jendela dan mengambil foto hewan berkeliaran bebas.

Selama tiga dekade, Taman Safari Indonesia (TSI) di Cisarua, Jawa Barat, telah menyediakan tempat perlindungan bagi keluarga perkotaan yang ingin mendapatkan pandangan sekilas tentang alam. Pada akhir pekan dan hari libur, taman safari selalu sibuk dengan pengunjung yang mengendarai kendaraan mereka sendiri di sekitar fasilitas, menggulingkan jendela dan mengambil foto hewan berkeliaran bebas.

Didirikan pada 1986, TSI adalah pelestarian satwa liar pertama di Indonesia, tempat bagi spesies langka dan tidak terancam punah. Dibangun di atas lahan seluas 50 hektar di bekas perkebunan teh di kaki Gunung Pangrango, lahan tersebut telah diperluas menjadi lebih dari 170 hektar dan dua lokasi lainnya di Jawa dan Bali.

“Ini adalah tempat perlindungan bagi sekitar 2.600 hewan, yang sebagian besar berasal dari Afrika dan Indonesia. Kami memiliki bunga mawar merah muda yang sangat indah, zebra dan unta yang penasaran, dan tentu saja, raja-raja hutan seperti singa dan harimau. Kami sangat bangga dengan fakta bahwa kami berhasil membudidayakan 107 ekor gajah Sumatera. Yang tertua adalah 25 tahun, ”kata Zain, seorang pemandu di Taman Safari Indonesia.

Dalam melestarikan margasatwa ini, hewan-hewan berada di tangan yang baik. Mereka diberi makan secara teratur - sekitar 10 ton rumput untuk herbivora dan enam ton daging untuk karnivora setiap hari - dan berada di bawah perawatan penuh kasih dokter hewan.

Setelah memasuki area ini, Anda akan menemukan jalan-jalan berbaris dengan penjual yang menjual wortel, satu-satunya makanan hewani yang diizinkan masuk oleh taman. Kisah di balik itu adalah bahwa vendor adalah bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan TSI untuk meningkatkan mata pencaharian masyarakat lokal. Dengan membeli wortel dari vendor, Anda akan melakukan lebih dari sekadar memberi makan hewan, Anda juga mendukung tujuan yang baik.

Sementara beberapa pameran kecil dapat diakses dengan berjalan kaki, Anda akan menemukan tempat yang menyenangkan di sekitar pameran luar ruangan dengan jendela gulung, membelai dan memberi makan antelop, rusa dan llamas. Namun, itu tidak berarti Anda diizinkan keluar dari mobil kapan saja. Ketika mengunjungi area kucing besar, penting sekali bahwa semua jendela ditutup.

Benamkan diri Anda dalam seluruh pengalaman dan pelajari fakta menarik tentang hewan. Apakah Anda tahu penguin Humboldt dapat berlari secepat kebanyakan pria dan berenang lebih cepat daripada kebanyakan ikan atau buaya dan caiman tidur dengan mulut terbuka lebar? Tahukah Anda bahwa owa-owa berbulu hitam (siamang) menghasilkan lolongan yang tinggi dan seperti manusia?

Di TSI, ada sesuatu untuk semua orang. Untuk keluarga yang bepergian dengan anak-anak, ada taman hiburan mini untuk membuat si kecil sibuk. Bagi mereka yang menginginkan pemandangan udara dari taman luas, cukup naik ke kereta gantung langit. Lengkapi kunjungan Anda dengan membawa pulang beberapa suvenir dari toko Safari Wonder, di mana harga mulai dari Rp. 55.000.

Selain dari lokasi aslinya di Cisarua, yang juga merupakan tempat Royal Safari Garden Hotel, ada dua taman safari lainnya yang dikelola oleh TSI yang terletak di Prigen, Jawa Timur, dan Bali. Perusahaan juga menjalankan unit yang disebut Batang Dolphin Center di Jawa Tengah. Pembentukan lain, yang disebut Baobab Safari Resort, dijadwalkan dibuka di Prigen pada akhir Mei.

Tidak Jauh dari sana banyak hotel-hotel di sekeliling Taman Safari Indonesia, dan di Gerbera Hotel adalah salah satu hotel yang kami rekomendasikan, silahkan menginap disana.

Tags

About The Author

marlonzo 19
Pensil

marlonzo

stay hungry, stay foolish

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel