CARA MUDAH BELAJAR PHP UNTUK PEMULA

12 Mar 2018 11:34 480 Hits 0 Comments
Belajar PHP sangat penting untuk seorang Programmer karena, PHP merupakan script yang dapat ditanamkan atau disisipkan pada halaman HTML, ataupun halaman PHP yang disisipkan HTML, tetapi lebih mudah apabila HTML yang disisipkan PHP  karena pada dasarnya jika HTML hanya merupakan tampilan web biasa PHP dapat melengkapinya dengan script-script nya itu sehingga perpaduan antara HTML dan PHP menjadi lebih dinamis,  

CARA MUDAH BELAJAR PHP UNTUK PEMULA

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai PHP admin akan memberikan sedikit gambaran mengenai PHP dan cara kerjanya. PHP adalah pemrograman script server-side yang khusus di desain untuk pengembangan web. PHP dikembangkan pada tahun 1995 oleh Rasmus Lerdorf yang sekarang dikelola oleh The PHP Group, PHP disebut bahasa pemrograman server side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser (client). Pada awalnya PHP hanya digunakan untuk membuat website pribadi. Dalam beberapa tahun perkembangannya sekarang bukan hanya digunakan untuk web sederhana, tetapi digunakan sebagai web populer yang powerful sehingga digunakan jutaan orang, dan bukti nyata web yang popular nya yaitu Wikipedia, Wordpress, Joomla, dll.

Kemudahan dan kepopuleran PHP sudah menjadi standar bagi programmer web di seluruh dunia. Menurut wikipedia pada februari 2014, sekitar 82% dari web server di dunia menggunakan PHP. PHP juga menjadi dasar dari aplikasi CMS (Content Management System) populer seperti Joomla, Drupal, dan WordPress.

PHP merupakan script yang dapat ditanamkan atau disisipkan pada halaman HTML, ataupun halaman PHP yang disisipkan HTML, tetapi lebih mudah apabila HTML yang disisipkan PHP  karena pada dasarnya jika HTML hanya merupakan tampilan web biasa PHP dapat melengkapinya dengan script-script nya itu sehingga perpaduan antara HTML dan PHP menjadi lebih dinamis, terlepas dari tampilan web yang menarik akan lebih baik lagi jika menggunakan CSS sebagai pelengkap desain tulisan, bentuk dan posisi tulisan ataupun gambar.

CARA MUDAH BELAJAR PHP UNTUK PEMULA

Nah, cara mudah belajar PHP yaitu:

  1. Kuasai terlebih dahulu HTML, cukup dasar-dasarnya saja.
  2. Kenali sintak dasar php yang sering dipakai musilnya php, echo, print, if, else, while, foreach, dll. tidak perlu banyak banyak. yang penting anda tahu kegunaan sintak dasar ini dan kapan harus digunakan.
  3. Pastikan terlebih dahulu apa web yang ingin kamu buat.
  4. Buat Program yang sederhana saja seperti hanya menggunakan‘echo.
  5. Lalu kembangkan kebentuk string dan variable.
  6. Terus kembangkan kebentuk if else.

Setelah mencobanya, apa yang dapat anda simpulkan?

Nah jika anda sudah menguasai sintaks PHP dasar anda dapat lebih mengembangkan kedalam bentuk lainnya lho.

 Jangan berhenti mencoba. Jangan langsung mencoba yang sulit, coba dulu yang mudah. Tulis lah kode anda sebanyak-banyaknya walaupun hasilnya tidak sempurna , kalau ada error cari sendiri dimana kesalahnnya. Kalau tidak tahu baru cari di google.

Setelah itu, untuk Mempermudah anda juga dapat menggunakan fungsi-fungsi yang telah disediakan PHP dengan cara mendownload manual / dokumentasi lengkap php versi bahasa inggris dari situsnya php disini: http://www.php.net/download-docs.php
Download lah yang versi html karena anda dengan mudah menggunakan fasilitas searching konten nantinya.

 

 

Tags

About The Author

Indri Ratika Dewi 19
Pensil

Indri Ratika Dewi

Simple

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel