8 Tipe Kepribadian Kids Zaman Now dalam Mengelola Uang

21 Mar 2018 11:44 1912 Hits 0 Comments
Dengan mengenali tipe kepribadian, kamu tahu cara menyisihkan gaji atau pendapatan bulanan untuk investasi agar kualitas hidupmu meningkat.

Yang satu anaknya pelit banget kayak Pak Ogah. Yang satu lagi udah macem sosialita alay. Yang lainnya lagi punya hobi ngejar-ngejarin orang ngutang. Meskipun ngeselin amit-amit, ketiga jenis manusia ini biasanya pasti ada deh di dalam suatu geng kids zaman now, termasuk geng kamu. Ini karena setiap dari kamu punya cara pandang berbeda dalam menghadapi kondisi keuangan serta caramu memperlakukan uang atau biasa disebut money archetype.

Yuza Aziz dan Tom MC Ifle, pemilik dari ICoach, lembaga training pengembangan diri yang menerapkan psikologi coaching terapan berpendapat bahwa karakter kita bisa dikenal dari bagaimana kita mengelola uang. Tentu penemuan ini bisa berdampak positif khususnya untuk kamu yang berpasangan. Nah yang belum punya pasangan ya udah sabar aja dulu sambil baca ini artikel, mungkin doi masih jalan sama yang lain.

Oke, kenapa ini penting? Karena dengan saling mengenali satu sama lain, kalian bisa menemukan solusi keuangan bersama sekaligus menyeimbangkan hubungan. Di bawah ini 8 tipe kepribadian yang perlu kamu tahu dalam mengelola uang:

1.    Innocent
Jika kamu adalah orang yang cenderung takut , tidak percaya diri, dan tidak mau memikirkan masalah keuangan, kamu berada di tipe jenis ini. Kamu selalu merasa tidak memiliki kekuatan dan kemampuan untuk mengatur segala sesuatu tentang uang. Akibatnya, setiap mendapatkan uang dalam jumlah besar pasti akan cepat habis karena rendahnya rasa tanggung jawab terhadap uang

2.    Victim
Tipe-tipe menyalahkan orang lain ketika mengalami suatu masalah dan merasa khawatir jika masalah yang dihadapi akan berbalik menimpa diri mereka. Kamu yang punya sifat ini akan menyelamatkan diri dengan menyalahkan orang lain sebagai penyebab terjadinya masalah tersebut. Buruknya, uangmu menjadi tidak produktif karena sifat dasarmu yang kurang bisa percaya pada orang lain akan membuatmu tidak tertarik bahkan menghindari investasi. Kamu akan merasa aman jika menggunakan cara konvensional misalnya uang disimpan di brankas atau malah di bawah bantal.

3.    Martyr
Kamu memilih berkorban buat orang lain tapi dengan pamrih dan terkadang malah mengabaikan dirinya sendiri. Kamu yang bertipe begini tidak pernah bisa menabung karena termakan kebaikan sendiri contohnya sering meminjamkan uang tanpa menagihnya balik. Meskipun kelihatannya dermawan, tapi kamu malah membuat temanmu tidak produktif dan menggantungkan hidupnya padamu.

4.    Fool
Spontanitasnya tinggi, bertindak tanpa dipikirkan lebih matang dan tidak terpikir tentang masa depan. Karakternya pemalas serta mengharap uang datang cepat atau instan. Maka dari itu tipe ini lebih senang berhutang demi hiburan semata daripada mencari uang dengan cara benar. Percayalah kamu yang modelnya seperti ini akan dijauhi teman karena dianggap benalu tak guna.

5.    Tyran
Takut kehilangan uang menjadi ciri khas tipe ini. Jeleknya, mereka serakah dan tidak pernah puas bahkan seringkali bekerja terlalu keras tanpa memperdulikan berbagai hal lain di sekelilingnya termasuk kesehatan. Alhasil, mereka tidak pernah cukup dengan kondisi keuangannya, ahli manipulasi dan terlalu mengontrol.

6.    Warrior
Karakter yang waras karena mereka punya sifat bijaksana, punya target jelas untuk masa depan juga kalkulatif dalam perhitungan baik pemasukan maupun pengeluaran. Selain itu mereka memiliki kepercayaan diri dan sukses dalam masalah keuangan. Kamu bisa menemukan karakter ini pada pengusaha sukses yang disiplin dengan keuangannya.

7.    Magician
Kaum idealis bergabung di tipe ini karena mereka biasanya berusaha untuk mengubah ide menjadi realitas meskipun sebenarnya tidak mungkin. Percaya diri, dan mengandalkan diri sendiri adalah ciri khas lainnya. Mereka juga percaya bahwa dapat mengerjakan apapun seorang diri. Bagusnya, kamu yang seperti ini tidak mendewakan uang dan bisa mengatur uang dengan baik.

8.    Creator
Mengutamakan intuisi atau panggilan hati dalam melakukan berbagai hal. Sifat idealis dan spiritualnya cukup baik dan terbiasa untuk menciptakan sesuatu. Sayangnya, kamu yang bersifat seperti ini bekerja demi passion, tidak realistis, bahkan terlalu ekstrem, seakan-akan tidak membutuhkan uang.

Dengan mengenali tipe kepribadian ini, kamu bersama teman, keluarga atau pasangan bisa lebih saling memahami dan melengkapi satu sama lain. Dengan mengenali tipe kepribadian, kamu tahu cara menyisihkan gaji atau pendapatan bulanan untuk investasi agar kualitas hidupmu meningkat.

Aplikasi nabung online modern IPOTPAY bisa menjadi pilihan untuk investasi reksadanamu. Selain untuk investasi, aplikasi ini juga menawarkan fitur-fitur unggulan seperti gratis biaya transfer antar bank, fitur berlanja di e-commerce dan top up e-wallet favorit kamu serta penarikan dana via ATM yang cepat.

Di IPOTPAY sendiri ada banyak pilihan reksadana, salah satunya Mandiri Investa Pasar Uang. Mandiri Investa Pasar Uang bisa dijadikan pilihan nabung onlinemu karena Mandiri Investa Pasar Uang memberikan tingkat likuiditas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu yang singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik.

Nah, setelah tahu IPOTPAY, kini saatnya untuk intropeksi diri. Jika memiliki kepribadian negatif dalam memperlakukan uang saatnya mengubahnya menjadi lebih baik. So, dari ke-8 tipe di atas tipe manakah diri kamu?

Tags

About The Author

Johanes Sutanto 35
Ordinary

Johanes Sutanto

Pemula
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel