BILL GATES

9 May 2018 19:35 2011 Hits 0 Comments
Belajar dari salah satu orang terkaya di dunia

Dewasa ini kita sudah tidak asing dengan yang namanya Microsoft. Nah, Bill Gates adalah orang di balik kesuksesan Microsoft tersebut. Dia-lah pendiri Microsoft. Bahkan, keahliannya di bidang komputer telah mengantarkan Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia. Ia menduduki peringkat tetap di antara orang-orang terkaya di dunia dan menempati peringkat pertama sejak 1995 hingga 2009 (tidak termasuk 2008 ketika ia turun ke peringkat tiga). Di tahun 2010 hingga 2013 menduduki peringkat 2, lalu kembali ke posisi puncak mulai 2014 sampai 2017, dan balik ke posisi 2 di tahun 2018 (versi Majalah Forbes).  

Mungkin ada banyak orang (motivator) yang menyinggung masalah DO (Drop out) dari Bill Gates sehubungan dengan kesuksesannya. Namun, kita tak harus DO terlebih dahulu agar bisa sukses. Di balik kesuksesan Gates, ia mempunyai minat yang kuat terhadap komputer dan kesungguhan hati di dalam belajar.

Bill Gates adalah seorang tokoh bisnis, investor, filantropis, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai ketua Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Dia adalah sosok kutu buku yang suka menjauhkan diri dari sekitarnya. Ia juga terkenal kasar karena suka menyerang dengan kata-kata. Meski Gates pekerja keras, namun sebagai manusia biasa dia juga perlu refreshing. Hobinya adalah bermain kartu bridge, tenis, dan golf.

Selama karirnya di Microsoft, Gates pernah menjabat sebagai CEO dan kepala arsitek perangkat lunak, dan masih menjadi pemegang saham perorangan terbesar dengan lebih dari 8 persen saham umum perusahaan. Ia juga telah menulis beberapa buku.

William Henry Gates III atau lebih dikenal dengan nama Bill Gates dilahirkan pada 28 Oktober 1955, di Seattle, Washington. Bill Gates adalah adalah anak kedua dari tiga bersaudara. Ayahnya William Henry Gates adalah seorang pengacara perusahaan yang punya banyak relasi di kota. Sedangkan ibunya Mary Maxwell seorang pegawai First Interstate Bank, Pacific Northwest Bell dan anggota Tingkat Nasional United Way. Keluarganya termasuk masyarakat menengah ke atas. Bill seorang anak yang cerdas, tetapi dia terlalu penuh semangat dan cenderung sering mengalami kesulitan di sekolah. Ketika dia berumur sebelas tahun, orang tuanya memutuskan untuk membuat perubahan pada dirinya dan mengirimnya ke Lakeside School, sebuah sekolah dasar yang bergengsi khusus bagi anak laki-laki. Sekolah itu adalah sekolah elite yang paling unggul di Seattle.

Di Lakeside itulah pada tahun 1968 Bill Gates untuk pertama kalinya diperkenalkan dengan dunia komputer, dalam bentuk mesin teletype yang dihubungkan dengan telepon ke sebuah komputer pembagian waktu. Dia dengan cepat menguasai BASIC, sebuah bahasa pemograman komputer, dan bersama dengan para hacker yang belajar sendiri di Lakeside, dia melewatkan waktu ber-jam-jam menulis program, melakukan permainan, dan secara umum mempelajari banyak hal tentang komputer. Akhirnya, bakat Gates yang luar biasa pun diketahui. Gates dan Allen pun akhirnya membentuk suatu usaha bersama bernama Traf-O-Data, untuk menciptakan penghitung lalu lintas berbasis prosesor Intel 8008. Waktu itu Gates berumur 17 tahun. Setahun kemudian, tepatnya di awal 1973, Bill Gates bekerja sebagai pembantu kongres di Dewan Perwakilan Rakyat AS.

Gates lulus dari Lakeside School pada tahun 1973. Nilainya ujian SAT-nya sangat tinggi, 1590 dari total 1600. Ia melanjutkan sekolah dengan kuliah di Harvard College pada musim gugur 1973 dan bertemu dengan Steve Ballmer. Dia-lah yang kelak menggantikan Gates sebagai CEO Microsoft.

Gates tidak punya rencana belajar tetap ketika menjadi mahasiswa di Harvard dan menghabiskan banyak waktunya dengan menggunakan komputer sekolah. Gates masih berkomunikasi dengan Paul Allen. Mereka menamai kemitraan mereka "Micro-Soft" dan mendirikan kantor pertamanya di Albuquerque. Satu tahun berikutnya, tanda penghubung pada namanya dihapus, dan pada 26 November 1976, nama dagang "Microsoft" didaftarkan di Kementerian Luar Negeri New Mexico. Gates memutuskan keluar (drop out) untuk menyumbangkan waktunya ke Microsoft. Namun, keputusan itu ternyata tidak sia-sia, IBM PC memutuskan untuk bekerjasama dengan Microsoft, meski akhirnya kerjasama mereka berakhir pada 16 Mei 1991.

Bisnis Gates bukanlah tanpa hambatan, Microsoft pernah tersandung masalah di pengadilan karena kasus monopolisasi dan pengikatan, dan menghambat persaingan, serta melanggar Undang-undang antitrust Sherman. Bill Gates telah melakukan beberapa kesalahan dalam bisnis softwarenya, misalnya monopoli Internet Explorer pada sistem operasi Windows. Gates juga mendapat reputasi yang tidak baik untuk caranya berdagang. Satu contoh ialah MS-DOS.

Gates menikah dengan Melinda French pada 1 Januari, 1994. Bersama istrinya, ia mendirikan Bill & Melinda Gates Foundation, sebuah yayasan sosial filantropi. Pada tahun 1997 koran Washington Post menyatakan bahwa “Gates telah menyatakan bahwa dia memutuskan untuk menyumbangkan 90 persen daripada hartanya semasa dia masih hidup.” Dalam bulan Juni 1999, Gates dan istrinya mendermakan $5 milyar kepada organisasi mereka, pendermaan yang paling besar dalam dunia oleh individu-individu yang hidup. Dalam 2008, Gates mengundurkan diri dari manajemen Microsoft dan mengkonsentrasikan diri pada kerja kedermawanan melalui yayasan yang didirikannya, Bill & Melinda Gates Foundation. Pada November 2006, ia dan istrinya diberi penghargaan Order of the Aztec Eagle atas aktivitas filantropi mereka di seluruh dunia dalam bidang kesehatan dan pendidikan, terutama di Meksiko, dan tepatnya pada program "Un país de lectores". Pada Oktober 2009, diumumkan bahwa Gates diberi penghargaan 2010 Bower Award for Business Leadership dari The Franklin Institute atas pencapaiannya dalam bisnis dan aktivitas filantropinya. Pada tahun 2010, ia memperoleh Silver Buffalo Award dari Boy Scouts of America, penghargaan tertinggi untuk orang dewasa, atas jasanya kepada para pemuda.

Gates pernah menempati peringkat pertama pada daftar Forbes 400 sejak 1993 hingga 2007 dan peringkat satu pada daftar The World's Richest People Forbes sejak 1995 hingga 2007 dan 2009. Pada 1999, kekayaan Gates pernah melewati angka $101 miliar, akibatnya media menyebutnya sebagai "centibillionaire". Sejak 2000, jumlah nominal sahamnya di Microsoft menurun karena jatuhnya harga saham Microsoft setelah pecahnya gelembung dot-com dan sumbangan multi-miliar dolar kepada berbagai yayasan amal. Pada wawancara bulan Mei 2006, Gates berkomentar bahwa ia bukanlah orang terkaya di dunia karena ia tidak suka perhatian yang muncul akibat gelar tersebut. Gates memiliki beberapa investasi di luar Microsoft yang pada 2006 menggajinya sebesar $616.667 serta bonus $350.000 sehingga totalnya mencapai $966.667. Ia mendirikan Corbis, sebuah perusahaan gambar digital, pada tahun 1989. Pada tahun 2004 ia menjadi direktur Berkshire Hathaway, perusahaan investasi yang diketuai oleh sahabat lamanya, Warren Buffett. Pada Maret 2010, Bill Gates menempati peringkat kedua sebagai orang terkaya di dunia setelah dikalahkan Carlos Slim.

Pada tahun 1987, Gates secara resmi dinyatakan sebagai seorang miliarder dalam halaman 400 Richest People in America majalah Forbes, beberapa hari sebelum ulang tahunnya yang ke-32. Sebagai miliarder usaha sendiri termuda di dunia, kekayaannya mencapai $1,25 miliar, $900 juta lebih banyak daripada tahun sebelumnya, ketika ia masuk pertama kalinya dalam daftar ini. Dan masih banyak versi-versi dari majalah lain yang menyebutkan tentang betapa kayanya Bill Gates ini.

Pada tahun 1994, ia mendapat penghormatan sebagai Distinguished Fellow ke-20 di British Computer Society. Gates telah menerima gelar doktorat penghormatan dari Nyenrode Business Universiteit, Breukelen, Belanda, pada tahun 2000; Royal Institute of Technology, Stockholm, Swedia pada tahun 2002; diundang pada tahun 2003 untuk menyampaikan ceramah intisari di hadapan Golden Jubilee of the Indian Institute of Technology yang diadakan di San Jose, California; Waseda University, Tokyo, Jepang pada tahun 2005; Tsinghua University, Beijing, Cina, pada bulan April 2007; Harvard University pada bulan Juni 2007; Karolinska Institutet, Stockholm, pada bulan Januari 2008, dan Cambridge University pada bulan Juni 2009. Ia juga dijadikan sebagai anggota kehormatan Peking University pada tahun 2007. Gates juga diberikan gelar kehormatan Knight Commander of the Order of the British Empire oleh Ratu Elizabeth II pada tahun 2005. Para entomolog juga memberi nama bunga kembang Bill Gates, Eristalis gatesi, sebagai tanda penghormatan.

Semasa hidupnya, dan di umurnya yang masih muda, Bill gates telah meraih banyak hal. Minatnya yang sangat besar beserta usaha yang sungguh-sungguh telah mengantarkannya menjadi orang yang sukses secara materi. Bagaimana dengan generasi muda kita? Mari kita contoh semangat kerja dan hal-hal yang baik dari tokoh kita yang satu ini.

 

Sumber:

Http://biografi.rumus.web.id/2010/10/biografi-bill-gates-pendiri-microsoft.html

Http://id.wikipedia.org/wiki/Bill_Gates

Http://cyberions.blogspot.com/2009/11/fakta-tentang-kekayaan-bill-gates.html

 

Sumber gambar: Tumblr

Tags Biografi

About The Author

Dini Nuris Nuraini 28
Pena

Dini Nuris Nuraini

penulis, blogger

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel