Sulap Papan Kayu Bekas di Rumahmu Menjadi Kerajinan Cantik Seperti Ini

17 Jan 2018 22:44 618 Hits 0 Comments
Papan kayu dahulu adalah material bangunan utama sebelum masyarakat semakin kaya seperti sekarang. Saat ini, keberadaan papan kayu di rumah-rumah hanya di pasang di bagian tertentu saja. 

Papan kayu dahulu adalah material bangunan utama sebelum masyarakat semakin kaya seperti sekarang. Saat ini, keberadaan papan kayu di rumah-rumah hanya di pasang di bagian tertentu saja. Papan kayu bekas di rumah sisa bangunan bisa disulap menjadi kerajinan tangan yang menarik dengan nilai estetika yang tinggi, tanpa harus membeli lagi dekorasi rumah yang harganya cukup mahal. Cukup dengan papan kayu bekas dengan ide kreatif membuat tangan berikut ini, Anda akan mendapatkan dekorasi rumah yang ekonomis, manis, dan estetis. Apa saja ide tersebut? yuk, simak ya!

  • Background kayu bekas dengan aksen gambar

Ya, cara mudah bagi Anda untuk mengubah desain polos papan kayu bekas adalah dengan menempelkan gambar di tubuh kayu. Sebelumnya, papan kayu baik itu yang dalam bentuk satuan atau yang merupakan bagian dari beberapa potongan kayu dirapikan menjadi satu. Setelah itu, haluskan dengan amplas lalu cat dengan warna yang sesuai keinginan. Atau, jika Anda ingin penampilan yang lebih natural, biarkan kayu tersebut alami tanpa warna. Di tubuh papan yang biasanya ditempeli quote yang menginspirasi,  Anda bisa ubah tempelannya dengan gambar favorit entah dari genre kartun, tumbuhan, hewan, actor dan actress favorite, dan lain sebagainya. Selesai di tempel, percantiklah gambar dengan manic-manik yang memberikan kesan 3 dimensi. Selanjutnya, tempelkan papan tersebut di dinding kamar, dan lihatlah, Anda telah menjadi seniman bagi diri Anda sendiri!

  • Kerajinan Kerang Laut

Kerang laut memiliki nilai estetikanya sendiri. Anda bisa kumpulkan kerang laut sebanyak-banyakanya, bersihkan, lalu rancang kerangka kerajinan yang menarik. Papan kayu yang telah dibersihkan, silahkan ditata dan kaitkan antara satu dan lain bagian jika memang terdiri dari beberapa bagian sekaligus. Seperti di awal, jika ingin desain yang natural biarkan kayu dalam warna alaminya dan jika ingin desain yang warna-warni silahkan kombinasikan warna sesuai dengan yang Anda inginkan. Setelahnya, mulailah menempelkan kerang satu demi satu dengan bentuk motif burung, ayam, nelayan, atau motif apapun yang sesuai dengan selera Anda. Letakkan kerang satu persatu sampai tampak betul gambar yang Anda inginkan. Coba amati hasilnya apakah sudah sesuai dengan ekspektasi atau masih perlu penambahan disana sini.

  • Pot tanaman

Tanaman adalah bagian dari hidup kita sehari-hari. Hijau daunnya menyejukkan udara dan seringkali menjadi hiasan di kediaman masing-masing. Entah itu diletakkan di depan rumah, maupun di dalam rumah. Untuk desain rumah minimalis, papan kayu bisa Anda jadikan pot untuk tanaman Anda. Mulanya, siapkan beberapa potong kayu lalu rangkai hingga berbentuk seperti 3 anak tangga yang saling terkait satu sama lain. Beri warna yang menarik bisa pink, hijau, kuning, atau kombinasi dari beberapa warna sekaligus. Setelahnya, tempelkan pot plastic ukuran kecil di masing-masing garis papan tersebut. Satu kerajinan untuk 3 pot tanaman. Warnai pot sesuai dengan warna yang Anda inginkan lalu isi tanah dan tanaman dengan ukuran yang minimalis pula. Langkah terakhir, buatlah gantungan dengan menggunakan tali rami yang kuat. Paku dinding lalu gantungkan kerajinan papan kayu itu di ruangan favorit Anda.

Papan kayu yang semula teronggok tak berguna di gudang, bisa Anda manfaatkan untuk tampilan dekorasi ruangan yang menarik seperti tiga contoh diatas. Masih banyak lagi dekorasi manis dengan bahan dasar papan kayu sehingga Anda tidak perlu lagi membeli dekorasi dengan harga yang mahal. 

Tags

About The Author

Shany Karmila 11
Pensil

Shany Karmila

Penyuka kopi, pecinta arsitektur

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel