BERIKUT 3 LIBRARY CODEIGNITER PALING POPULER UNTUK GRAFIK CHART!

9 Mar 2018 16:13 3002 Hits 0 Comments
Berikut 3 library grafik chart yang sering digunakan untuk membuat sebuah penyajian data dalam bentuk grafik.

Assalamualaikum wr wb 

Apa kabarnya sobat programmer ? semoga sehat selalu yaaa...

Kali ini saya akan akan menjelaskan tentang library yang sering digunakan dalam pembuatan data grafik (grafik chart). Untuk pengertianya grafik atau chart merupakan suatu penyajian informasi dalam bentuk atau cara yang menarik dan mudah untuk dipahami dari pada melihat laporan berupa teks yang kompleks dan membosankan.

Grafik chart juga sangat membantu dalam mempermudah pemantauan progres suatu bisnis. Dan untuk membuatnya dalam codeigniter anda memerlukan sebuah library atau plugin. 

Untuk itu saya akan menjelaskan 3 library yang mudah untuk digunakan diantaranya sebagai berikut :

1.CHART.JS

Chartjs merupakan suatu library yang memanpaatkan element canvas untuk membuat data grafik yang akan ditampilkan melalui web browser dan bersifat open source,dengan Chartjs kita dapat membuat suatu laporan tersebut menjadi sebuah grafik yang mudah dipahami.Misalnya membuat sebuah laporan keuangan ,Catatan kunjungan website dan masih banyak lagi.

ChartJs mendukung 6 jenis chart yaitu sebagai berikut :

  • Tipe Line Chart
  • Tipe Bar Chart
  • Tipe Radar Chart
  • Tipe Polar Area Chart
  • Tipe Pie dan Dognut Chart
  • Tipe Buble Chart

2.HIGHCHART

Highchart adalah sebuah media atau library javascript yang digunakan untuk membuat grafik chart untuk sarana presentasi. highchart memiliki banyak dukungan chart yang dapat menghasilkan grafik yang indah dan rapih. dan yang membuat saya suka dengan highchart adalah sifatnya yang bersifat open source. Highchart juga memiliki banyak fitur sama halnya dengan chartjs diantaranya :

  • Tipe Line Chart
  • Tipe Pie Chart
  • Tipe Combination Chart
  • Tipe Polar  Chart
  • Dan masih banyak lagi

3.MORRISJS

MorrisJs adalah library grafik chart yang bersifat opensource dan Freeware. pada library ini terdapat 4 jenis grafik, yaitu tipe garis, bar, area dan pie (donut). Libary ini juga sangat membantu dalam hal penyajian laporan atau data serta cara menggunakannya yang cukup lumayan mudah serta mudah dipahami.

adapun beberapa kelebihannya adalah sebagai berikut ;

  • Tampilanya smooth (halus) yang membuat seseorang akan tertarik melihatnya
  • Responsive (fungsi resize) atau ukuranya dapat berubah ubah
  • dan masih banyak lagi kelebihanya.

Itulah 3 library yang sering digunakan untuk membuat sebuah penyajian data dalam bentuk  grafik yang akan membuat anda jauh lebih mudah dalam menganalisa suatu laporan atau data tidak seperti halnya dalam sebuah teks  kompleks yang bisa membuat anda menjadi jenuh atau membosankan,  jika agan agan punya referensi yang lain dan lebih mudah untuk dipelajari atau dipahaminya silahkan anda koment yaa,, nanti akan saya pelajari :v. 

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan semoga bermanfaat dan saya minta  maaf bila masih banyak kekurangan karena saya masih belajar dalam membuat artikel. Dan untuk kedepanya saya minta doa supaya bisa menjadi penulis yang  lebih baik lagi dan menyampaikan informasi yang bermanfaat bagi semua nya. Sekian, Terima kasih

Wassalamualaikum wr wb. 

 

Tags

About The Author

Dodi wahyono 33
Ordinary

Dodi wahyono

Saya adalah seorang pelajar di SMK YPC TASIKMALAYA mengambil keahlian di bidang IT khusus nya di REKAYASA PERANGKAT LUNAK
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel