Cara Menghilangkan Flek Hitam Membandel Di Wajah

10 Jan 2018 12:55 247 Hits 0 Comments
Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi flek hitam pada wajah.

Banyak sekali masalah kesehatan yang membuat kita menjadi kurang percaya diri. Misalnya masalah kesehatan kulit wajah. Gangguan ini sangat meresahkan karena wajah adalah bagian vital. Bila ada sedikit flek hitam saja, tentu kita segera bergegas mencari cara menghilangkan flek hitam di wajah.

Baca juga : Cara Menghilangkan Mata Panda

Membiarkan flek hitam di wajah bukan hanya mengganggu kenyamanan diri, tapi Anda juga bisa dianggap malas membersihkan wajah. Sebelum menangani gangguan flek hitam di wajah, sebaiknya Anda mengenali lebih dahulu penyebab-penyebab kemunculannya.

Penyebab Flek Hitam di Wajah

Flek hitam adalah bercak, bintik, atau noda berwarna kegelapan yang disebabkan pigmentasi kulit secara berlebihan. Dalam dunia medis flek hitam dikenal dengan ephelis. Bercak, bintik, atau noda ini bisa diakibatkan oleh berkumpulnya pigmen alami atau melanin berisi melanosome.

Flek dapat dilihat secara tegas pada wajah, terutama pada penderita yang berkulit cerah. Biasanya kemunculan flek hitam disebabkan beberapa faktor, di antaranya:

1. Faktor Genetik

Sebuah penelitian menyebut bahwa flek hitam bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Pengaruhnya sekitar 20-70 persen, tergantung banyaknya hormon dan gen yang ada dalam DNA dan RNA. Dalam beberapa kasus, penurunan ini bisa diperoleh dari kakek, nenek, buyut, dan yang lainnya, selama Anda berada dalam garis keturunan yang sama.

Baca juga : Penyebab dan Solusi untuk Kulit Wajah Kering

2. Pengaruh Hormon

Berkaitan dengan faktor genetik, pengaruh hormon pada penderita flek hitam juga menjadi faktor yang cukup penting. Setidaknya ada tiga hormon yang mempengaruhi kemunculan flek hitam, yakni hormon estrogen, hormon progesteron, dan Melanin Stimulating (MSH). Ketiga hormon inilah yang memicu kontur DNA atau genetika diturunkan kepada generasi selanjutnya.

3. Hiperpigmentasi

Dalam dunia medis, hiperpigmentasi dipahami sebagai kondisi meningkatnya melanin yang mengakibatkan perubahan warna kulit. Faktor ini bisa merusak wajak karena kulit memproduksi melanin secara berlebihan.

4. Paparan Sinar Ultraviolet

Ini merupakan faktor eksternal yang sangat dipengaruhi pola perilaku dan kebiasaan Anda sehari-hari. Membiarkan kulit terpapar sinar UV (freckles) cukup besar pengaruhnya terhadap produksi melanin yang berlebih.

5. Polusi

Tingkat polusi yang tinggi di kota-kota besar jelas memberikan dampak kesehatan bagi tubuh dan wajah Anda. Polusi bisa menimbulkan flek hitam karena sel-sel kulit memproduksi antioksidan dan melepas melanin secara berlebihan untuk melawan bahan-bahan yang dapat mengiritasi kulit.

6. Penggunaan Kosmetik Berlebihan

Tidak ada larangan untuk tampil cantik dengan merias diri dalam balutan kosmetik. Akan tetapi, pahamilah kandung zat pewarna dan berbagai bahan kimia dalam kosmetik yang rentan menimbulkan fotosensitivitas. Kandungan kimia kosmetik membuat kulit Anda jadi sensitif terhadap sinar matahari.

7. Bekas Jerawat

Faktor yang satu ini sangat mudah dikenali dan merupakan faktor yang paling banyak ditemui pada gangguan flek hitam. Bekas jerawat yang meninggalkan bintik biasanya memerlukan waktu cukup lama untuk hilang.

Baca juga : Cara Alami Mengatasi Bekas Jerawat 

Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah

Penanganan yang lambat pada gangguan flek hitam, bisa menyebabkan flek semakin melebar, menyebar, dan bertambah banyak di sekitar wajah. Berikut ini pilihan cara agar flek hitam di wajah lebih mudah dihilangkan.

1. Menggunakan Masker Alami

Apabila Anda terbiasa menggunakan bahan-bahan alami, cobalah siapkan beberapa bahan berikut ini untuk dijadikan masker perawatan.

  • Masker Madu

Madu merupakan salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah secara alami dengan kandungan enzim, antioksidan, dan antibakteri. Sebagai pelembap alami, madu juga bisa mengurangi kelebihan minyak pada kulit. Pemakaian madu 3 kali seminggu sangat cocok untuk orang yang memiliki kulit sensitif. Oleskanlah madu ke bagian yang terdapat flek hitam dan tunggu hingga kering lalu bersihkan dengan air hangat.

  • Masker Beras

Siapkan beras yang telah dibersihkan, lalu rendam dengan air dingin. Gunakan ulekan untuk menghancurkan beras, kemudian oleskan ke wajah. Setelah didiamkan selama 30 menit, bersihkan wajah dengan air hangat.

  • Masker Bawang Merah

Bawang merah memiliki kandungan antibakteri yang tinggi sehingga mampu mengikis bekas jerawat dan noda hitam. Anda bisa mencincang dan menghaluskan bawang merah lebih dahulu, kemudian ambil sarinya. Oleskan secara merata ke seluruh wajah dan biarkan sampai mengering. Setelah kering, bilas wajah sampai bersih dengan air hangat.

2. Perawatan Minyak Jarak

Biji pohon jarak (castor oil) memiliki kandungan minyak yang cocok dicampur dengan Vitamin E atau lidah buaya untuk menghilangkan flek hitam. Oleskan minyak pada wajah dan biarkan sampai kering, lalu bilaslah dengan air sampai bersih.

Baca juga : Vitamin E Untuk Mencegah Flek Hitam Pada Wajah

3. Penggunaan Retinol

Serum retinol bisa jadi alternatif penghilang flek hitam karena krim ini mengandung asam alfa-hidroksi dan asam retinoat, yang bisa meningkatkan produksi sel pada kulit dan mempercepat pertumbuhan kulit yang lebih sehat. Perhatikan efek samping selama perawatan agar flek hitam di wajah bisa hilang lebih cepat dan tidak menyebabkan gangguan baru.

4. Menggunakan Kulit Manggis

Buah manggis memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan dengan kandungan Vitamin C, Xamthone, dan Vitamin B Kompleks. Namun tahukah anda, bukan hanya buahnya yang bermanfaat namun kulitnya pun memiliki manfaat untuk membantu menghilangkan flek hitam pada wajah. Mengonsumsi suplemen alami yang mengandung ekstrak kulit manggis telah terbukti dapat mengatasi masalah flek hitam.

5. Mengonsumsi Jus Buah

Selain menggunakan perawatan langsung pada wajah, penanganan flek hitam juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi beberapa jus buah. Misalnya segelas jus tomat, jus ketimun,  jus wortel, atau jus lemon yang diminum rutin setiap hari. Kandungan vitamin pada setiap jus cukup efektif untuk mengurangi pembentukan melanin serta membantu melembapkan kulit dan membuatnya lebih bersinar.

Demikianlah pilihan cara menghilangkan flek hitam di wajah. Gunakan cara terbaik sesuai kenyamanan Anda, agar memudahkan Anda untuk beraktivitas kembali dengan percaya diri. Semoga bermanfaat, ya!

Sumber : Cara Menghilangkan Flek Hitam Pada Wajah

Tags

About The Author

Jergor Sehat 11
Pensil

Jergor Sehat

Penulis tentang kesehatan

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel