7 Hal yang Membuat Wajah Anda Berjerawat

13 Mar 2018 10:46 471 Hits 0 Comments
Walaupun terdengar sepele, hal-hal berikut bisa membuat jerawat hinggap di wajah Anda dan meruntuhkan percaya diri Anda, lho!

Hampir setiap orang tentunya pernah mengalami munculnya jerawat, baik di wajah maupun di bagian tubuh lainnya. Selain mengganggu penampilan, tidak jarang jerawat yang terluka bisa menyebabkan peradangan dan mengganggu kesehatan wajah, lho. 

Maka dari itu, sebisa mungkin masalah kulit yang satu ini haruslah dicegah kedatangannya. Nah, agar memahami cara mencegahnya, Anda harus mengetahui lebih dulu penyebab jerawat datang dan hinggap pada wajah. Mau tahu apa saja penyebabnya?

1. Hormon

Penyebab jerawat yang pertama, dan paling umum adalah peningkatan kadar hormon androgen di dalam tubuh Anda.

Nah, bagi yang belum tahu, androgen merupakan sebuah hormon yang muncul ketika seseorang memasuki masa pubertas, dan menyebabkan peningkatan kadar sebum (minyak) pada wajah. Hormon ini juga akan menyebabkan pori-pori Anda membesar sehingga memungkinkan bakteri dan kuman lebih mudah masuk ke dalamnya.

Nah, saat kedatangan bakteri dipadukan dengan kadar sebum yang meningkat, maka terbentuklah jerawat yang mengganggu. Intinya, hormon androgen lah yang membuat jerawat kebanyakan menyerang para remaja.

 

2. Makanan berminyak

Ternyata, makanan berminyak dan mengandung garam tinggi menjadi salah satu makanan penyebab jerawat, lho. Saat memakannya, banyak dari Anda yang lupa membersihkan bagian di sekitar bibir. Akibatnya, seringkali timbul jerawat di bagian tersebut.

Lebih baik, Anda menambah porsi buah dan sayur dalam menu harian Anda. Bagi Anda yang belum tahu, banyak mengonsumsi wortel dapat meningkatkan kemampuan kulit wajah dalam meregenerasi kulit dan membantu penyembuhan jerawat batu, lho.

 

3. Susu

Jarang yang tahu bahwa susu juga merupakan salah satu penyebab munculnya jerawat. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard University pada tahun 2005 menemukan bahwa mengonsumsi susu skim sangat erat kaitannya dengan munculnya jerawat di wajah.

 

4. Make-up

Nah bagi para ladies, perhatikan, nih! Jika Anda sering menggunakan make-up, hati-hati, ya! Pasalnya, make-up dan kosmetik yang kurang higienis juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat. Hal inilah yang seringkali memunculkan jerawat di bagian pipi Anda.

 

5. Rokok

Anda seorang perokok? Hati-hati! Siapa tahu, inilah yang menjadi penyebab jerawat. Pasalnya, sebuah studi yang dilakukan oleh Rome’s San Gallicano Dermatological Institute membuktikan bahwa terdapat hubungan antara merokok dan timbulnya jerawat pada wajah, khususnya pada orang dewasa. Jadi, masih mau merokok?

 

6. Berat badan berlebih

Tahukah Anda, bahwa studi baru-baru ini juga menemukan perempuan berbadan gemuk memiliki lebih banyak jerawat dibandingkan perempuan yang memiliki berat seimbang? Usut punya usut, hal ini dipicu oleh perubahan hormon pada mereka yang memiliki berat badan berlebih.

 

7. Stres

Penyebab jerawat yang terakhir adalah adanya rasa stres yang ditimbulkan oleh tekanan pekerjaan, hidup, atau sekolah. Lebih lanjut, sebuah studi yang dilakukan oleh Wake Forest University School of Medicine juga menyatakan bahwa keadaan emosional dapat memicu timbulnya jerawat, atau bahkan memperburuknya.

Jika ini adalah penyebab Anda berjerawat, maka Anda disarankan untuk melakukan hal-hal pengurang stres, seperti berolahraga, melakukan yoga, atau meditasi.

 

Selain ketujuh hal di atas, jerawat juga bisa disebabkan karena Anda kurang mengonsumsi air putih, lho! Jadi, cara sedehana untuk menghindarinya adalah dengan menjalani hidup sehat, dan mengurangi stres!

Nah, jika ada di antara Anda yang sudah terlanjur berjerawat, jangan langsung dipencet, ya, karena dapat membuat kulit wajah Anda mengalami peradangan dan menimbulkan bekas, lho. Sejumlah metode dengan bahan alami, seperti madu dan kulit telur bisa Anda coba sebagai cara menghilangkan jerawat dan bekasnya, kok. Semoga bermanfaat!

Tags

About The Author

Mutia Agisni 24
Pensil

Mutia Agisni

Hallo, salam kenal!

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel