Apa sih RSS dan RSS parser itu?

29 Jan 2018 15:40 1836 Hits 0 Comments
RSS adalah fitur yang membuat aplikasi anda selalu terupdate!

Bagi anda yang mempunyai kegemaran blogging, ataupun hanya sekedar menjelajah web, membaca-baca artikel. Pasti pernah membaca atau mendengar kata RSS bukan? Apakah RSS itu, bagi anda yang belum tau. Anda bisa menyimak Artikel berikut.

RSS adalah singkatan dari Really Simple Sindication, yakni satu sistem sindikasi yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan update/artikel terbaru dari situs-situs favorit Anda secara otomatis. RSS ini, mempermudah kedua belah pihak, bagi pembaca maupun penulis blog. RSS adalah sebuah file berformat XML untuk sindikasi yang telah digunakan (diantaranya dan kebanyakan) situs web berita dan weblog.

Pengertian sederhana dan kegunaannya adalah teknologi yang memudahkan kita untuk mendapat informasi terbaru dari web atau blog tersebut, tanpa kita harus membuka website tersebut. Cukup dengan berlangganan RSS ini, maka anda informasi terbaru langsung bisa anda dapatkan.

Kemudian, apa itu Feed? Feed adalah pengumpul untuk mengecek situs yang menyediakan RSS dan menampilkan berbagai artikel baru yang ditemukan. Feed ini bisa berupa program komputer atau layanan yang berbasis online.

Untuk dapat menggunakan RSS ini tidak sulit. Karena anda tinggal klik RSS button yang berwarna orange. Setelah itu anda akan diberikan pilihan untuk memilih RSS Reader yang dapat memudahkan anda seperti Google atau My Yahoo! Untuk berikutnya anda tinggal klik "Subscribe". Atau juga bisa berlangganan lewat email. Ini disediakan oleh beberapa situs web yang memberikan layanan agar informasi terbaru langsung masuk ke dalam email pribadi anda. Caranya pun tidak jauh beda. Disini anda hanya tinggal memasukkan email anda dengan benar dan klik Subscribe.

Bagi programmer yang ingin membuat aplikasi yang menampilkan dari suatu website, RSS ini juga dapat digunakan. Namun jika anda ingin menggunakan RSS ini anda harus membuat RSS parser pada program yang anda buat, karena RSS ini adalah sebuah File XML, maka anda harus mendecode RSS tersebut menggunakan parser jika anda ingin menampilkan pada website / program anda. Banyak RSS parser yang bisa dipakai.

RSS parser adalah sebuah file / susunan code yang berfungsi untuk menterjemahkan atau memilah – milah data dari sebuah RSS, menjadi data sesuai dengan kebutuhan kita. RSS parser sama fungsinya dengan RSS reader. Dengan membuat RSS parser sendiri, kita bisa mengambil data sesuai dengan apa yang kita mau. Misalnya kita hanya ingin mengambil judul dan beberapa kata cuplikan dari berita tsb. Atau kita Hanya mau mengambil judul dan gambar dari suatu berita.

Setelah membaca artikel ini, apakah anda tertarik menambahkan fitur RSS pada aplikasi anda? Atau membuat RSS parser sendiri? Dengan adanya fitur RSS ini, aplikasi anda pastinya akan lebih Up to Date loh!

Tags

About The Author

Daniel Desantha 20
Novice

Daniel Desantha

Simple

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel