Ini Dampak Untung dan Ruginya melakukan modifikasi Velg besar pada Mobil

11 Dec 2017 15:59 10596 Hits 1 Comments
Dalam melakukan modifikasi velg besar pada mobil pastinya memiliki tujuan untuk memperindah tampilan mobil Anda. Tetapi hal ini menimbulkan beberapa dampak yang bersifat menguntungkan maupun merugikan. Berikut ini ulasannya.

Melakukan modifikasi pada suatu kendaraan pribadi pastinya memiliki suatu tujuan tertentu yang ingin dicapai oleh si pemiliknya. Dengan memodifikasi kendaraan, khususnya mobil, akan membuat tampilannya menjadi lebih menarik sehingga dapat lebih memberi nilai lebih indah untuk dipandang dan memberikan kepuasan kepada pemilik kendaraannya.

Modifikasi umum pada mobil biasanya dengan melakukan pemasangan stiker pada body mobil, pemasangan aksesoris eksternal seperti body kit, perangkat audio, menambah lampu strobo hingga penggantian velg dari ukuran standard hingga ukuran yang lebih besar lagi. Proses melakukan modifikasi tertentu, terutama pada bagian velg agar menjadi lebih menarik, pasti memiliki pengaruh dari segi kelebihan maupun kekurangannya. Pada kesempatan ini, Carsome Indonesia sebagai salah satu platform penjualan mobil bekas yang ternama di Indonesia, mencoba memberikan pendapat mengenai untung dan rugi dalam memodifikasi velg besar pada mobil Anda.

1. Keuntungan Penggunaan Velg Tapak Lebar dan Besar

Memodifikasi velg dengan dimensi yang lebih besar dari ukuran standardnya memiliki beberapa keuntungan yang di antaranya sebagai berikut.

#Tampilan Lebih Keren dan Mampu Menempuh Medan yang Sulit

Selain memberikan tampilan mobil menjadi lebih macho, gagah atau terlihat lebih laki-laki, variasi velg besar pada mobil juga memungkinkan mobil untuk melewati medan jalan yang sulit seperti berlubang, berundak-undak atau tidak rata, karena body mobil menjadi terangkat naik.

#Tingkatan Performa pada Pengereman

Dampak positif dari dimensi velg yang lebih besar dari ukuran biasanya memberikan dampak positif bagi performa dalam teknik pengereman yang lebih meningkat, hal tersebut diakibatkan karena ban dengan dimensi yang lebih luas ini akan lebih mencengkeram ke aspal. Perhitungan jarak pengereman pun bisa lebih pendek lagi, seperti contohnya dalam penggunaan ban standar membutuhkan waktu kurang lebih 15 detik, maka Anda hanya akan membutuhkan waktu sekitar 7 sampai 8 detik dengan velg berdimensi ukuran besar ini.

2. Kerugian Penggunaan Velg Tapak Lebar dan Besar

Dari beberapa keuntungan yang telah dijelaskan di atas, dalam memodifikasi ukuran velg menjadi lebih besar juga pasti akan menimbulkan berbagai kerugian, di antaranya sebagai berikut:

#Borosnya Bahan Bakar

Konsumsi bahan bakar pada mobil akan lebih boros karena mesin harus lebih bekerja keras untuk menggerakan velg beserta ban yang ukurannya lebih besar. Bahkan dari beberapa velg variasi yang berbahan besi ini sangat berat.

#Kurangnya Rasa Nyaman dalam Berkendara

Dalam melakukan pergantian dimensi ban yang semula tebal menjadi tipis biasanya diikuti dengan melakukan penggantian terhadap perubahan dimensi velg yang lebih besar. Hal ini bertujuan untuk menjaga dimensi lingkar luar roda tetap sama, dan karena penggantian ban yang lebih tipis akan menjadikan mobil menjadi lebih keras. Fungsi dari ban adalah sebagai peredam, dengan profilnya yang lebih tipis akan membuat peredaman yang dilakukan oleh ban menjadi berkurang. Bahkan dari beberapa merk ban dengan profil tipis ini dindingnya sangat keras. Ban dengan karakteristik ini pun cenderung akan mudah habis terkikis aspal jalanan.

(Source: mobilku.org)

Melakukan modifikasi velg mobil memiliki keuntungan dan kerugiannya masing-masing. Tetapi pada akhirnya, melakukan pertimbangan dalam memodifikasi mobil kesayangan Anda kembali kepada diri Anda sendiri. Salah satu inspektor Carsome Indonesia juga memberikan saran untuk lebih kolektif dalam memilih variasi velg yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Selamat Mencoba!

Source: www.carsome.id

About The Author

Karen 21
Pensil

Comments

You need to be logged in to be able to post a comment. Click here to login
Plimbi adalah tempat menulis untuk semua orang.
Yuk kirim juga tulisanmu sekarang
Submit Artikel