Apa Itu Framework Codeigniter Dan Cara Instalasi Nya #1

19 Jan 2018 15:10 2031 Hits 1 Comments
bagi anda yang belum paham tentang php jangan dulu belajar framework codeigniter karena itu akan membuat anda kebingungan.

Assalamualaikum wr.wb

Kali ini saya akan berbagi informasi tentang framework CodeIgniter yang sering digunakan oleh para programmer  saat ini , Mungkin disini ada yang belum tahu Apa itu Framework Codeigniter?

Framework adalah suatu kumpulan dari fungsi fungsi dan banyak Class untuk tujuan tertentu yang sudah siap digunakan sehingga dapat lebih mempermudah dan mempercepat seorang programmer dalam membuat sebuah aplikasi.

Codeigniter adalah sebuah Framework php yang bersifat Open Source dengan menggunakan konsep MVC (Model,View,Controller) yang memudahkan pengkodean , dan tentunya framework ini gratis untuk digunakan. Konsep MVC ini hampir digunakan oleh semua framework saat ini, untuk pengertian dari konsep MVC anda bisa baca di artikel sebelumya -> http://www.plimbi.com/article/169037/mengenal-apa-itu-framework- .

KELEBIHAN FRAMEWORK CODEIGNITER

  • mempercepat dan mempermudah pembuatan aplikasi berbasis web
  • performa sangat cepat
  • dokumentasi yang lengkap
  • banyak komunitas pengembang
  • mempermudah dalam proses maintance
  • mudah dipelajari.
  • dan banyak yang lainya.

KEKURANGAN FRAMEWORK CODEIGNITER

  • update core engine-nya tida secepat framework yang lain.
  • masih banyak kelonggaran dalam hal coding, misalnya bebas dalam menambah file.
  • tidak ditunjukan untuk pembuatan web besar.
  • belum adanya editor khusus codeigniter.
  • library yang sangat terbatas.

 

Setelah kita memahami apa itu framework Codeigniter sekarang waktunya untuk mengenal cara instalasi nya , akan tetapi bagi anda yang belum belajar PHP saya sarankan jangan dulu belajar Codeigniter dikarenakan dalam framework ini  hampir semua nya menggunakan bahasa PHP, dan itu akan membuat anda kesusahan.

CARA INSTALASI CODEIGNITER !

Cara instalasi codeigniter cukup mudah anda tinggal download terlebih dahulu codeigniter di situs resminya www.codeigniter.com Kemudian setelah itu anda tinggal mengekstrak dan menyimpanya di folder htdocs dan ganti namanya misalkan 'dodiompong' setelah itu anda tinggal menjalankan di browser dengan alamat https://localhost/dodimpong ,maka akan muncul tampilan pertama dari codeigniter yang menandakan bahwa anda telah berhasil menginstalasi codeigniter tersebut dan sudah siap untuk digunakan. tampilan tersebut merupakan tampilan default codeigniter saat pertama kali di instal.

Codeigniter sendiri telah menyediakan fitur panduan cara menggunakan yang terletak pada flder codeigniter yang telah anda download yaitu terdapat pada folder user_guide . untuk mempelajarinya anda tinggal lansung ketik alamat di browser seperti ini https://localhost/dodimpong/user_guide .

 Sekian tutorial apa itu framework dan cara instalasi nya. Pada tutorial selanjutnya saya akan  menjelaskan tutorial tentang dasar dasar framework codeigniter mulai dari helper, library, dan database.

  Dan apabila anda ingin lebih tahu tentang saya bisa cek di youtube chanel nya "dodi ompong"

wassalamualaikum wr.wb

 

Tags

About The Author

Dodi wahyono 33
Ordinary

Dodi wahyono

Saya adalah seorang pelajar di SMK YPC TASIKMALAYA mengambil keahlian di bidang IT khusus nya di REKAYASA PERANGKAT LUNAK

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel