Perempuan dalam Kontestasi Politik

9 Mar 2018 10:28 1485 Hits 0 Comments

Dalam konteks sekarang, selama ini peranan dan patisipasi perempuan dinilai kurang optimal dalam menjalani alur kehidupan, perempuan memiliki kekhususan tersendiri yang tidak dapat disamakan dengan kaum lelaki,terutama dalam hal perpolitikan. Karena apa? Karena dalam hal kekuasaan pun ternyata perempuan memiliki porsi yang lebih sedikit dibanding kaum lelaki, Sehingga hal ini membuat perempuan kurang mendapat perhatian khusus dari pemerintah dalam hal kebijakan perempuan juga memiliki hak yang sama dengan nilai membuat kaum perempuan begitu berat dalam memperjuangkan hak asasi dan hak perempuan.ini salah satu contoh pejuang yang begitu gigih dalam memperjuangkan hak perempuan ialah Ida Fauziyah yang begitu banyak perannya dalam dunia politik dan perubahan bagi kaum perempuan. Karena Ida sendiri merupakan pendiri Kaukus Perempuan Parlemen sekaligus menjadi Ketua yang pertama kali.

 

Perempuan adalah makhluk yang diciptakan oleh Tuhan dari tulang rusuk seorang lelaki, perempuan memiliki sifat yang berbeda dari lelaki, Perempuan dalam konteks gender didefinisikan sebagai sifat yang melekat pada seseorang untuk menjadi feminism. Keprihatinan terhadap kondisi kaum perempuan dalam memperjuangkan dan memenuhi hak-hak perempuan, tidaklah luput dari anggapan bahwa kondisi perempuan sangatlah tidak seimbang dalam hal pemenuhan aspirasi untuk memperjuangkan hak-hak perempuan Indonesia. Padahal yang kita tau peran perempuan sudah lama dunia politik sudah ada sejak zaman dahulu. 

Dalam konteks sekarang, selama ini peranan dan patisipasi perempuan dinilai kurang optimal dalam menjalani alur kehidupan, perempuan memiliki kekhususan tersendiri yang tidak dapat disamakan dengan kaum lelaki,terutama dalam hal perpolitikan. Karena apa? Karena dalam hal kekuasaan pun ternyata perempuan memiliki porsi yang lebih sedikit dibanding kaum lelaki, Sehingga hal ini membuat perempuan kurang mendapat perhatian khusus dari pemerintah dalam hal kebijakan perempuan juga memiliki hak yang sama dengan nilai membuat kaum perempuan begitu berat dalam memperjuangkan hak asasi dan hak perempuan.ini salah satu contoh pejuang yang begitu gigih dalam memperjuangkan hak perempuan ialah Ida Fauziyah yang begitu banyak perannya dalam dunia politik dan perubahan bagi kaum perempuan. Karena Ida sendiri merupakan pendiri Kaukus Perempuan Parlemen sekaligus menjadi Ketua yang pertama kali,

Peran penting perempuan dalam dunia politik,membantu kaum lelaki dalam mengambil sebuah solusi yang baik, perempuan di ciptakan oleh Tuhan. Mempunyai kelebihan yang unik,inilah yang membuat kemampuan berpolitik perempuan bisa dibandingkan dengan kaum lelaki. Memang bias diakui banyak peran diduduki oleh kaum lelaki dan dalam kurun waktu yang cukup lama kaum lelaki dipandang sebagai subyek yang mengatur atau yang paling berhak dalam ranah publik dan politik. Selain itu perhatian terhadap kehadiran kaum perempuan di dalam panggung politik, berkaitan dengan masalah keadilan. Tergambar dengan jelas bahwa sisa-sisa ketidaksamaan derajat antara laki-laki dan perempuan. Sementara pada saat yang sama perempuan terus diperankan sebagai pelayan yang membantu kerja kaum lelaki. 

Adagium peran domestik perempuan hanya berurusan dengan “masak, macak, manak” jelas paradigma yang mengkhianati hak–hak asasi manusia sebagai ciptaan Tuhan. Yang diciptakan dengan potensi yang sama. Penegasahan rancangan undang-undang kesetaraan dan keadilan gender (RUU KKG) oleh KH Abdurrahman Wahid dan peraturan pemerintah hak asasi perempuan yaitu hak yang dimiliki oleh seorang perempuan baik itu sebagai seorang manusia maupun seorang perempuan. Seperti yang tercantum dalam Undang – Undang Dasar 1945 BAB XA tentang Hak Asasi Manusia pasal 28A “setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidupnya” dan pasal 28C ayat 2 “setiap orang berhak untuk memajukan dirinya dalam memperjuangkan haknya secara kolektif untuk membangun masyarakat, bangsa dan negara”.

Dalam pasal yang telah disebutkan diatas yang menyatakan manusia berhak hidup dan mempertahankan hidupnya, berhak memajukan diri dan memperjuangkan haknya .kehidupan perempuan dan perjuangan panjang perempuan dalam dunia politik setidaknya mulai mendapatkan titik terang dalam perjuangannya selama ini. Dan sekarang mulai masyarakat dan pemerintah memberikan kesempatan kepada perempuan untuk terjun dalam politik walaupun masih jarang perempuan terjun ke dunia politik kaum perempuan juga masih terbelenggu oleh nilai-nilai budaya yang masih melekat dalam kehidupan sosial masyarakat.perempuan hanyalah peranan di dapur atau mengurusi suami dan anak-anak dan bila perempuan bersekolah tidaklah perlu tinggi-tinggi hanya perlu mengenal huruf dan angka.

Konsep ini masih banyak yang memakai paradigma ini yang membuat perempuan banyak yang tertinggal dan tidak mau bangkit, tetapi dari sekian banyak perempuan memakai paradigma ini ada juga perempuan yang mau bangkit dan mau maju dalam dunia pendidikan maupun politik yaitu bias dibilang Ida Fauziyah sosok Politis dari Fraksi PKB. Tidak jarang perempuan sebagai pemimpin banyak menghadapi hambatan yang berasal dari budaya masyaraka. Tetapi perjuangan inilah yang membuahkan hasil yang baik, sekarang banyak perempuan yang terjun dalam dunia politik walaupun jarang yang perempuan yang tidak terlalu andil di dunia politik tetapi mereka buktikan dengan kemampuan yang mereka gelutinya. Partisipasi perempuan dalam politik sangatlah penting.

Sebab keberadaan mereka dapat meningkatkan kesejahteraan kelompok perempuan dengan mewakili, mengawal dan mempengaruhi agenda dan proses pembuatan kebijakan, serta turut serta dalam proses pembangunan. Perempuan juga harus di berikan kesempatan menduduki kursi dalam bidang politik seperti kaum lelaki. Dalam segi Ideologi dan Hak Asasi Manusia, perempuan mempunyai kedudukan yang sama dengan laki-laki. Perempuan dan laki-laki mempunyai hak , kedudukan dan kesempatan yang sama untuk memperoleh kesehatan,pendidikan,pekerjaan,hak untuk hidup, hak kemerdekaan pikiran, hak untuk tidak disiksa, hak untuk diakui sebagai pribadi dihadapan hukum, hak untuk berserikat, berorganisasi, berpolitik, dan berbagai hak universal yang dilindungi oleh hukum. Singkat kata semua hak yang dimiliki kaum lelaki tak ubahnya duduk sama rendah dan berdiri sama tinggi. 

Kaum Perempuan dan kaum lelaki mempunyai kedudukan yang sama, yang dijamin dan dilindungi oleh Negara. Hal ini di buktikan dengan kemampuan perempuan di bidang politik yang maju dalam dunia pemerintahan,pendidikan dan bidang yang di gelutinya, banyak sekarang bidang kaum lelaki yang di ambil serta oleh kaum perempuan, dan pandangan mengenai paradigma yang salah telah di buktikan dengan perjuangan keras kaum perempuan yang sekarang pandangan masyarakatnya dan berfikir masyarakat sudah mulai berubah tentang perempuan,dan masyarakat sekarang lebih memberi ruang yang luas dan ramah bagi kaum perempuan untuk berkiprah dalam politik, termasuk menjadi pemimpin. Perempuan yang pernah terjun ke dunia politik ialah Megawati Soekarno Putri adalah perempuan yang pernah menjadi pemimpin perempuan pertama Indonesia yang telah membuktikan bahwa perempuan juga bisa menjadi pemimpin.bukan saja kaum lelaki yang bisa menjadi pemimpin , perempuan pun bisa.Bangkit perempuan dan bangunan Kartini muda yang berguna bagi masyarakat dan keluarga. Selalu semamngat untuk Ida Fauziyah dalam menjadikan Jawa Tengah yang lebih baik.

 

Tags

About The Author

opini rakyat 20
Pensil

opini rakyat

ingin mengekspresikan segala sesuatu ke dalam tulisan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel