Indonesia Temukan Kantong Plastik yang Dapat Dikonsumsi

15 May 2018 13:13 1309 Hits 0 Comments

Plastik adalah bahan yang sulit terurai atau membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai yang dapat membuat lingkungan kita tercemari sehingga mampu merusak beberapa komponen lingkungan. Padahal, Indonesia menduduki posisi terbesar kedua penghasil sampah plastik. Oleh karena itu, salah satu pemuda Indonesia ini menemukan ide kreatif yaitu membuat plastik yang dapat terurai dengan mudah bahkan dapat dimakan.

Plastik adalah bahan yang sulit terurai atau membutuhkan waktu yang sangat lama untuk terurai yang dapat membuat lingkungan kita tercemari sehingga mampu merusak beberapa komponen lingkungan.

Tahukah kamu bahwa kehidupan sehari-hari manusia hampir tidak terlepas dari penggunaan plastik? Entah itu penggunaan kemasan makanan atau minuman, tas perbelanjaan, dan bahkan kemasan produk yang sering kita gunakan dalam sehari-hari seperti, kemasan shampoo, sabun, odol, sikat gigi, dll. 

Hal ini dikarenakan sifat plastik yang merupakan produk serbaguna, fleksibel, ringan, tahan kelembaban, kuat dan relatif murah. Karena berbagai kemudahan itulah, maka seluruh dunia sangat suka menghasilkan produk yang berbahan dan berkemasan plastik. 

Menurut Dirjen Pengelolan Sampah, Limbah, dan B3 KLHK Tuti Hendrawati Mintarsih, sampah plastik di Indonesia pada tahun 2019 akan mencapai 9,25 juta ton atau 14% dari jumlah sampah yang ada. Selain beliau, Jambeck (2015) menyebutkan bahwa Indonesia berada di posisi kedua tertinggi di dunia sebagai penghasil sampah plastik ke laut yang mencapai sebesar 187,2 juta ton, yang berarti akan mengganggu sistem kehidupan makhluk hidup yang berada di lautan Indonesia.

Oleh karena itu, diperlukan sekali ide cemerlang dan pengelolaan sampah yang baik untuk mengelola dan mengatasi masalah sampah plastik terutama di Indonesia. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, seorang pemuda dari salah satu provinsi di Indonesia yaitu Bali, Kevin Kumala berhasil menemukan ide kreatif yaitu menemukan plastik yang dapat dikonsumsi atau mudah terurai dengan mendirikan perusahaan bernama Avani yang memproduksi kantong plastik ramah lingkungan hingga aman untuk dimakan dan juga dibakar. Kantong plastik ini menggunakan bahan ketela sehingga saat dibuang dan tidak sengaja termakan oleh hewan, tidak akan memberi dampak negatif.

Hal yang mendorong Kevin untuk meluncurkan ide kreatif ini, karena melihat bahwa Indonesia memiliki keragaman fauna dan flora yang memesona. Namun, kita merupakan negara yang menduduki posisi penghasil sampah plastik terbesar ke lautan yang dapat merusak keindahan alam yang ada. 

Kantong plastik buatan Kevin ini, hanya membutuhkan waktu 90 hari untuk terurai dan bahkan dapat dimakan. Hal ini dibuktikan oleh Kevin saat ia menyobek plastik tersebut, kemudian memasukkan kedalam air hangat sehingga terlarut dan meminumnya. Wahh menarik sekali bukan?

Sungguh luar biasa karya anak bangsa ini, yang oleh karena mencintai lingkungan Indonesia sehingga mencetuskan ide cemerlang untuk mengatasi permasalahan sampah plastik di Indonesia. Apakah kamu juga tertarik berkontribusi untuk mengatasi masalah sampah plastik di Indonesia? Yuk generasi muda, kita atasi sampah yang mengotori bumi kita. Tidak harus menemukan ide cemerlang lainnya, tapi hanya mendukung ide yang sudah ada juga baik, dengan tidak membuang sampah sembarangan dan menerapkan program 3R yaitu reduce, reuse, dan recycle

Tags

About The Author

Yemima 10
Pensil

Yemima

Majoring in Environmental Engineering of President University

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel

From Yemima