Aplikasi Native yang Sangat Optimal Untuk Perangkat Mobile

19 Jan 2018 21:56 2959 Hits 0 Comments
Aplikasi native adalah aplikasi yang .....

                

                Ada 3 jenis aplikasi yaitu Native, Hybrid, dan Web. Ketiga jenis aplikasi tersebut mempunyai kekurangan dan kelebihan masing2. Apa saja yang menjadi kelebihan dari Aplikasi Native? Berikut penjelasan seputar Aplikasi Native.

Aplikasi Native adalah aplikasi yang dibangun / dibuat dengan bahasa pemrograman yang spesifik. Salah satu contohnya adalah aplikasi dengan platform Android yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Java dan penggunaan bahasa pemrograman Objective-C atau Swift untuk platform iOS (Apple) serta penggunaan bahasa pemrograman C++ untuk Windows Phone.

Aplikasi Native ini bisa terbilang sangat bagus dalam memanfaakan resource dari sebuah perangkat. Aplikasi Native dapat memanfaatkan penuh sistem operasi, terutama ke perangkat keras ponsel. Apliasi native pun memiliki User Experience yang baik dan menghasilkan suasana yang alami dan baik bagi pengguna, dalam hal ini pengguna akan merasa lebih nyaman dalam menggunakan Aplikasi Native. Meski aplikasi Native awalnya hanya dibuat untuk 1 platform saja, tidak menutup kemungkinan bagi developer untuk membuat Aplikasi Native yang serupa di platform yang berbeda, Aplikasi native yang serupa dapat dibuat di berbagai jenis platform.

Membangun aplikasi native harus menyediakan pengalaman produk yang optimal pada perangkat mobile. Meskipun begitu, dibutuhkan usaha dan budget yang lebih untuk membuat aplikasi cross platform yang tetap update. Kenapa membutuhkan budget yang lebih? Hal ini dikarenakan untuk membuat satu Aplikasi yang serupa untuk berbeda platform dibutuhkan kerja 2x yang otomatis membutuhkan tenaga dan waktu yang lebih, karena untuk membuat suatu aplikasi mendukung banyak platform, aplikasi tersebut harus dibuat ulang menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda,

Pengembangan Aplikasi Native ini membutuhkan tenaga ahli karena banyak Aplikasi Native yang bagus menggunakan Bahasa APis (Application programming interface spesifik).

Jika disebutkan secara poin, maka kelebihan dan kekurangan dari Aplikasi Native adalah sebagai berikut.

Kelebihan Aplikasi native

  1. Memiliki user experience yang baik, dan menghasilkan antarmuka suasana yang alami dengan baik
  2. Kualitas dan keamanannya terjamin karena di kontrol oleh vendor masing-masing
  3. Memiliki akses penuh ke perangkat mobile

Kekurangan:

  1. Biaya pengembangan dan maintenance yang lebih mahal
  2. Pengembangan yang tidak mudah karena menggunakan Bahasa APis (Application programming interface spesifik)
  3. Applikasi hanya bekerja pada platform yang sudah dispesifikasikan di awal pengembangan

 

Meski kelihatannya membuat Aplikasi Native tidaklah murah dan mudah, tapi aplikasi ini sangat direkomendasikan untuk dibuat, karena dilihat dari segi performa aplikasi, jenis aplikasi native ini sangat bagus dalam pemanfaatan perangkat keras pada ponsel. Jadi kemampuan perangkat keras pada ponsel kita tidak akan terbuang sia-sia.

Setelah Membabaca ulasan singkat tentang Aplikasi Native, serta kelebihan dan kekurangan dari Aplikasi Native, apakah anda berminat membuat Aplikasi Native?

 

 

Tags

About The Author

Daniel Desantha 20
Novice

Daniel Desantha

Simple
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel