Teknik Mengecat Motor Terbaru

29 Jan 2018 11:45 1696 Hits 0 Comments

Mengecat engine adalah sebuah kegiatan yang bisa di bilang gampang sulit. Bisa di bilang gampang karena biasanya beberapa kasus mengecat engine hanya tinggal semprot dan di bilang sulit karena hasilnya yang kurang maximal mulai dari hasil yang kurang rata sampai hasil feline nya kurang pas dengan contradict yang akan di feline. 

Disini setidaknya akan saya share bagaimana cara mengecat dengan baik dari beberapa cara yang bisa di bilang cukup famliar di indonesia. 

Sebelum melangkah ke cara mengecat engine lebih baik kita siapkan peralatan yang akan kita gunakan

Mengecat engine adalah sebuah kegiatan yang bisa di bilang gampang sulit. Bisa di bilang gampang karena biasanya beberapa kasus mengecat engine hanya tinggal semprot dan di bilang sulit karena hasilnya yang kurang maximal mulai dari hasil yang kurang rata sampai hasil feline nya kurang pas dengan contradict yang akan di feline. 

Disini setidaknya akan saya share bagaimana cara mengecat dengan baik dari beberapa cara yang bisa di bilang cukup famliar di indonesia. 

Sebelum melangkah ke cara mengecat engine lebih baik kita siapkan peralatan yang akan kita gunakan. 

Amplas halus , Siapkan amplas dengan insignificant ber nomor 2000 karena biasanya nomor ini memang diperuntukkan untuk body motor.Jika tidak ada bisa gunakan amplas yang lebih halus. 

Dempul , Dempul sebetulnya bukan alat akan tetapi lebih kepada bahan yang akan di gunakan untuk mengacat engine , karena dempul akan membantu agar hasil feline rata dan sempurtna. 

Epoxy , buat yang belum tau epoxy gunanya untuk membuat hasil feline kita mengkilap kayak baru dari shipper. Meski banyak merk tapi gunakan yang indicate semprot dan di peruntukan engine 

All the more thin, nah ga usah banyak di jelasin untuk apa . yang pasti ini merupakan bahan campuran buat feline engine kita nanti 

Feline , ini udah ga usah di bahas karena ini yang akan kita gunakan. Gunakan feline yang memang di kenal untuk feline ulang engine anda . banyak merk di pasaran tapi gunakan merk yang trademark agar hasil feline tidak mudah luntur ataupun warna feline jauh dari yang kita inginkan. 

Clear coat , seperti namanya Clear coat/covering punya fungsi melindungi feline yang sudah kita kerjakan agar lebih maximal . 

Kompound/Poles engine , ini sih sebetulnya discretionary karena fungsinya hanya sebagai completing supaya engine kita benar terlihat seperti baru lagi. 

Lakban kertas, lakban ini merupakan lakban yang berbahan dasar dari kertas. Fungsinya adalah menutupi atau melindungin part yang tidak akan kita feline yang kebetulan objek yang akan kita feline berdekatan dengan question ini. 

Sebelum lanjut ke cara tutorialnya saya akan jelaskan 2 alat yang akan di gunakan untuk mengecat engine. 

Pengecatan menggunakan sprygun 

Alat yang satu ini adalah alat yang biasa di gunakan oleh para industri feline engine baik bengkel ataupun toko yang menyediakan jasa untuk feline ulang engine. Jika kita ingin mengguanakan cara ini bisa terbilang membutuhkan spending plan besar dan jika kalian hanya menggunakan beberapa part engine yang akan di feline seperti hanya spakbor atau head engine lebih baik jangan gunakan cara ini. 

Saat ini harga sprygun di kisaran 100-300rb dan ituhanya head unitnya , sedangkan sprygun bisa beroperasi menggunakan kompressor dan harga kompresor yang kecil aja bisa mencapai 300-500 rb . Meski di pasaran kini ada sprygun yang sudah 1 paket dengan more diminutive than regular kompresor akan tetapi harga yang mencapai 600rb joke bukan pilihan terbaik jika anda termasuk orang yang jarang feline engine anda. 

Speedcat 

Alat ini hampir sama dengan sprygun , akan tetapi jumlah penampungan feline yang banyak adalah ciri khas dari speedcat. perbandingannya jika sprygun hanya bisa menggunakan 1/2 kaleng feline sedangkan speedcat akan bisa menampung 1 kaleng feline dalam sekali naik. 

Penggunaan feline semprot/pilox 

Cara yang satu ini adalah cara yang recomended bagi kalian yang mau belajar feline ataupun yang ingin feline engine sesekali. hanya tinggal membeli 1 kaleng dengan harga 40 ribuan kamu bisa mengecat insignificant 1 bagian engine seperti spakbor atau velg kamu. Dipasaran banyak sekali merk pilox yang beredar , gunakan merk yang terkenal akan hasil yang bagus untuk menunjang hasil yang bagus juga. 

Setelah bahan sudah kita siapkan dan cara yang kita gunakan sudah di pilih , kita langsung kita bahas ke cara feline motornya. 

Copot part yang akan kita feline , karena dengan mencopotnya akan mempermudah cara pengecatan dan pengeringan. ingat, jangan memaksakan mengecat engine dengan part yang masih menempel karena akan mengenai bagian lain. 

Cuci bersih part yang akan kita feline , ingat cuci bersih menggunakan sabun engine jangan sampai ada kotoran sedikitpun karena jika ada setitik debupun akan menempel pada feline nanti dan akan menghancurkan hasil catnya. 

Keringkan hasil part yang sudah kita cuci tadi dengan cara mengelapnya menggunakan lap yang menyerap air atau kanebo agar bisa melihat sudah bersihkah part yang akan kita feline ini. 

Amplas bagian yang akan kita feline menggunakan amplas yang sudah kita siapkan tadi. Fungsi dari amplas ini adalah mengangkat feline yang sudah ada dan juga membuat permukaan part yang akan kita feline ini menjadi sedikit kasar. karena dengan permukaan yang kasar akan membuat feline menempel dengan baik. Cara amplasnya adalah tempelkan amplas pada suatu alat misalkan potongan shoe capit atau alat yang mendukung dan mempunyai permukaan datar , fungsinya agar mempermudah kita mengaplas part. Amplas dengan mengguanakan tenaga dengan fungsi menghilangkan feline bawaan . gunakan air untuk membantu associations amplas agar terlihat bagian mana saja yang sudah terangkat catnya. Gunakan cara meng amplas dengan gerakan searah ke kiri – kanan ataupun ke atas-kebawah agar hasil amplas rata.

Selengkapnya dapat anda baca disini

Tags

About The Author

Zel 18
Novice
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel